link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Selasa, 15 Maret 2011

Bahasa Jepang di Restoran

Bahasa Jepang untuk Makan di Restoran

SushiBagaimana caranya makan di restoran di Jepang?
Selama restoran yang akan Anda masuki bukan restoran mewah atau restoran cepat saji (MacDonald, Lotteria, Burger King),  begipni langkah-langkah makan di restoran di Jepang seperti seorang pro.
Mula-mula, silakan lihat-lihat di pintu masuk, apakah ada etalase kaca yang mendisplai contoh masakan yang ditawarkan. Perhatikan daftar harga yang tertera, dan perkirakan apakah uang di dompet atau kartu kredit Anda cukup untuk melunasi tagihan nanti. Ada juga restoran yang meletakkan buku daftar menu di dekat pintu untuk dilihat-lihat calon tamu.
Lalu, silakan masuk ke dalam restoran, tetapi jangan lebih dari tiga langkah. Apalagi kalau langsung duduk di kursi yang kosong. Waduh… memalukan itu. Itu tandanya bukan pro. Anda harus berdiri tidak jauh dari pintu masuk, sambil bengang-bengong sejenak menunggu pelayan menghampiri Anda.
Pelayan akan menyapa dengan ucapan “IRASSHAIMASE いらっしゃいませ”. Artinya, selamat datang. Salam yang ramah itu langsung disambung dengan pertanyaan,”NANMEI SAMA DESU KA? 何名様ですか?”. Artinya, berapa orang?
Kalau Anda sendirian, silakan menjawab, “HITORI. 一人。” Kalau berdua, “FUTARI. 二人。” dan seterusnya. Saat yang baik untuk mengingat kembali pelajaran menghitung jumlah orang dalam bahasa Jepang.
Lalu pelayan akan bertanya apakah Anda ingin ditempatkan di ruangan perokok atau tanpa asap rokok. “OTABAKO O OSUINI NARIMASU KA? おタバコをお吸いになりますか。” Apakah Anda merokok? Jawab dengan HAI はい (ya) atau IIE いいえ (tidak). Kursi untuk perokok : KITSUEN SEKI 喫煙席. Kursi untuk nonperokok : KIN’EN SEKI 禁煙席.
Pelayan lalu akan mengantarkan Anda ke meja yang kosong dan jumlah kursinya sesuai. “KOCHIRA E DOUZO こちらへどうぞ”, katanya. Silakan lewat sini. Atau “OSEKI NO HOU NI GOANNAI SHIMASU. お席の方にご案内します。” Saya antarkan Anda ke kursi.
Setelah Anda duduk, pelayan akan meletakkan gulungan lap basah untuk menyegarkan wajah atau tangan (disebut ‘oshibori おしぼり’) dan sendok garpu di atas meja, lalu menyodorkan menu sambil berkata, “ME’NYUU O DOUZO メニューをどうぞ。” Silakan menunya.
Dia lalu akan meninggalkan Anda setelah mengatakan, “GOCHUUMON GA OKIMARI DESHITARA, OYOBI KUDASAI. ご注文がお決まりでしたら、お呼びください。” Kalau sudah menentukan pesanan, silakan panggil saya. Anda harus jawab, HAI はい, dong. Sambil mengangguk dan tersenyum. Boleh juga sambil cuek sih. Tapi jangan lupa jawab HAI, daripada dia bingung harus bagaimana menghadapi Anda.
Selanjutnya silakan menguji kemampuan Anda membaca huruf kanji dengan memelototi menu. Ada juga sih restoran yang menyediakan menu bahasa Inggris untuk orang asing tetapi jangan terlalu berharap.
Untuk memanggil pelayan, Anda bisa mengatakan,”SUMIMASEN! すみません。” Atau “SUIMASEN! すいません。” (bahasa percakapan) yang lebih mudah diucapkan.
Cara mudah memesan jika Anda belum bisa membaca menu, Anda bisa menunjuk tulisan atau gambar di menu dengan jari, sambil berkata “KORE, KUDASAI これ、
ください”. Minta ini. Kalau pesannya banyak macamnya, gunakan kata TO と, artinya, dan. KORE TO KORE TO KORE, KUDASAI. (Minta ini dan ini dan ini). Jangan lupa bilang “HITOTSU ひとつ”, kalau pesan satu, “FUTATSU”, kalau pesan dua.
Pelayan akan mengulangi nama dan jumlah semua pesanan Anda. Sambil terakhir menambahkan frase “…DE YOROSHII DESU KA? ーでよろしいですか。” (Apakah sudah betul?). Anda bisa mengoreksi, atau mengiyakan, “HAI. はい。”
Sebelum meninggalkan Anda, pelayan akan mengucapkan, “SHOU SHOU OMACHI KUDASAI. 少々お待ちください。” Silakan tunggu sebentar, katanya.
Sambil meletakkan pesanan Anda di meja, pelayan akan mengatakan, “OMATASE SHIMASHITA. お待たせしました。” Atau, saya telah membuat Anda menunggu. Juga, dia akan menyebutkan nama pesanan satu per satu. Sebelum pergi dia akan bertanya, “GOCHUUMON WA OSOROI DESHOU KA? ご注文はおそろいでしょうか。” (Apakah semua pesanan Anda sudah lengkap?). Kalau Anda bilang, “HAI. はい。”, dia akan mengatakan, “GO YUKKURI DOUZO. ごゆっくり、どうぞ。” (Silakan menikmati dengan santai).
Kalau Anda sudah selesai bersantap, silakan panggil pelayan dengan mengatakan, “SUMIMASEN. KAIKEI ONEGAI SHIMASU. すみません、会計、お願いします。” (Tolong, perhitungannya.).
Tergantung kebijakan restoran, Anda bisa diminta membayar di kasir, atau langsung di meja. Pelayan akan menyebutkan jumlah tagihan, jumlah uang yang diterimanya dari Anda, dan jumlah kembalian yang dia serahkan kepada Anda. Teliti ya, takut salah ‘kali.
Terakhir, tentu saja pelayan akan mengucapkan terima kasih, “ARIGATOU GOZAIMASHITA. ありがとうございました。”
Tidak lupa, “MATA OKOSHI KUDASAIMASE. またお越しくださいませ。” Atau, silakan datang kembali.

Tidak ada komentar: