link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Rabu, 04 Mei 2011

Credit Score


Cara membangun Credit Score di Amerika

Cara membangun Credit Score di Amerika
Credit score, apaan tuh ? nah, bagi yang mau tinggal di amerika, credit score ini seperti raport sekolahkamu. Bedanya Raport ini bakal dipakai untuk semua aspek finansial kamu, mulai dari beli mobil, beli rumah, buka kartu kredit, asuransi bahkan buka cellphone account dan lain sebagainya. Jadi “Credit score” yang baik itu sangat-sangatlahPENTING! Di Amerika ini memang aneh, semakin banyak kamu ngutang ( tapi mesti bayar tepat waktu ) maka kamu akan mendapatkan credit score yang lebih baik lagi.
Kalau di asia dan belahan dunia lain “Cash is king” tapi kalau di Amerika ini“Credit is king”.
credit-report-sample
Credit ini seperti pisau dua sisi, sama sama tajamnya. Kalau dipakai untuk kebaikan, bermanfaat sekali untuk memotong sesuatu, dalam credit score artinya kamu bisa pinjam uang untuk beli rumah, mobil, bisnis, dapet harga bagus untuk asuransi dan lain sebagainya. Tapi kalau tidak berhati-hati, karena semuanya nggak keliatan ( beli nya gesek kartu melulu ), bayar nggak tepat waktu.  Bisa memotong diri kita sendiri, dalam credit score artinya ngutang kelewat banyak, nggak bisa bayar akhirnya.
Banyak juga imigran yang tidak mengerti dan akhirnya jatuh dalam hutang yang bunganya ngadujubileh. Sebagian dari mereka pulang ke negara asal dan berharap tidak dikejar oleh penagih hutang. Harap berhati-hati karena ada case dimana biro kredit di Amerika mengejar sampai di negara asal dan paling nggak di laporkan ke biro kredit di negara asal, sehingga di black list creditnya. Bukan cuman itu, mereka juga dicekal untuk balik ke Amerika. Sayang sekali bukan ?
major-credit-cards
Ok, sekarang kembali ke pokok topik artikel ini. Kalau saya baru datang ke Amerika bagaimana caranya membangun credit score saya ? padahal kalau apply kartu kredit jelas-jelas ditolak. Nah, ini tips-tips yang berguna untuk membangun credit score anda. Jika sudah terbangun dengan baik, harus dijaga baik-baik sehingga akan bermanfaat lebih besar lagi di kemudian hari jika anda menetap lebih lanjut.
1. Pakai nama anda untuk semua account utility bills ( air, listrik, telepon rumah, sampah dsbnya ).Ketika kita menggunakan service utility, kita itu dianggap hutang dulu. Karena pakai dulu sebelum bayar, jadi berhubungan dengan credit score.
2. Apply kartu bayar department stores, gas card, atau yang sejenis ( GAP, Banana Republic, Shell, Bestbuy, Macy’s, Kohl, Ross dsbnya ). Biasanya langsung dapat credit line sekitar $500, hanya bisa digunakan untuk belanja di took tersebut. Bayar tepat waktu, dan belanja aja ala kadarnya.
3. Apply kartu kredit buat student atau yang sejenis di bank anda. Tanya mereka, kamu perlu bangun credit score, kartu kredit apa yang kalian bisa apply. Biasanya kartu kredit tersebut limitnya kecil banget sekitar $500 an, dan kalian harus taruh uang jaminan di bank tersebut, seharga credit line anda.
Bedanya dengan check card ialah, kartu ini setiap kali dipakai akan lewat biro kredit, jadi dihitung ngutang duluan, jadi bisa membangun credit score.
*Salah kaprah : Banyak orang berpikir untuk memakai check/debit card untuk membangun credit score. Kalau bayar maunya pake line credit card aja, nggak mau taruh PIN. Just FYI ( for your information ), PERCUMA ! soalnya kartu credit dan check card itu punya kode sendiri yang membedakan bagaimana transaksi dari kartu ini diproses. Kalau nggak percaya coba aja sendiri, belanja yang lebih banyak dari balance kamu di bank, biasanya nggak bakal tembus, atau bakal ditelpon sama bank kamu, atau di denda oleh bank.
4. Sesudah beberapa bulan bayar tepat waktu, biasanya credit score kamu mulai terbentuk di system credit national. Mulailah apply buat cellphone, dan kartu kredit beneran. Dan setiap kali belanja harus pakai kartu kredit tersebut ( ingat ! bayar tepat waktu )
5. Ada cara tercepat untuk membangun credit lebih cepat lagi.
Mau tau ? beli rumah barengan, dengan teman anda yang credit scorenya jauh lebih tinggi. Ini bukan Co-Sign yah ( tapi beli rumah dengan 2-3 nama di dalam sebagai partner ). Hanya dalam waktu setahun kalau bayarnya tepat waktu, credit score kamu akan melejit cepat.
Pokoknya selalu ingat, Kalau Credit harus bayar TEPAT WAKTU !

Tidak ada komentar: