link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Selasa, 15 Maret 2011

Ninja, Pasukan Rahasia

Mengungkap Sejarah Ninja, Pasukan Rahasia yang Disegani


Oleh: AnneAhira.com Content Team


Pada era kekaiasaran Jepang dahulu, terdapat pasukan khusus yang bertugas menyusup ke kubu lawan. Nama pasukan itu ialah ninja. Tugas utama ninja adalah melakukan penyusupan dan penyerangan ke markas lawan secara diam-diam dan bertindak seefektif mungkin tanpa meninggalkan jejak.  
Asal Mula Ninja 
Ketika era Kekaisaran Kamakura berkuasa di negeri sakura, kaisar menjalankan pemerintahannya secara militeristik atau keshogunan dari 1185 sampai 1333, masa kekuasaannya berlangsung selama 3 abad. Pada waktu itu pemerintahan dipegang oleh kaisar Sagami Kamakura yang memiliki tekad menaklukan kerajaan-kerajaan yang ada di seantero Jepang. Maka dari itu kaisar membangun kekuatan militernya, agar bisa memenangkan pertempuran
Lantas, Kaisar membangun sebuah regu yang direkrut dari para tentara pilihan, yang mahir menggunakan pedang katana dan menguasai ilmu beladiri yang disebut ninjutsu. Pendekar-pendekar yang terampil bela diri ini lantas diberi nama ninja, yang artinya orang yang mahir menyusup. Ninja memakai seragam yang tertutup rapat, memakai balakava yang menutupi mukanya.  
Tugas Utama Ninja
Tugas ninja yang utama adalah menyusup atau melakukan spionase ke wilayah musuh untuk mematai-matai kubu lawan. Jika perlu, membunuh target yang telah diperintahkan oleh tuannya. Penyusupan ini dilakukan secara diam-diam tanpa bersuara dan rahasia.
Jika aksinya diketahui lawan, ninja harus lumpuhkan saksi mata seefesien mungkin dan pergi tanpa meninggalkan jejak. Para ninja bentukan kaisar ini tunduk terhadap aturan-aturan yang ketat seperti ninpo. Antara lain wajib membawa rahasia sampai mati dan rela dihukum mati jika melakukan kesalahan fatal. 
Ninja Merupakan Jalan Hidup  
Mengabdi kepada daimyo merupakan kehormatan yang luar biasa. Menjadi ninja adalah pekerjaan yang terhormat dan sangat rahasia. Karena kerahasiaan itu maka terciptalah sebuah filosofi dan ajaran tentang ninja.  
Ajaran ini bermula dari para pendeta-pendeta Shinto yang menjalankan semacam ritual pantangan bicara yang akhirnya menjadi sebuah seni atau nonuse yang bertindak diam dan efektif tanpa terlalu banyak bicara. Seni nonuse inilah yang mengilhami filosofi ninja yang selalu beraksi secara misterius dan rahasia.
Ninjutsu, Ilmu Beladiri Ninja 
Ninjutsu merupakan ilmu beladiri dari Jepang yang diciptakan khusus untuk membekali ninja dari serangan lawan. Menurut catatan sejarah, ninjutsu diciptakan pada abad XII. Ilmu ini diajarkan kepada, anak-anak muda pilihan yang akan diangkat menjadi ninja. Pelatihan dasar ninjitsu ditekankan pada pelatihan keseimbangan tubuh, ketangkasan, enduran dan kekuatan otot.
Level berikutnya diajari beladiri dengan tangan kosong atau taijutsu.Setelah level dasar mahir dikuasai, calon-calon ninja ini diajari berkelahi menggunakan pedang atau kenjutsu dan berbagai persenjataan rahasia khas ninja. Menginjak level mahir, ninja ini diajari bagaimana meracik amunisi, membuat jebakan-jebakan, dan ajaran-ajaran spiritual ninja. 
Senjata-Senjata Rahasia Ninja
Ninja beda dengan pendekar lainnya. Keahlian ninja adalah melakukan spionase dan melakukan penyusupan, artinya dia bekerja sendirian di lapangan. Oleh karena itu, ninja dibekali sejumlah peralatan dan senjata yang efesien, tapi mematikan. Persenjataan itu antara lain: 
a. Pedang katana 
Pedang ini ditempa dengan menggunakan berbagai macam logam. Katana ini memiliki ketajaman dan kekokohan yang absolut.
 b. Suriken 
Suriken adalah senjata lembar rahasia milik ninja. Suriken terbuat dari besi yang bentuknya seperti bintang yang ujung-ujungnya tajam. Supaya memberi efek mematikan terkadang ujung-ujung suriken yang lancip ini diolesi racun.

Tidak ada komentar: