link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Rabu, 04 Mei 2011

Pasangan “Tidak Perlu” Warga negara Amerika


Cara Kawin di Amerika

Cara Kawin di Amerika
Kawin di Amerika itu bukan sesuatu yang heboh. Kawin itu hampir sama statusnya dengan mengurus KTP atau SIM di indonesia. Simak cara kawin di amerika, apa saja yang diperlukan, dan tips menarik buat pengantin baru.
1. Daftar dulu di kantor Registrar-Recorder County clerk, cari County di tempat anda tinggal. Contoh : Los angeles county Registrar - http://www.lavote.net/.  Kantor Registrar ini mengurus banyak hal, ini list yang diurus di kantor registrar :
LA-registrar-office
Lebih canggih lagi, sekarang semuanya online, termasuk mengurus surat kawin / marriage licenses. Kalau mau datang sendiri, tinggal datang ke salah satu office di county anda, dan urus di loket, atau ada Computer Station yang bisa dipakai juga di lokasi tersebut.
Di depan kantor registar biasanya banyak calo ( hebat nggak, di Amerika ada calo juga ). Biasanya mereka solicit / menawarkan untuk membantu mengurus Surat corporation / pembentukan perusahaan dan sebagainya. Cuekin aja, nggak perlu ditanggapin.
Las Vegas drive thru wedding chapel
Kawin di Vegas, lebih gampang lagi. Tinggal cari Wedding Chapel, mereka akan sediakan semuanya yang diperlukan. Bahkan ada juga yang kawinnya itu Drive-thru, alias model cepat saji di mobil, pokoknya bayar, tanda tangan. That’s it !
2. Syarat yang diperlukan untuk registrasi surat kawin / marriage license
  • Pasangan harus datang ber-dua, in person, harus hadir berdua, tidak bisa diwakili oleh orang lain
  • Masing-masing bawa surat identitas ( dalam bahasa inggris ), ID, Driver license, Passport, Green card. Pokoknya surat identitas yang ada Foto dan Tanggal lahir anda. Surat Baptis atau Surat lahir juga boleh, yang penting dalam bahasa inggris, atau di translate dalam bahasa inggris oleh translator yang certified.
  • Pasangan “Tidak Perlu” Warga negara Amerika dan “Tidak perlu” tanda bukti tinggal di Amerika.
  • Pasangan harus Lajang, maksudnya belum pernah kawin, atau jika pernah kawin harus kasi bukti surat cerai ( jika cerai dalam 2 tahun atau kurang ), lebih dari 2 tahun tidak diperlukan surat bukti cerai.
  • Bayar $70, dan mendapatkan surat kawin sementara untuk 90 hari
  • Dalam waktu 90 hari, harus melangsungkan upacara kawin, yang disahkan oleh state government. Tanya gereja, wihara, mesjid atau rumah ibadah kalian masing masing. Buat yang sekular atau yang nggak mau repot  lebih gampang lagi.
  • Di sebelah loket, ada tempat khusus untuk upacara kawin. Ingat ! harus bikin appointment dengan petugasnya, tanya loket buat lebih jelas.
  • Harus ada witness / saksi. Ajak saja teman anda untuk jadi saksi ( minimum 1 orang ), kalau nggak kenal siapa siapa, kamu bisa bayar $18 untuk saksi dari loket.
  • Sesudah melangsungkan upacara kawin, berikan surat kawin sementara anda untuk di tanda tangan oleh petugas, atau marriage officiants ( pastur, pendeta, ustadz, biksu, rabbi, dsb ).
  • Serahkan kembali surat kawin sementara yang sudah ditanda tangan ke loket, untuk mendapatkan surat kawin permanent. Surat ini sah dipakai di seluruh Amerika. Jadi kalau mau cerai harus di Amerika juga.
  • That’s it ! kalian berdua sudah sah menjadi pasangan kawin di Amerika Serikat. Gampang kan ?!
Buat Pengantin baru, yang kawin tamasya. Cek hotel anda, bilang aja saya pengantin baru lagi honeymoon, ada special rate or special offer nggak ? tergantung hotelnya kadang kadang mereka memberikan rate khusus, atau kalau hotelnya bagus mereka bisa kasi souvenir.
Rating: +4 (from 4 votes

Tidak ada komentar: