link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Selasa, 15 Maret 2011

Bahasa Jepang Terkait Komputer

Frase Bahasa Jepang Terkait Komputer

Layanan internet yang saya pakai sambungannya buruk sekali jika sudah melebihi kuota 3GB. Seminggu penuh saya tidak bisa mengakses banyak situs di internet, termasuk situs andinirizky.com. Mungkin hosting-nya juga kurang bagus, sih. Karena ternyata WordPress.com lebih mudah diakses daripada situs sendiri, maka beberapa hari vakum itu saya membuat klon situs di andinirizky.wordpress.com. Kok malah dari situs berbayar pindah ke blog gratisan? Ya, tak apalah. Mungkin tahun depan saya pikir lagi apakah akan meneruskan menyewa nama domain dan hosting.
Karena saya sendiri kesulitan mengakses dan menanggapi komentar, mulai detik ini komentar di andinirizky.com akan diset OFF. Harap maklum. Kalau sempat, silakan tinggalkan komentar di situs andinirizky.wordpress.com supaya saya bersemangat menulis ya. Terima kasih.
Untuk hari ini, berikut tujuh frase bahasa Jepang yang terkait dengan komputer.
moji ga bakeru 文字が化ける
teks yang tidak ditampilkan sesuai maksud karena salah penyetelan huruf encoding atau komputer tidak bisa menampilkan kanji ⇒ mojibake 文字化け
rinku o haru リンクを張る
memasang pranala, mencantumkan link ke suatu situs di internet
CD o yaku CDを焼く
merekam data pada CD
pasokon ga omoi パソコンが重い
komputernya berat, artinya lambat memproses data
pasokon ga kooru パソコンが凍る
komputernya macet saat sedang memproses, tiba-tiba tidak bekerja lagi
pasokon o tachiageru パソコンを立ち上げる
menyalakan komputer, sama dengan pasokon no den’gen o ireru パソコンの電源を入れる, dan pasokon o kidou saseru パソコンを起動させる
pasokon o otosu パソコンを落とす
mematikan komputer, sama dengan pasokon no den’gen o kiru パソコンの電源を切る
Sekian. Mungkin kapan-kapan kita bahas tentang istilah bahasa Jepang terkait internet.
Tinggalkan komentar di sini.

Tidak ada komentar: