link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Minggu, 13 Mei 2012

Manfaatkan uang pensiun


Jangan Bangkrut Saat Pensiun 
Readersdigest.co.id Perencanaan Keuangan
Image by : Feminagroup
Banyak orang menganggap bahwa jumlah uang pensiun yang besar akan menjamin masa pensiun bebas masalah. 

Namun karena tak cermat mengelola uang pensiun, tak sedikit orang justru terlilit masalah. Eko Endarto, RFA, perencana keuangan dari Finansia Consulting, mensinyalir bahwa banyak pensiunan merasa mendapat durian runtuh lantaran jumlah uang pensiun yang diterima jauh lebih besar daripada gaji bulanan sewaktu masih bekerja. 

“Mereka membelanjakan uang pensiun secara tidak terkontrol. Walhasil, uang pensiun amblas hanya dalam waktu relatif singkat,” kata Eko. “Mereka lupa bahwa masa pensiun yang harus dijalani masih panjang dan kebutuhan rumah tangga masih harus dipenuhi.”

Karena itu ia mengimbau agar Anda yang akan segera memasuki masa pensiun untuk memprioritaskan pelunasan utang-utang yang ada. “Jangan sampai saat pensiun justru dibebani kewajiban membayar utang,” tegasnya.

Selanjutnya, sisihkan uang pensiun sebesar tiga sampai empat kali pengeluaran bulanan. Hal itu untuk membiasakan pola hidup seperti sebelum pensiun. “Anggap saja sebagai gaji bulanan Anda,” jelas Eko. “Sisanya disimpan sebagai cadangan, misalnya dalam bentuk deposito.”

Selama tersimpan, Anda bisa merencanakan penggunaan uang itu nanti. Menurut Eko, cara terbaik memanfaatkan uang pensiun adalah sebagai modal usaha atau investasi. “Setidaknya Anda memiliki aset yang mampu menghasilkan uang bagi Anda,” sarannya. (Wiko Rahardjo) http://www.readersdigest.co.id

Tidak ada komentar: