link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Rabu, 04 Mei 2011

Surat Ijin Mengemudi Internasional

SIM(Surat Ijin Mengemudi) Internasional

Tersimpan di kategori: umum
Anda pernah mendengar bahwa  untuk membuat SIM Internasional itu susah ngurusnya alias ribet? Biayanya mahal? Lama jadinya? Kalau benar anda pernah mendengar, maka semua itu adalah isu belaka.
Ternyata, SIM yang bentuknya seperti buku nikah ini sangatlah mudah didapat. Bertolak belakang sekali dengan gosip yang pernah kita dengar.
Jadi, bagi anda yang tinggal di luar negeri(LN) tapi malas membuat SIM setempat atau yang berencana pergi berlibur ke LN atau yang hanya seperti saya, mempunyai SIM Internasional sebagai pegangan jikalau dibutuhkan, tidak usah ragu tuk membuat SIM Internasional. Karena seperti yang sudah saya bilang tadi, sama sekali tidak sulit tuk mendapatkannya.
Anda hanya perlu datang ke kantor IMI(Ikatan Motor Indonesia) di Stadion Tenis Senayan, Jakarta Salatan, telephone +62 21 573 1102 dan memenuhi persyaratan sbb:
-mengisi surat aplikasi yg sudah disediakan di kantor IMI
-mempunyai SIM Indonesia yg masih berlaku
-fotokopi pasport
-membawa foto berwarna 4x6cm
-fotokopi KTP/KITAS
-biaya administrasi berkisar Rp 350.000,- s.d Rp 400.000,-
Dengan memenuhi semua persyaratan di atas, hanya dalam jangka waktu 1 hari, SIM Internasional tsb bisa anda ambil di kantor IMI yang buka dari jam 09.00-17.00 ini. SIM Internasional andapun sudah jadi, bisa dibawa pulang dan langsung bisa anda digunakan. 
Semoga info ini berguna! 
NB: Bagi anda yg sudah terlanjur berada di LN ga perlu nunggu pulang kampung dulu tuk bikin SIM internasional ini. Karena tuk membuatnya si pemegang SIM tidak diharuskan datang ke IMI alias bisa diwakilkan~dgn catatan smua persyaratannya terpenuhi. Mudah banget kan!!! 
UPDATE:
untuk yg tinggal di Belanda info lengkap ttg per-SIMan coba cek di www.rijbewijs.nl atau www.rdw.nl(thx to mba Beatrix).

28 Komentar »

The URI untuk Taut Balik tulisan ini: http://senaz.blogsome.com/2007/11/25/simsurat-ijin-mengemudi-internasional/trackback/
  1. Uah…. pasti tambah seru nih jalan-jalannya…
    Bisa nyetir sendiri.
    Gak perlu dites lagi ya…
    >>he eh mba..bener..ga perlu dites segala..makanya gampang bgt kan mba..aku aja meskipun di sini ga ada mobil tp bikin SIM internasional..buat jaga2 ajah..we’ll never know, kl suatu saat kita butuh..kyk buat jalan2 gituuu..hehehe..itu mah emang niat ya..
    Comment dari 'Nin — November 26, 2007 @ 1:40 am
  2. Wow, update bannernya antiq,si kecil udah jadi “besar” sekarang ya… so cute
    enak punya SIM inter, kalo mau ambil SIM dibelanda susahnya bukan maen biayanya bisa ribuan euro…
    >>>bener um Ib..di sini kl bikin SIM emang mahal beneeer..udah gitu katanya susah lagi..bisa ga lulus berkali2..itu kt org2 yg pernah bikin SIM disini..
    duh, um Ib..Jordan gmn? aku tuh dari dulu pgn jalan2 ke timteng..
    Comment dari Um Ibrahim — November 26, 2007 @ 4:27 pm
  3. wah mau deh nanti dapat sim ini..soale disini susyee minta ampun untuk dapat sim mba
    >>>sama mba..di belanda juga susah loh tuk dapet SIM nya..makanya hayo2, buat SIM internsional
    Comment dari ameera — November 28, 2007 @ 12:47 am
  4. Waaaa….asyikkk..lebih mudah & murah ya Sen… sayang aku nyupir aja ga bisa hehehe…tfs utk resep2nya, siip senaz udah buka lagi nih dapurnya…
    hehe..di sini mah bisa nyetir mobil ga penting mba..yg penting bisa nyetir sepeda.. :) ..btw, kl naek sepeda bisa kan mba? *nyengir*
    duuuh..ttg resep jadi maluuuu..itu resepnya blm secanggih mba Des..bisanya yg gampang2 aja gitu..pkknya yg anti gagal..huehehehe..
    Comment dari dessy — December 10, 2007 @ 11:45 am
  5. Bukannya biayanya 150rb ya ?
    kok ini 350-400 ? emang ada biaya2 lagi di dalem nya ?
    gak ada test tertulis n praktek ?
    >>Bukan diaz. Aku kemaren, sekitar bulan Oktober 2007 baru bikin SIM Internasional di IMI. Dan biayanya sekitar 300-an ribu rupiah. Kalo ga salah sih, detailnya Rp 350.000,- tuk biaya pembuatan SIM Internasional, trus ada biaya administrasi ato pajak deh(aku lupa) Rp 30.000,-. Jadi total Rp 380.000,- Bgituuuu…Diaz tau Rp 150.000,- dari mana? Mungkin itu nominal tahun sebelumnya kali.. Coba deh, di cek aja lewat telp IMI. Itu biaya terdaftar kok. Ga pake calo. Karena emang ga ada calo di sana.
    Masalah tes tertulis & praktek, Gak ada Diaz. Jadi kita ga perlu repot2 nyiapin waktu banyak di IMI. Cuma ngisi formulir & bayar biayanya ajah. Besoknya ato lusa udah bisa diambil deh.
    Comment dari diaz — December 26, 2007 @ 4:42 am
  6. Mau tanya,klo cuman mau bikin SIM untuk sepeda motor saja bisa ngga di IMI ini?Skrg saya pakai untuk bekerja sehari2 di malaysia.
    maaf dwi, kl SIM speda motor aku kurang tau..
    Comment dari dwi — June 26, 2008 @ 2:00 pm
  7. Mau tanya, kok tanggal berlakunya cuman 1 tahun saja? Bukannya kalo kita bikin di Polda seharusnya 5 tahun
    iya, emang berlakunya cuma 1 thn..kalo abis ya perpanjang lagi..yg 5thn kan SIM yg biasa kita buat di polda dan berlaku hanya di Indonesia..kalo bikin SIM Internasional emang cm berlaku 1thn..
    Comment dari Budy — September 9, 2008 @ 6:16 am
  8. askum mbak lam kenal…yaa aq ingin buat sim tapi g tau caranya…ko mobil ama sepoeda motor itu sim apa ya?
    álaikumsalam..maaf arif, aku jg ga ngerti kl SIM yg utk mobil dan motor..mending telpon lsg ke IMI deh..udah ada kan nomernya..
    Comment dari ariffadli — September 11, 2008 @ 2:22 pm
  9. Kalau dipake dimalaysia bisa nggak?
    soalnya aku kerja disini mau bikin sim malaysia nggak ketulungan harganya.
    sepengetahuanku sih berlaku juga di malaysia..tp utk lebih pastinya mending telp ke IMI deh..tanya2 ajah..mereka cukup informatif kok..
    Comment dari jimmy — November 18, 2008 @ 12:25 am
  10. waaw… helpful skaly…
    pacarku kerja di my, nanti desember mo balik ke indo, bikin sim internasional…
    makasih yaa mbak Senaz..
    GBU.
    sama2 inge..
    Comment dari inge — November 24, 2008 @ 5:32 am
  11. Asalamualaikum Mba’ Senaz lam kenal ya… seneng dech baca blog mba’inspiratif banget!apa lagi mengenai perkembangan zhavar, senang ya kalo bisa mengabadikan momen-momen indah kaya gitu, kebetulan aku ibu baru, baru 40 hari.saat ini masih mencoba menikmati sensasi jadi ibu, ternyata repot dan menyenangkan ya mba’ punya tips - tips jitu ga’ mba’ kalo ngadapin anak yang agak rewel, thanks be 4 ya …
    álaikumsalam yiyi..salam kenal juga..makasih ya dah baca blogku..
    btw, yiyi jgn khawatir deh ttg bayi rewel..soalnya menurut pengalamanku, si baby hanya rewel pada 3 bulan pertama doang kok..itu mgkn krn si baby jg lg adaptasi yi..nanti kl dah 3 bulan, langsung deh yiyi bs ngenalin watak si baby skaligus kebiasaannya dia..jd baik si baby atopun yiyi, udah sama2 ngerti bgituuu..yg penting kl skrg si baby rewel, turutin aja smua kemauannya..dicek dari popok, haus/ngga, kedinginan, kepanasan, dll..nanti kita bakalan tau dgn sendirinya kemauan si baby tuh apa..soalnya emang si baby cm bisa nangis kan sbg alat komunikasinya..ok yi..slamat menikmati jd ibu yah..kabar2i aku yah..
    Comment dari yiyi — December 9, 2008 @ 1:14 pm
  12. Yang mau dibantu buat sim khususnya yg di jakarta, bisa hubungin ane di 08999023748…
    SIM A 400rb
    SIM C 400rb
    tinggal siapin 5 fotokopi ktp,ketemuan,ke polres,tinggal nunggu di foto…Jadi dah!
    catet nech
    08999023748 OKE!
    Bisa perpanjang juga…
    Comment dari mangkir — January 10, 2009 @ 7:12 pm
  13. saya mau ke australia,sekolah disana saudara saya bilang saya di suruh bikin sim international …. apa benar biaya nya cuma 300rb s/d 400rb untuk pembuatan apakah saya bisa bikin di IMI,..trima kasih
    bisa mas..dan setahu saya thn 2007 emang biayanya sgitu..coba aja hub lsg IMI nya..
    Comment dari bongbong — July 25, 2009 @ 5:28 am
  14. sim internasional itu berlaku di negara mana aja ?
    yg jelas asean ya. Austaralia , USA , Europe ?
    berlaku nggak ?
    thanks
    dari pengalaman pribadi, SIM internasionalku berlaku di Belanda mba..jd mgkn jg berlaku di negara eropa lainnya..trus utk lbh jelasnya negaramana aja yg nrima SIM ini, mending kontak IMI deh..
    Comment dari maria — September 6, 2009 @ 7:52 pm
  15. o ya, kalo nggak ada sim indo gimana ? soalnya udah expired lama. apa hrs bikin sim A dulu baru bikin sim internasional ?
    thanks
    iya mba..hrs ada sim A dulu baru bisa bikin sim internasional..jdmending perpanjang dulu sim A nya..
    Comment dari maria — September 6, 2009 @ 7:58 pm
  16. Wah postingnya sudah lama tapi masih laku juga, urutan ketiga lagi kalo search di Google dengan keyword “Membuat SIM Internasional” :-) Kebetulan saya juga mau buat, posting mbak ini berguna sekali. Mudah-mudahan harganya tidak jauh beda setelah dua tahun ini. Trims infonya!
    sama2 mba..seneng jg kl bs bguna tuk yg lain
    Comment dari Avigayil Damm — October 1, 2009 @ 1:15 am
  17. Waaaah,…trimakasih atas informasinya….
    Doain, supaya biaya ngurusinnya lancar ya….
    Insya Allah saya juga mau buat.Hehehe…..
    iyah..mudah2an lancar ngurusnya ya..tp yg jelas berdasarkan pengalaman sih, sangat lancar buatnya..kalo udah jadi jg bisa lsg dipake loh..waktu tinggal di belanda, aku tinggal nunjukin sim internasional ini ke rental mobil..dan ga perlu ditanya macem2, sama mereka udah diperbolehkan..okeh2, smoga smua yg mau bikin sim internasional lancaaaar urusannya..
    note: aku sama sekali ga ada hubungannya dgn IMI(kerja di sana/punya keluarga yg kerja di sana..info di atas emang asli berdasarkan pengalaman pribadi)
    Comment dari Rian — November 13, 2009 @ 9:56 am
  18. saya tinggal di amerika, bisa ga bikin sim internasional ? syarat2 saya dah lengkap?
    mas, berdasarkan info yg saya dpt dari pegawai IMI, kl smua persyaratan dah lengkap, sudah bisa bikin sim internasional..tinggal minta tlg keluarga mas aja, yg ada di jkt aja tuk ngurus/dtg ke ktr IMI..
    Comment dari ibnu sony — November 27, 2009 @ 6:30 am
  19. mbak kasih tahu dong caranya saya buka webnya tapi pake bahasa londo eh saya di perancis….eer_sojust@yahoo.com
    thank’s
    hmm..maksud mba, buka webnya IMI??..wah, kl itu saya jg kurang tau mba..maaf ya ga bisa bantu
    Comment dari titik — November 28, 2009 @ 1:50 pm
  20. Saya sekarang tinggal di bali dan ingin bikin SIM Internasional, gmn caranya ya?
    mba punya sodara di jkt ga? kalo ada minta tlg urusin ajah. kan bisa dgn perwakilan. yg dari LN aja bisa kok, apalg yg dari surabaya. eniwei, lbh baik telp IMI lsg ya mba. sapa tau ada info terkini. oke2. mudah2an berguna
    Comment dari Ndaruati — February 4, 2010 @ 11:28 am
  21. ok info’na,besuk aku cobain
    kebetulan da temen minta tolong
    padahal saya juga lum pernah :D ,
    buat pengalaman az
    semoga berjalan lancar
    ok mas..smoga sukses..
    Comment dari zulal — April 26, 2010 @ 1:50 pm
  22. gimana cara buat sim c internasional dan saya punya sim c yang indonesia apa bisa dipakai di malaysia…
    mas coba silakan terlpon ke IMI nya langsung..dr pengalaman saya(bbrp thn lalu) mreka cukup informatif kok di telpon..
    Comment dari bagus mulyanto — June 4, 2010 @ 1:54 am
  23. wah terima kasih banget mbak infonya kebetulan lagi membutuhkan untuk ke Aussie. BTW IMI hari sabtu buka gak?
    And formulirnya ada yg bisa di download gak jadi ampe sana tinggal nyerahin aja gak perlu isi disana hehehe masih gak mau repot nih hihihi…..
    sama2 ria..btw, aku ga tau ttg form yg bs di donlod..ok deh..smoga cpt dpt sim nya..
    Comment dari Ria — June 26, 2010 @ 1:12 pm
  24. Informasi buat teman2 sekalian,pertgl 25 jun 2010 SIM INT’l tidak lg dibuat/dikeluarkan IMI,sekarang mll polri,utk membuat secara mudah bisa melalui jasa agent SIM INT’L di tlp 085811588995;(021)68828280;(021)60309928,ada fasilitas Delivery &Pick up services,pokoknya lebih mudah,lebih murah,lebih cepat,lebih efisien dan praktis,tdk perlu susah2 dijakarta yg selalu macet yg bikin stress,asal lkp persyaratannya(foto 4x6 warna latar belakang warna biru,foto copy KTP,SIM sesuai katagori yg dimohon,pasport yg semuanya msh berlaku,klo melalui jasa agent tsb,MUDAH kan!SEMOGA INFO INI BERMANFAAT!!
    Comment dari Andri — July 28, 2010 @ 5:01 pm
  25. saya sekolah di taiwan,rencana bulan 9 saya mau plang indo,dan sekalian mau ngurus sim motor and mobil,kira2 perosesnya berapa lama and biyayanya berapa ya..
    thanks
    Comment dari goertha — August 1, 2010 @ 4:37 am
  26. mba,itu sin buat nobil ya?
    kalo motor ada SIM internasional nya jg ngk?
    aku punya rencana mau touring k USA pake vespaku tercinta,mau kasih kejutan buat gebetanku disana.hehe
    tapi ini baru rencana,dan mudah-mudahan bisa terealisasikan, AMIN :)
    thx…
    Comment dari joel — September 2, 2010 @ 7:10 pm
  27. hallo mba,
    ini katanya terakhir pembuatan International Driving License
    ga lagi di IMI tetapi di PolRi.
    Trus, gimana yg ada SIM motor
    tp kpgn SIM International buat Mobil mba?
    Ga harus buat Sim Local Mobil dulu kan?
    thanks bgt mba artikel nya…
    hallo mas..sepengetahuan saya(waktu saya bikin SIM internasional dulu), kalo mau bikin SIM internasional hrs/kudu/musti punya SIM lokal dulu. Jadi kalo misalkan mau bikin SIM Int mobil,hrs punya SIM A dulu. Bgitu mas.. Dan karena tulisanku ini sdh lama bgt, pasti bnyk info tambahan lain yg aku jg blm tau. InsyaAllah secepatnya aku akan meng-update ttg SIM internasional ini. Mkasih ya smuaaaa yg udah baca & komentar.
    Comment dari g — September 10, 2010 @ 7:47 pm
  28. Sekarang sudah tidak melalui IMI lagi. Sekarang sudah diambil alih oleh kepolisian langsung dan mulai 3 Desember 2010, kepengurusan SIM Intl harus langsung oleh yang bersangkutan.
    Bagi anda yang tidak mau repot2, kami berafiliasi dengan otoritas luar negeri yang bisa mengeluarkan SIM INternasional ini. Silakan kunjungi website kami di http://www.siminternasional.org/

Tidak ada komentar: