link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Rabu, 04 Mei 2011

Hidup di Canada 3

Cara hidup di Canada – part 3

Cara hidup di Canada – part 3
Golongan 3: Imigration hanya menyetujui orang yang masih bisa active bekerja saja yang bisa masuk umur kurang lebih  antara 30 – 50. Kebanyakan yang datang dalam group ini adalah pasangan muda2 membawa anak masih kecil2, ada juga yang masih single. Lebih dari umur 50 bisa masuk memakai condition dengan cara investment atau membawa sejumlah capital tertentu bukan asal dari money laundring.
Bahasa Inggeris/French termasuk syarat juga, kesehatan, police record, bukti pajak juga diminta bahwa telah membayar pajak di negara asalnya. Dalam waktu 3 tahun bagi yang punya usaha dan membuktikan bisa berjalan, condition bisa di right off dan bisa diterima sebagai Permanent Residen. Umur 65 keatas bisa masuk asal disponsori oleh anak dan dalam keadaan sehat, gaji anak juga di teliti dulu apa bisa mensponsori ibu atau bapak. Walaupun ada penyakit, asal tidak punya anak lagi di Indonesia masih bisa masuk. Imigran baru tidak boleh minta welfare dalam hurun waktu 10 tahun terhitung mulai sejak masuk.
Sampai saat ini pendatang golongan bondo nekat belum banyak, kalau sudah kedatangan banyak bisa Canada kacau, pemerintah tidak bisa mengatasi dan ras lain tentunya bisa dibuat takut. Bukanya racis atau discriminasi, berdasarkan keputusan imigrasi yang mengatur dan bertanggung jawab terhadap community lainya. Lawyer2 biasanya juga tau bagaimana peraturan imigrasi. Kalau mau datang di Canada harus sudah siap mental, suasana lain dari pada dari asalnya. Kebiasan enak di negara asalnya, bakal tidak bisa didapat di Canada. Seperti pembantu di Canada ada harus membayar di sesuaikan dengan standard Canada dengan minimum wages, mana tahan! Mungkin juga ada yang bisa membayar menurut standard Canada.
Yang masuk golongan 3 kebanyakan berijazah sarjana. Karena masih mudah kebanyakan lebih energic, masih bisa active bekerja. Rombongan 3 ini boleh di katakan semuanya bisa mendapatkan kerja, ada yang berhasil mendapat pekerjaan yang di ingini yaitu sama dengan kepandaianya atau skillnya. Rombongan 3 ini merupakan pendatang yang gigih bekerja dan semua memilih menetap di Canada dan tidak sampai mau balik ke negara asalnya.
Sedangkan pendatang termasuk group yang terdahulu yaitu group 2 ada beberapa balik ke Indonesia, berhubung memilih lebih enak pulang daripada bekerja di Canada dan ada yang tidak bisa mendapatkan kerjaan disini. Ada yang balik suaminya saja dan ada juga suami dan isteri balik. Anak2 boss2 yang masih mempunyai perusahaan di Indonesia ditinggal di Canada untuk melanjutkansekolah disini. Beliau datang 6 bulan sekali untuk menengoki anak2nya. Kebanyakan yang balik dari golongan saudagar2, termasuk seditkit yang mempunyai professi pegawai dan kedudukan.
Budget Canada sudah mulai sehat karena Menteri Keuangan yang pandai mengendalikan budget sehingga berbalik menjadi surplus. Canadian dollar menjadi kuat, tadinya merosot sampai mencapai Can $1 = $0.65 US. Sekarang bisa mencapai sampai Can $1 = $0.87 US. Pajak mulai dikurangi menjadi 25 1/2 %, day care di support bagi yang mempunyai anak, bisa menitipkan anak for free sehingga single mother bisa bekerja. GST dan PST mulai dikurangi. Di Propinsi Alberta tidak ada PST, sebab tempat minyak pemerintah daerah setempat kaya.
Health Insurance naik menjadi $500/ tahun/orang di BC. Bagi yang pendapatan kurang dari $8000/tahun insurance free. Mobile Insurance mula2 bagi pendatang bayar $2000/tahun/orang lama2 berkurang.
Peraturan pensiun untuk orang tua masih tetap seperti golongan 2, sementara tidak ada perubahan. Umur pensiun yaitu 65, dan sudah 10 tahun PR Canada. Kalau belum 10 tahun tidak berhak untuk menerima pensiun. Welfare tidak begitu banyak sekarang dibandingkan 10 tahun yang lalu.
Canada tidak berdasarkan pada satu agama (negara sekuler). Penduduk aslinya tidak punya agama menganut animisme. Tidak di monopoly oleh satu agama mayoritas. Agamanya adalah pluraritas, apa saja boleh dan bebas. Ada satu golongan meminta hukum tertentu diberlakukan untuk segolongan tersebut saja, tetapi banyak tidak setuju.
artikel ini ditulis oleh Elly Tjan
Rating: +3 (from 3 votes)
Related Posts with Thumbnails(Visited 439 times, 2 visits today)
Related posts:
  1. Cara hidup di Canada – part 2
  2. Cara hidup di Canada – Part 1
468 ad
  1. edysulistyanto says:
    saya mau tanya kiat-kiat untuk datang pertama kali di canada. Apakah itu kiat tentang menghadapi cuaca,makanan ataupun gaya hidup. terima kasih
    Rating: 0 (from 0 votes)
    webmaster Reply:
    ok, ntar kita bahas di artikel yang lain yah. yang jelas canada itu dingin. jadi siap2 kalo nggak tahan dingin ;P
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. Salah satu impian saya, saya ingin sekali bisa bekerja dan tinggal di canada ( socal ) dan bisa sukses di sana dan nanti saya bisa pensiun di indonesia dengan tidak susah payah, saya memohon dengan sangat ada yang bisa membantu saya??? saya ingin punya link / chanel atau kenalan sama orang indonesia yang sekarang masih bekerja dan tinggal di sana?? terus kalau untuk bisa pergi kesana persyaratan apa saja yang harus di lampirkan untuk bisa tinggal dan bekerja di sana??? sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih banyak.
    Rating: 0 (from 0 votes)
  3. apa di sana ada org indo yg bekerja sbg care giver?
    Rating: 0 (from 0 votes)
    webmaster Reply:
    saya rasa pasti ada yah. Care giver itu lumayan umum dimana mana.
    Rating: 0 (from 0 votes)
  4. Terima kasih atas inbformainya, sangat berharga terutama bagi yang ingin ber migrasi ke Canada seperti saya. Namun saya ada pertanyaan, berapa lama maksimal dari catatan yang ada seornag imigran (terutama indonesia) bisa mendapat pekerjaan yang layak di sana? dan selama belum mendapatkan pekerjaan, bagaimana bisa membiayai hidup?
    Terima kasih sebelumnya.

Tidak ada komentar: