link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Minggu, 13 Mei 2012

Beli Satuan atau Borongan?



 Beli Satuan atau Borongan?  
Readersdigest.co.id Perencanaan Keuangan
Image by : Feminagroup
**http://www.readersdigest.co.id Pernahkah Anda melihat papan bertuliskan 'Beli 3 dapat 4' atau 'Diskon 50% untuk pembelian kedua' saat menyusuri lorong supermarket untuk belanja bulanan?

Papan-papan itu seakan punya kekuatan magis untuk menggerakkan tangan kita mengambil barang yang diiklankan.

“Eits, jangan dulu,” ujar Mike Rini Sutikno, CFP, dari Mike Rini and Associate Financial Planning and Education. Menurutnya, walau mitos membeli dalam jumlah banyak lebih menguntungkan dibandingkan eceran ada benarnya, tetapi ada yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda menuruti bujuk rayu iklan itu.

  • Ukur dan pastikan kebutuhan bulanan Anda. Kalau Anda tidak bisa menghabiskan tiga kilogram deterjen dalam waktu sebulan, untuk apa menyimpan jumlah sebanyak itu?
  • Periksa tanggal kadaluarsa barang yang dibeli. Siapa yang ingin membeli barang dalam jumlah besar yang ternyata tak bisa dipakai setelah lima hari ke depan?
  • Jangan konsumtif. Kalau Anda merasa membeli satu dus mie instan sesuai dengan kebutuhan Anda selama tiga bulan, perhatikan konsumsi Anda. Apakah Anda berubah konsumtif saat menyantap mie instan sehingga ternyata satu dus habis dalam waktu satu bulan saja? Wah, kalau begitu, kan, jadi tidak irit! (BDA)

Tidak ada komentar: