link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Minggu, 13 Mei 2012

Kolesterol Tinggi


Saya (30) merasakan sakit di bagian rahang, nyeri di bagian tulang, bahkan pusing kepala setiap kali mengonsumsi berbagai jenis makanan dari daging kambing. Apakah benar ini tanda-tanda kolesterol tinggi? Apa saja makanan yang harus dihindari dan dianjurkan?

Hypercholesterolemia atau kadar kolesterol tinggi dalam darah tak menimbulkan gejala seperti yang Anda sebutkan. Untuk mengetahuinya, perlu dilakukan pemeriksaan darah di laboratorium. Keadaan hypercholesterolemia yang berlangsung lama bisa memberikan tanda kekuningan di sekitar kelopak
mata dan lingkaran putih di pinggir kornea.

Kadar kolesterol dipengaruhi oleh lemak jenuh, seperti pada daging, seafood (kecuali ikan), susu full cream, minyak jelantah, kue manis, biskuit, junkfood, dan lain-lain. Makanan yang mengandung serat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, dianjurkan untuk mengonsumsi banyak sayuran, buah, serealia utuh (beras berkulit ari, havermut), serta minyak tak jenuh yang terdapat pada ikan serta jenis minyak zaitun/canola/wijen.

Kadar kolesterol total yang normal adalah di bawah 200 mg /dL, dengan LDL (kolesterol jahat) di bawah 130 mg / dL, dan kadar HDL (kolesterol baik) bagi pria di atas 50 mg /d, serta bagi wanita 40 mg/dL. Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter dan melakukan pemeriksaan kesehatan umum, seperti tekanan darah dan pemeriksaan laboratorium umum untuk lebih mengetahui kondisi kesehatan Anda.
**
http://www.femina.co.id

Tidak ada komentar: