link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Minggu, 13 Mei 2012

Cermat


Online Banking Cermat, Pangkal Selamat 
Readersdigest.co.id Perencanaan Keuangan
Image by : Istimewa
**http://www.readersdigest.co.id Kemajuan teknologi membuat segala hal terasa mudah dan cepat. Tak terkecuali di bidang perbankan, yang memungkinkan Anda mengakses rekening secara maya, baik lewat ponsel, sabak elektronik, maupun desktop.

Namun hal ini juga menjadi peluang bagi pelaku kejahatan untuk melancarkan aksinya. Menurut para ahli Kaspersky Lab, perusahaan antivirus terbesar di Eropa, pada kuartal pertama 2012 saja telah berhasil terdeteksi rata-rata 7.800 Trojan online bankingper bulan.
Ancaman lewat online banking merupakan bagian dari kegiatan kejahatan cyber yang paling canggih dan berbahaya.

Tujuannya tak lain untuk membuka akses ke rekening Anda, lalu menguras habis isi rekening, atau melakukan pencurian sedikit demi sedikit sehingga pemilik rekening tak menyadari tengah dicuri. Kejahatan yang terakhir disebut melibatkan ribuan rekening, sehingga kalau digabungkan jumlah kerugiannya menjadi sangat signifikan.
Lantaran hal tersebut AV-Test.org, laboratorium pengujian independen, melakukan pengujian terhadap dalam hal pendeteksian dinamis dan statis terhadap ancaman online banking.

Tes dilakukan dengan menggunakan 70 sampel malwareterbaru, yang semuanya mampu mengakses akun online banking pengguna internet atau sistem pembayaran mereka. Ketiga produk solusi keamanan komersial tersebut diuji melalui komputer yang beroperasi dengan Windows 7 dan berakses internet serta semua perlindungan diaktifkan.

Hasilnya, pada pengujian statis, Kaspersky Internet Security 2012 meraih tingkat pendeteksian sebesar 99,3%. Pada pengujian dinamis, yang lebih mencerminkan keadaan sebenarnya, Kaspersky Internet Security 2012 merupakan satu-satunya produk dengan tingkat pendeteksian mencapai 100%. Sementara pada pengujian remediasi paling kompleks terhadap komputer yang terinfeksi, Kaspersky Internet Security 2012 lagi-lagi menjadi yang terdepan dalam hal tingkat remediasi atas seluruh komponen aktif.

Menurut Oleg Ishanov, direktur riset anti-malware Kaspersky Lab, ancaman online banking menghadirkan bahaya yang paling besar karena satu infeksi dapat membuat seseorang kehilangan uang dari kartu kredit atau akun bank.

Hal itu berarti, sebelum Anda mulai melakukan online banking, Anda harus terlebih dahulu meningkatkan keamanan komputer dan jaringan internet Anda, dan terus-menerus melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk terus menjaga keamanan tersebut. Caranya, dengan rajin-rajin melakukan update program antivirus yang Anda miliki. (Antono Purnomo)

Tidak ada komentar: