link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Kamis, 31 Maret 2011

JR Joetsu Shinkansen 300 km melalui Tokyo – Ueno – Omiya – Kumagaya – Honjo-waseda – Takasaki – Jomo-Kogen – Echigo-yuzawa – Urasa – Nagaoka – Tsubame-Sanjo – Niigata.


Jepang #18 - Shinkansen

REP | 30 March 2011 | 08:5467  Nihil

1301450033278688743Sejak kecil, saya suka merhatiin kereta yang lewat di perlintasan. Kalau orang lain kesal karena perjalanannya terhambat kereta yang melintas, saya malah dengan senang menunggu dan menghitung gerbongnya. Berhubung saya anggota keluarga besar yang biasa bepergian pakai mobil, saya baru naik kereta pertama kali setelah duduk di bangku kuliah. Itupun cuma jarak dekat pake kereta Argo Gede Bandung-Jakarta. Kasian ya? Hehehe… Setelah pengalaman Argo Gede, saya coba lagi kereta dengan jarak lebih jauh yaitu Bandung – Semarang pakai Harina. Asyik juga ternyata. Sayangnya saya belum berkesempatan pakai kereta listrik yang buat ke arah Bogor ataupun kereta jenis ekonomi, jadi pengalaman naik kereta saya masih minim. Hobby saya ngeliatin kereta dipuaskan selama tinggal di Jepang, dimana dining hall yang luas itu sejajar dengan perlintasan monorail. Jadi sambil sarapan / makan malam saya bisa lihat siaran langsung kereta lewat tepat dibalik jendela yang lebih gede dari layar XXI, sayang jalannya kecepetan jadi nggak sempet dihitung gerbongnya. :p Kapan ya di Bandung ada monorail? Soalnya udah terbukti di banyak negara, mass rapid transportation ini memang solusi tepat untuk mengangkut banyak orang ke seluruh penjuru kota tanpa macet. Eh, tapi di Bangkok masih macet ding meskipun ada BTS (Bangkok Transport System) Skytrain & Subway. Yah, itu mungkin emang mobilnya aja dah kebanyakan. Hehehe… tapi emang monorail itu convenient banget.
Saat ini, rekor kereta non-konvensional tercepat di dunia dipegang oleh Maglev dengan kecepatan 581 km/jam di track magnetik mengambang, sementara untuk kereta konvensional masih dipegang TGV (Train à Grande Vitesse) -nya Perancis dengan kecepatan 574.8 km/jam. Saya sih belum pernah coba keduanya, tapi kalau kereta ketiga tercepat di dunia, saya sudah pernah. Shinkansen mendapat julukan kereta peluru karena bagian lokomotifnya yang berbentuk seperti peluru, dan kecepatan-nya yang cukup tinggi (sampai dengan 300 km/jam). Pertama kali saya naik Shinkansen dengan rute Nagoya – Tokyo, dengan jarak 342 km yang ditempuh dalam waktu kurang dari dua jam. Jalur JR Tokaido Shinkansen sepanjang 515.4 km ini menghubungkan Shin-Osaka ke Tokyo melalui Kyoto, Maibara, Gifu-hashima, Nagoya, Mikawa-anjo, Toyohashi, Hamamatsu, Kakegawa, Shizuoka, Shin-Fuji, Mishima, Atami, Odawara, Shin Yokohama, dan Shinagawa. Jalur ini terkoneksi dengan tiga macam kereta, yaitu Nozomi (100 menit), Hikari (sekitar 10-20 menit lebih lambat dari Nozomi), dan Kodama (sekitar 3 jam karena stop di setiap stasiun yang dilewati). Jadi ketebak kan, saya pake kereta yang mana? :D Sebenernya kalo mau ngeteng pake kereta lokal yang nyambung-nyambung di tiap stasiun, jatuhnya bisa lebih murah. Tapi berhubung saya harus cepat pindah ke daerah Yokohama, jadi penyandang dana modalin pake Shinkansen, hehehe… Kali kedua pakai shinkansen, saya coba ke Nagaoka untuk mengunjungi seorang professor yang pernah menjadi sponsor pengajuan beasiswa saya. Waktu itu saya sempat ragu karena biaya perjalanan dengan shinkansen mahal sekali dan memakan waktu hampir 2 jam sekali jalan, padahal saya hanya punya waktu satu hari libur lagi sebelum pulang ke Indonesia. Seorang teman baik membelikan tiket Nagaoka – Tokyo untuk saya, jadi saya tinggal beli tiket berangkat Tokyo – Nagaoka. Oya, teman saya ini satu kampus waktu kami ambil S1, yang bersama saya mengajukan beasiswa di salah satu universitas ternama dengan rekomendasi sang professor. Kami berdua sudah dapat acceptance letter dari sana, dia dapat beasiswa sementara saya tidak, hehehe… Anyway, saya sudah cukup bangga pernah ketrima di universitas tersebut. Jalur JR Joetsu Shinkansen sepanjang 300 km melalui Tokyo – Ueno – Omiya – Kumagaya – Honjo-waseda – Takasaki – Jomo-Kogen – Echigo-yuzawa – Urasa – Nagaoka – Tsubame-Sanjo – Niigata. Saya sih nggak sampe ke Niigata, cuma sampe Nagaoka aja. Pemandangannya dari kota, desa, sawah, gunung, cuma kurang laut aja yang ga ada. Saya coba rekam beberapa video pendek, tapi ternyata setelah diputer lagi ga keliatan kerennya pemandangan, secara itu kereta jalannya cepet banget. Cobain deh, ngerekam video dari balik jendela mobil yang sedang ngebut, mungkin kurang lebih hasil yang didapat sama. :D Lain waktu akan saya ceritakan tentang kereta lain di Eropa, seperti TGV (ya, akhirnya saya naik TGV), ICE, dan lain-lain.

Tidak ada komentar: