link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Selasa, 16 Agustus 2011

Camcorder atau kamera digital


Lebih baik beli camcorder atau kamera digital yah?

Belakangan ini, fungsi camcorder dengan kamera digital semakin tidak berbeda jauh karena ada camcorder yang bisa mengambil foto dengan resolusi besar dan sebuah kamera digital yang bisa mengambil video. Kalau sudah begini kadang kami sendiri bingung antara memilih sebuah camcorder yang bisa ambil foto atau beli kamera digital yang bisa ambil video.

Walaupun perbedaan keduanya semakin tipis tetapi tetap ada perbedaan fitur dan fungsi yang memudahkan kita untuk memilih dan tidak dibuat bingung. Perbedaan mendasar yang kami jelaskan di bawah ini memang tidak bisa dikatakan 100% tepat karena seiring dengan perkembangan teknologi, kedua alat ini semakin tipis perbedaannya. Tetapi inilah perbedaan yang biasanya ada pada camcorder atau kamera digital standar (bukan Pro).
Lensa:
Lensa di camcorder biasanya menawarkan fungsi zoom yang lebih panjang (jauh) dibandingkan yang ada di kamera digital dan yang terpenting, biasanya fungsi zoom di kamera digital tidak bisa berfungsi pada saat merekam video sedangkan di camcorder kita bisa zoom in/ out pada saat merekam video.

Audio:
Dari sisi yang satu ini, biasanya camcorder mempunyai sebuah mic yang lebih baik kualitas serta posisi mic yang bisa menangkap suara di sekitar lebih baik dan kebanyakan camcorder memberikan tambahan sebuah koneksi untuk disambungkan ke mic eksternal.

Selain itu, jenis suara yang dihasilkan oleh sebuah camcorder juga lebih banyak mulai dari menawarkan sebuah mic stereo sampai surround.
Untuk kamera digital sendiri, kebanyakan hanya punya satu mic yang berukuran kecil dan akan menjadi masalah bila objek suara terlalu jauh. :-)
Storage Capacity:
Kamera digital bisa menyimpan video dan foto dalam satu kartu memori dan mengingat kapasitas kartu memori yang tidak terlalu besar maka kita tidak bisa menyimpan file video terlalu panjang atau besar.

Berbeda dengan camcorder yang memang butuh kapasitas besar, penggunaan sebuah hardisk di dalamnya membuat kita dengan leluasa untuk merekam video dengan durasi yang jauh lebih panjang.
Ergonomic:
Ini yang cukup penting untuk dipertimbangkan.
Bentuk kamera digital agak kurang nyaman untuk merekam video dan perekaman dengan kamera digital seringkali menghasilkan gambar yang agak goyang (tidak stabil).

Berbeda dengan camcorder, bentuknya membuat kita biasanya lebih mantap untuk memegang dan merekam video lebih stabil dan begitu juga sebaliknya camcorder juga kurang nyaman atau stabil bila digunakan untuk mengambil foto.
Video Controls:
Pada sebuah camcorder, kita bisa punya banyak pilihan untuk mengatur kualitas video yang diinginkan mulai dari jenis pencahayaan (white balance) sampai kecepatan rekam (shutter speed).

Di sebuah kamera digital jarang ada kontrol seperti ini dan walaupun ada tidak sebanyak yang ditawarkan oleh sebuah camcorder.
Jadi mana yang lebih baik?? Kembali kepada kebutuhan, apakah anda sering mengambil video atau justru sebaliknya. :-)
Semoga bermanfaat!!!
 
Sumber berita Satu dan Dua
Camcorders vs. Cameras: Both Take Video, Which Do You Need?

Tidak ada komentar: