link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Rabu, 03 April 2013

Order banyak tapi cash less

Add star 

riad gozan

<riadgozan@gmail.com> Thu, Mar 28, 2013 at 9:42 AM Reply-To: elektro85@yahoogroups.com To: elektro85@yahoogroups.com
 
tulisan yang bagus.

Soalnya saya mengalaminya.

Order banyak tapi cash less.

Memang tidak bagus bisnis supplier.

Bisnis yang harian lebih bagus.

2013/3/28 Dwika Sudrajat <dwikasudrajat@yahoo.com>
 


Kitab anti bangkrut  Jaya Setiabudi #4



 Please bacanya dari bawah :)  twitter mode on.

Bag 3 usai, Penyebab ketiga: ORANG LAIN.


40.Terpenting: Saat harus mendahulukan pembayaran, bayarlah KARYAWAN Anda, krn itu mempengaruhi loyalitas. #AntiBangkrut

5 Nov JURAGAN

39.Lewatkan transaksi sesering mungkin di bank, agar saat Anda perlu modal (bank/investor), Anda punya bukti. #AntiBangkrut

5 Nov JURAGAN

38.Mulailah dg Bisnis CF Harian atau Bulanan. Stlh stabil, baru tambah dg proyekan & invest tahunan. #AntiBangkrut

5 Nov JURAGAN

37.Aplg Bisnis Proyek spt rejeki macan, kadang dapat, kadang puasa. Saat sepi, operasional tetap hrs bayar. #AntiBangkrut

5 Nov JURAGAN

36.Harian: Untung 3%, pagi kulakan, sore dibayar cash. Dlm 30 hari untung 90%. Bagus mana? #AntiBangkrut

5 Nov JURAGAN

35.Proyek: Untung (margin) 100%, tapi kelarnya 3 bulan, bayarnya 1 bulan kmdn _ untung perbulan hanya 25%. #AntiBangkrut

5 Nov JURAGAN

34.Kadang bisnis proyekan yg kelihatannya MENTERENG, untungnya kalah dg bisnis harian. #AntiBangkrut

5 Nov JURAGAN

33.Jgn mudah tergiur oleh Bisnis Proyek, jika kantongnya cekak. Meski sering untung gedhe, tp byrnya seret. #AntiBangkrut

5 Nov JURAGAN

32.Dari artikel 5CF, intinya: jika dana terbatas, investor gak ada, mending pilih bisnis yg CF-nya harian saja. #AntiBangkrut

5 Nov JURAGAN

31.U/ kasus bisnis supplier bayar mundur spt contoh tadi, amannya uang kas harus min 3x omset max. #AntiBangkrut

5 Nov JURAGAN

30.Jika Anda sudah membaca 5 Macam Bisnis berdasar CF, Anda akan paham alasannya. #AntiBangkrut http://lockerz.com/s/259074220
View photo
5 Nov JURAGAN

29.Itulah yg disebut dengan LABA SEMU. Apa penyebabnya? Kesalahan memilih tipe bisnis saat awal. #AntiBangkrut

5 Nov JURAGAN

28.Apa yg akan terjadi? Jika tak dpt pinjaman atau penundaan pembayaran supplier di bln April perush BANGKRUT. #AntiBangkrut

5 Nov JURAGAN

27.Perhatikan Lap Arus Kas selama 6 bln. Smakin besar Omset, semakin bokeq & minus KAS.. #AntiBangkrut http://lockerz.com/s/259073637






26.Artinya penjualan bln Jan, diterima duitnya bln Mar!! Sedangkan bln Mar belanja HPP naik, krn omset naik. #AntiBangkrut

5 Nov JURAGAN

25.Coba buka lagi Lap Laba/Rugi, jangka waktu pembayaran adlh 45 hari, wajarnya sampe 60 hari baru terbayar. #AntiBangkrut

5 Nov JURAGAN

24.Kalo sudah paham, saya lanjut bulan Maret. Perhatikan apa yg beda.. #AntiBangkrut




23.Sekarang perhatikan lap bln Februari berikut ini. Salin & pelototin sejenak yaa.. #AntiBangkrut




22.Stlh dikurangi oleh pengeluaran2 cash, maka Sisa Kas adlh 140jt -> Menjadi saldo awal bln Feb. #AntiBangkrut

5 Nov JURAGAN

21.Krn HPP dibayar tunai, maka dimasukkan dlm pengeluaran Jan, begitu jg dg Biaya Operasional. #AntiBangkrut

5 Nov JURAGAN

20.Sambil tengok Lap Laba/Rugi, di bln Jan, Omset 50jt, HPP 30jt, Biaya 30jt. #AntiBangkrut

5 Nov JURAGAN

19.Hingga sisa kas di tangan/bank 200jt _ inilah saldo awal bulan Januari. #AntiBangkrut

5 Nov JURAGAN

18.Dg Modal Awal 800jt (biasakan bicara duit gedhe yaa), digunakan u/ beli peralatan, sewa, dll, total 500jt. #AntiBangkrut

5 Nov JURAGAN

17.Sengaja baris Omset sy pisahkan agar Anda tahu bhw omset gak pengaruh di kas. Simak baik2.. #AntiBangkrut

5 Nov JURAGAN

16.Perhatikan gbr arus kas bulan Januari berikut ini. Ada baiknya Anda salin agar tak bingung. #AntiBangkrut http://lockerz.com/s/259071395
View photo
5 Nov JURAGAN

15.Jangan buru2 senang dulu, karena Anda akan kaget begitu melihat Laporan Arus Kasnya. #AntiBangkrut

5 Nov JURAGAN

14.Total Laba Bersih (seblm pajak & depresiasi) selama 6 bulan adalah 60 juta. Lumayan untuk pemula.. #AntiBangkrut

5 Nov JURAGAN

13.Di bulan ke 4, dg bertambahnya OMSET, harus menaikkan kapasitas produksi, bertambah 1 karyawan. #AntiBangkrut

5 Nov JURAGAN

12.Dari Laporan di atas, bulan Jan: Omset (50jt) - Hpp (30jt) – Biaya (30jt) = Rugi (10jt). Perhatikan bln2 lainnya. #AntiBangkrut

5 Nov JURAGAN

11.Siapa yg belum tahu cara baca ringkasan lap laba rugi di atas? Saya akan jelaskan dikit yaa. #AntiBangkrut

5 Nov JURAGAN

10.U/ lebih memahami, YukLihat gbr berikut ini. Sebaiknya di save terpisah atau dicatat, agar bisa (cont) http://tl.gd/jt94vj

5 Nov JURAGAN

9.Yg SEDANG atau HAMPIR bangkrut dg hutang menumpuk, akan sy bahas di bab BANGKIT dari BANGKRUT. #AntiBangkrut

5 Nov JURAGAN

8.Krn jika sy habiskan cash sy u/ bayar hutang, tak ada duit u/ perputaran, hutang msh menumpuk, bangkrut deh. #AntiBangkrut

5 Nov JURAGAN

7.Tentu dampaknya adlh ke supplier yg terpaksa sy tunda sebagian pembayarannya agar sy tetap bisa berdagang. #AntiBangkrut

5 Nov JURAGAN

6.Karena sy masih memegang cash u/ diputarkan di bisnis, hasil dari piutang yg tertagih & hutang yg blm terbayar. #AntiBangkrut

5 Nov JURAGAN

5.Beda dg saat 2005, meski sy rugi 1,8M, tapi sy tak mengalami kebangkrutan, Aneh? #AntiBangkrut

5 Nov JURAGAN

4.Meski perush dlm kondisi untung, tapi duitnya gak ada. #AntiBangkrut

5 Nov JURAGAN

3.Spt sy paparkan sblmnya, di thn 98 saya buka usaha pertama kali, hanya dlm 3 bln sy bangkrut. #AntiBangkrut

5 Nov JURAGAN

2.Saya sarankan Anda u/ baca lebih dulu materi 5 Macam CashFlow di http://hot.yukbisnis.com/cashflow-bisnis/ … #AntiBangkrut

5 Nov JURAGAN

1.Penyebab KEDUA kebangkrutan adlh LABA SEMU yg menyebabkan Arus Kas Minus. #AntiBangkrut

5 Nov JURAGAN

ii.Yang ketinggalan serial seblmnya gak papa, tapi lebih afdol jika obrak-abrik TL saya.. #AntiBangkrut

5 Nov JURAGAN

i.YukLanjut serial CuteTwit KITAB #AntiBangkrut bag 3. RT Yaa...

5 Nov JURAGAN

Siapapun guru saya akan saya terima 1 paket & saya kenang jasanya, meski saat ini mereka berperilaku tak adil dg saya..

5 Nov JURAGAN

'Niteni' pernah saya tuliskan di pengantar buku saya: "Kacang tak lupa kulitnya".

5 Nov JURAGAN

Loyalitas yg saya maksud bukan brarti stay/kerja di tmpt yg sama terus-menerus lho, tapi lbh ke sikap 'ELING&NITENI'..

5 Nov JURAGAN

Tanya,"Bagaimana menguji loyalitas seseorang?" | Jawab, "Dengan waktu & kejadian.."

Memberikan Kritik kepada Orang



From: epsi sayidina <epsi.sayidina@gmail.com>
To: dwikasudrajat@yahoo.com
Sent: Tuesday, April 2, 2013 7:53 PM
Subject: Re: [alumni_ftui] Memberikan Kritik

Trims yaaa. :D

On 04/02/2013 07:49 PM, Dwika Sudrajat wrote:
Memberikan kritik secara baik-baik memang tidaklah mudah, terutama jika kita sudah tidak mampu bersabar dengan orang yang ingin kita kritik. Tapi jika kita memberikan kritik secara tidak baik, maka kita akan mendapatkan 2 kerugian dalam sekaligus, yaitu hilangnya rasa hormat dari karyawan dan hilangnya semangat kerja dari karyawan.
I Deliver Happiness,
Dwika



Tips Memberikan Kritik kepada Orang Lain

Menjadi pemilik sebuah usaha bukannya hal yang mudah, terutama di saat-saat kita perlu menghadapi karyawan yang memiliki berbagai latar belakang dan karakteristik. Terkadang tidak semua karyawan sesuai dengan yang kita harapkan dan kita perlu menyampaikan kritik terhadap karyawan. Terdapat beberapa alasan kenapa orang memberikan kritik:
1. Untuk membantu orang menjadi lebih baik
2. Untuk melihat perubahan yang kita inginkan
3. Untuk berdiskusi
4. Untuk menyakiti hati seseorang
5. Untuk melampiaskan kemarahan
6. Untuk menunjukkan kekuasaan
Jika alasan anda adalah seperti nomor 1, 2 dan 3 maka artikel ini adalah untuk anda. Lalu bagaimana cara menyampaikan kritik secara baik supaya tidak menyakitkan hati yang dikritik? Pertama kita harus mengetahui terlebih dahulu kenapa kritik terkadang menyakitkan hati orang. Hal ini terjadi karena beberapa alasan:
1. Kritik terkadang merendahkan
Jika kita mengkritik dengan kata-kata yang merendahkan, maka orang yang menerima kritik akan cenderung mengingat kata-kata yang menyakitkan hati mereka dan bukan bagian kritiknya. Sehingga kritik anda menjadi sia-sia.
2. Kritik terfokus kepada orangnya, bukan pada tindakannya
Jika kita memberikan kritik sambil menyerang kepribadiannya, contohnya “anda adalah orang yang ceroboh”, maka orang tersebut akan merasa diserang dan skali lagi kritik anda tidak berhasil. Karena orang yang dikritik akan lebih mengingat bagian kata penghinaan dibandingkan isi kritik yang ingin anda sampaikan.
3. Orang yang dikritik merasa terserang
Banyak yang merasa bahwa kritik adalah serangan terhadap mereka, sebaik apapun cara anda menyampaikannya. Kalau orang yang di kritik bersifat seperti ini, maka anda tidak bisa merubah apapun. Maka tetaplah sampaikan dengan cara yang baik.
4. Orang yang dikritik merasa benar
Banyak orang  yang beranggapan bahwa apa yang mereka lakukan adalah benar dan kritik adalah salah.
Berikut beberapa kunci untuk menyampaikan kritik secara baik:
1. Jangan menyerang, merendahkan atau alasan yang tidak baik. Luruskan niat untuk tujuan perbaikan
2. Kritiklah tindakannya bukan orangnya
3. Jangan katakan bahwa mereka salah
4. Gunakanlah kata “saran” dibandingkan “kritik”. Kata saran cenderung lebih bermakna positif dibandingkan kritik
5. Awali dengan pujian atas prestasi-prestasi yang telah mereka lakukan.
6. Akhiri kritik anda dengan pujian dan penghargaan yang akan mereka dapatkan jika mereka bekerja jauh lebih baik.
Memberikan kritik secara baik-baik memang tidaklah mudah, terutama jika kita sudah tidak mampu bersabar dengan orang yang ingin kita kritik. Tapi jika kita memberikan kritik secara tidak baik, maka kita akan mendapatkan 2 kerugian dalam sekaligus, yaitu hilangnya rasa hormat dari karyawan dan hilangnya semangat kerja dari karyawan karena mereka akan merasa sangat kecewa setelah menerima kritik.
Sumber: zenhabits.net
__._,_.___