Begitu pula dengan seorang wiraniaga sukses selalu berpikir positif tentang calon pembelinya. Hal ini juga akan menimbulkan pikiran positif pada si calon pembeli sehingga ia akan tertarik untuk membeli.
I Like You,
Dwika
Resensi Berpikir dan Berjiwa Besar (The Magic of Thinking Big)
Judul buku : Berpikir dan Berjiwa Besar (The Magic of Thinking Big)
Pengarang : David J. Schwartz
Penerbit : Binarupa Aksara
Tahun terbit : 2007
Tebal : 420 halaman
Diresensi oleh Ruthadaning Inayati
SINOPSIS
“Kekuatan Berpikir Positif”
Keberhasilan
seseorang didasarkan dari bagaimana orang itu berpikir mengenai
dirinya. Jika ia berpikir mampu untuk berhasil maka keberhasilan akan
diraihnya. Namun jika ia berpikir bahwa ia tidak akan mungkin berhasil,
maka keberhasilan akan menjauh darinya. Pikiran optimis akan menjadikan
pribadi seseorang makin percaya diri dengan apa yang dilakukannya.
Sedangkan pikiran pesimis akan berlaku sebaliknya. Jangankan untuk
melakukan sesuatu, hanya sekedar memikirkan idenya saja ia akan merasa
bahwa apapun yang dilakukan tidak akan berhasil.
Bagi
seseorang yang selalu pesimis, ia akan selalu mencari alasan untuk
menjelaskan mengapa ia selalu gagal. Bermacam dalih digunakan, misalnya
dalih usia, dalih kesehatan, dalih pengetahuan dan kesempatan. Contoh
dari dalih usia misalnya seseorang mengikuti
sebuah lomba namun kalah. Maka orang tersebut pasti akan beralasan
bahwa dirinya sudah terlalu tua untuk berlomba. Dalih kesehatan misalnya
seorang akan selalu mengatakan bahwa kesehatannya sedang tidak baik di
saat ia mengalami kegagalan. Orang-orang seperti ini selamanya akan
termakan oleh dalih dan selamanya pula dia tidak akan mampu berbuat
apa-apa.
Sementara
itu orang-orang sukses adalah orang yang senantiasa berbuat. Mereka
senantiasa mencari cara agar bisa hidup dengan lebih baik. Selanjutnya
orang-orang itu akan merealisasikan dengan tindakan. Bagi orang-orang
optimis, berbuat sekarang akan lebih baik daripada kehilangan kesempatan
mereka sama sekali.
Orang-orang
yang sukses akan selalu berpikir positif tentang orang lain. Bagi
mereka, mereka tidak akan berhasil tanpa orang lain. Bagi seorang
pengusaha sukses, kliennya adalah hal yang selalu membuat mereka senang.
Si pengusaha akan berpikir positif tentang kliennya karena dialah
sumber penghasilannya. Begitu pula dengan seorang wiraniaga sukses
selalu berpikir positif tentang calon pembelinya. Hal ini juga akan
menimbulkan pikiran positif pada si calon pembeli sehingga ia akan
tertarik untuk membeli. Itulah alasan mengapa pikiran positif
mendatangkan kesuksesan.
Buku
ini akan membantu para pembaca memanajemen pikiran positif kita. David
J. Schwartz telah berhasil memberikan contoh cara berpikir dan memiliki
jiwa yang besar seperti orang-orang yang telah sukses.
KELEBIHAN
- Bahasa yang digunakan mudah dimengerti dan penuh motivasi.
- Tekhnik pemaparan dengan disertai contoh-contoh sangat menarik.
- Gaya bercerita yang khas dan cenderung tidak menggurui.
KEKURANGAN
- Tampilan kover yang kurang menarik.
- Tidak ada tambahan-tambahan gambar dan ilustrasi.
KEBERMANFAATAN