link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Rabu, 04 Mei 2011

Lalulintas di Amerika


Rambu lalulintas di Amerika – part 1

Rambu lalulintas di Amerika – part 1
Nah, ini dia nih. Nyetir gaya indo di Amerika, hahaha. Terus terang kalau di Indo banyak orang nggak gitu ngerti mengenai rambu rambu lalu lintas. Maklum lah SIMnya tembakan semua.
Di Amerika ini beda banget, untuk ujian SIM / driver license aja repotnya setengah mati. Berani bilang nggak ada orang yang 1 kali ujian semuanya langsung lulus ( ujian tertulis & ujian driving ). Dan hati hati kalau gagal ujian driving 3 x, maka kalian harus mulai lagi ujian tertulis.
Ujian tertulis sih gampang gampang susah, nanti akan diusahakan untuk diupload contekan ujian SIM tertulis disini. Nggak mesti sama sih, kadang kadang nomornya di acak, tapi lumayan buat belajar sendiri di rumah. Biar lebih tenang pas ujian disana.
Ok, untuk post pertama ini saya akan memberikan gambaran singkat mengenai cara mengenali rambu lalulintas di Amerika. Terutama rambu rambu yang bagi pertama kali datang ke amerika biasanya bakal dianggap remeh.
1. STOP sign
nah, kalo di indo. STOP sign itu maksudnya boleh STOP, bener nggak ? hehehe. Kalo di Amerika STOP sign itu maksudnya HARUS STOP! – Bingung kan ?  saya juga bingung, pas naik mobil pertama kali disini, kenapa teman saya stop melulu yah ? padahal di perempatan nggak ada mobil.
Tujuan STOP sign ini ( biasanya banyak di per-empatan jalan ) untuk menggantikan lampu merah. Jadi sebelum lewat, harus STOP dulu, ada mobil lain atau tidak. STOP harus FULL STOP, kalo cuman pelan terus jalan lagi juga nggak boleh.
Hati-hati kalau ketauan pak polisi dendanya sekitar $200 an, believe it or not. Jadi perlu pay attention !
3. PARKING SIGN
Sebelum parkir, terutama kalau kelihatan nggak ada mobil lain yang parkir selain kamu. Cek dulu ada nggak rambu parking sign ( biasanya tertulis dari jam berapa sampai jam berapa boleh parkirnya ).
Ini juga salah satu yang paling sering orang kena parking ticket ( $35-$70 ), paling sering itu di daerah ramai commercial, dan juga di daerah perumahan. Over night parking di daerah perumahanbiasanya perlu PARKING STICKER – Belinya di Kantor polisi setempat.
Rule of thumb : Kalo nggak ada yang parkir selain kamu, Cek dan Re-check selalu ada rambu parkir nggak !
3. SPEED SIGN
Sering sekali kalau dari Indo nyetir di Amerika nggak memperhatikan kecepatan mobil. Oh iya, America ini ngitungnya pake sistem MILES bukan KM. Jadi sering rasanya nggak cepat padahal udah 100 KM/JAM.
Perhatikan rambu MAX SPEED, kalau jalannya kosong jangan tergoda untuk tarik gas tancep terus. Sering banget ada pak polisi yang nongkrong bikin SPEED TRAP. Kalau kena dendanya bisa mahal ($200-$400 )
Oh iya, kadang-kadang bukan hanya denda bayar dan ok begitu saja. Kamu masih harus datang ke COURT dan mengikuti DRIVING SCHOOL ( bisa online atau hadir sendiri ), ini juga duit lagi ( $30-$80 ).
Pokok kata, driving itu hati hati. Ikuti peraturan sebisa mungkin, ntar sambung lagi…

Tidak ada komentar: