link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Rabu, 04 Mei 2011

Penting banget buat punya mobil


Cara beli mobil di Amerika

Cara beli mobil di Amerika
Hidup di Amerika ini penting banget buat punya mobil. Mobil itu bagian dari kebudayaan Amerika. Tinggal nggak punya mobil, terutama di Los Angeles, bakal repot banget. Bagi yang baru datang, punya mobil itu kayak goal pertama yang perlu banget. Gimana sekarang caranya buat beli mobil ? nah bakal kita bahas di paragraph berikut ini.
DMV Scene
1. Kamu perlu SIM/Driver License ( cek dengan DMV – Department of Motor Vehicle ) di state kamu masing masing.
Kalo nggak punya pake International Driver License juga bisa ( di indo bisa di bikin di IMI-Ikatan Motor Indonesia ), tapi siap siap aja buat ngisi macam macam dokumen. Agak repot lah kalo nggak pake Driver license dari US, tapi masih bisa.
Lexus LS
2. Make sure kamu tau mobil apa yang kamu mau beli / lease. Cek harganya dulu
Paling gampang ke Edmunds.com, KBB.com ( kelly blue book ), Autobytel.com, cek website ini buat similar websites http://www.xmarks.com/site/www.edmunds.com/
3. Banyak dealer yang ada bagian Internet Salesnya. Biasanya udah link dengan website2 di atas, jadi tinggal isi aja informasinya, ntar mereka bakalan kasi harga.
*PS: Jangan pernah percaya sama sales yang kasih harga terlalu murah, dan janjinya gampang. Make sure kamu dapet email, hitam diatas putih, kalo nggak bakal wasting time aja ke dealer.
Longo Toyota
4. Kalo kamu orangnya senang nawar dan nggak ada problem with dealer sales tactic, kamu bisa ke dealership langsung. Biasanya bakal di ajak test drive bentar, trus get to the deal. Aku anjurin buat ke dealer yang lebih gede, karena salesnya lebih professional, nggak terlalu pressure buat maksa kamu beli.
*PS: Kalo salesnya nggak ramah, tampangnya bete, dingin dingin aja, langsung tinggalin aja, percuma karena kamu nggak bakal do any transactions with them.
*PS lagi: bilang, jangan di run dulu credit kamu kalo belon deal, setiap kali di run, credit score kamu akan turun 4-5 points. not a good way to buy car kalo kamu go to 5-10 dealership and hurt credit kamu.
5. Another way buat avoid Sales pressure, kamu bisa coba Auto Broker. Basicly Auto broker itu yah sales juga, cuman mereka itu punya kantor sendiri, mostly do other business kaya penyewaan mobil, cuci mobil, detailing dsbnya. coba aja di google, ada banyak auto broker baik yang group or independently owned. Harga kadang kadang bisa lebih murah, soalnya mereka cut banyak middle management di Dealer sales.
Caranya hampir sama, kamu mesti sudah tau mau mobil apa. Kamu negotiate dulu sama brokernya, trus kalo udah cocok harganya, bakalan dibawa ke dealer buat pick up mobil kamu. Kedengarannya aneh, tapi aku pernah dapet mobil di dealer yang sama dengan harga lebih murah di auto broker dibandingin beli sama sales dealernya langsung.
6. MINTA ZERO DOWN, ZERO DRIVE OFF kalo bisa. Jangan percaya kalo mereka ngomong, national ad pasang segini harganya, mereka masih bisa lebih murah lagi. Try your best to hang on to your stand, mereka nggak bisa maksa kamu beli, palingan nggak jadi deal. Setelah ke at least 3-4 dealers kamu bisa kira-kira kamu dapet good deal or not.
7. Kalo udah beres semuanya, tinggal tanda tangan paper work, kasi Cash or Check or Kartu kredit.Tinggal pulang bawa mobil baru. Sip kan? gampang tapi perlu skills buat negosiasi.
I hope yang mau beli mobil di Amerika, bisa cek blog ini dulu sebelon beli. Bakalan berguna banget buat bekal negosiasi.

Tidak ada komentar: