link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Selasa, 15 Maret 2011

Emulator Android

Emulator Android Di Linux

0

android-platformKali ini saya akan mencoba menjalankan emulator Android di Linux (PCLinuxOS), pertama download terlebih dahulu Android SDK yang diperlukan sebagai basis utama dari emulator Android. Setelah berhasil didownload langkah berikutnya adalah sebagai berikut :
1. Extract file tersebut lalu buka folder hasil extract menuju ke folder tools.
2. Jalankan file bernama android.
emulator
SDK yang Anda Unduh sebelumnya, belum menyertakan Android Platform yang diperlukan untuk membuat Virtual Device Android. Jadi sekarang saatnya kita update paket-paket di SDK ini agar menyertakan Android Platform yang diperlukan. Saat menjalankan proses ini, komputer Anda harus terkoneksi ke Internet. Paket-paket tersebut akan diunduh langsung dari Internet, melalui aplikasi Android yang sudah kita jalankan sebelumnya.
3. Klik menu available packages disamping. Setelah mencentang repository Android, tekan tombol Install selected.
emulator1
4. pilih SDK Platform yang diinginkan. Saya sendiri memilih semua versi yang tersedia sekarang.
emulator2
5. Tunggu sampai proses installasi selesai.
emulator6
6. Setelah SDK Platform terinstall, sekarang saatnya membuat virtual devices. Ditahapan ini Anda bebas memilih versi Android yang diinginkan, ukuran layar dan fitur-fitur lainnya.
emulator7
emulator8
7. Sekarang Anda memiliki device Android yang siap dijalankan. Pilih virtual device yang ingin dijalankan, kemudian klik tombol start. Proses bootingnya agak lama, jadi harus sedikit bersabar.
emulator9
emulator11
8. Saya coba buka web www.mahmudsiddik.com dari Android yang sudah saya jalankan.
emulator12
Sekarang saya sudah bisa menggunakan Android walau tidak langsung dengan perangkat sesungguhnya, semoga saya cepat bisa kebeli mobile Android yang sesungguhnya (ngarep mode on) he... :)
emulator14
emulator15
Ket : Emulator ini bisa juga dijalankan di sistem operasi Windows & Mac, pada saat mendownload Android SDK pilih versi sesuai dengan sistem operasi komputer anda.

Comments  

Tidak ada komentar: