link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Minggu, 10 April 2011

di Kyoto

Nara - The City of Temples
Bangun pagi di Kyoto dengan kaki sakit. Betis gw pegel banget ga bisa gerak... Padahal udah pengen pipis!! Untung pintu WC nya pas depan pintu kamar gw. Terseok2 jalan ke WC yang jaraknya cuman 3 m berasa 300 m *lebay*

Oia, sebelumnya mau cerita dulu, malemnya dari stasiun Kyoto ke Hostel kita jalan kaki sambil geret koper selama 10 menit!! Mayan jauh. Abis mo naek taxi, petugasnya kagak bisa engrish. Ditunjukkin print-an peta ama alamat hostel, dianya ga bisa baca huruf latin. Yo wislah... kita jalan aja. lebih aman.

Tapi mbak petugas taxi nya ngerasa ga enak ngeliat kita ngeloyor pergi, trus dia nanya apa gitu.... Akhirnya gw bilang "daijobu... daijobu.... we will walk" sambil pake bahasa tarsan lagi... Eh dia bungkuk2 sambil minta maaf, segitunya......


Balik lagi ke acara pagi. Hari kedua, jadwal kita ke Nara. Mau liad kuil2 disono... Liad2 brosur pariwisata nya yang diembat di sta Kyoto kemaren. Kita putuskan naek kereta JR dengan tiket terusan, soale jauh dan rada mahal.

Oke, berangkat jam 9an ke stasiun, mampir di mini market dulu beli sarapan. Gw pengen makan onigiri, tapi ga tau isinya apa... Jadi gw tanya lah pake bahasa tarsan lagi "Gyuu?" sambil nunjuk2 onigiri nya, dia bilang bukan. "Ebi?" bukan juga, Mikir keras gw, mo bilang ikan bahasa jepangnya apaan ya??? Akhirnya nemu juga, "Sakana?" eh dia geleng juga. Trus, gw ditunjukkin yang Sakana yang mana.... Yo wis lah... bia cepet!!

Sampe stasiun kyoto, kita poto2 dulu.... di depan monumen Astro boy!!

Keliatan ga gw nya? eh, Astro boy nya?

Kayakna Tezuka Sensei asalnya dari Kyoto ya? ampe di abadikan sebagai icon Kyoto. Trus poto lagi di depan posternya. Ini poster udah gw taksir dari kemaren...... Cuman ga bisa diembat

Sumpe, Kereeeeeeennn!! *posternya, bukan kita*

Puas poto2, kita langsung cari kereta menuju NARA. Seperti biasa, nanya sama petugas stasiun, ditunjukin lajur berapa. Dan ga lama nunggu, keretanya dateng.

Gedenya pantat gw *ga penting*

Karena berangkatnya udah siang, jadi stasiun udah mayan sepi, dan kita dapet duduk. Kereta ini isinya turis semua... Ada orang China, Bule dan Negro.. Seperti biasa, kita poto2 gantian dalam kereta. Eh, mbak2 dari China nawarin mo motoin kita bareng2....

Saingannya Trio macan

Sesampenya di stasiun Nara, kita jalan menuju tempat kuil2 itu. Wrong Choice!! Nara panas terik! dan jalannya nanjak abis!! So, semua payung dan topi  pun dikeluarkan. Belon juga nyampe kuil terdekat, kita malah liad ada shopping street. Dan beloklah kita ke pertokoan itu.... Hasrat belanja langsung menggelora.... LOL.

Liad toko Kimono, mupeng pengen beli. Tahan diri dulu. Ada toko sovenir juga..... Bimbang gw... Akhirnya gw putusin untuk beli minum aja di vending machine hehehe. Murmer!!

Akhirnya sampe juga kita di Kohfukuji Temple. Kuil Budha yang masuk dalam 'World Heritage' nya UNESCO. Yang pertama2 dilakukan adalah nyari tempat yang jualan omamori. Hiyaaa.... semuanya pake huruf kriting, jarang yang ada tulisan engrish. Yowis, ntar di tempat laen aja deh....

Ga lupa, poto2....
Mmmmm... Pipit sama Sofie, seneng ama binatang. So, mereka beli makanan rusa tus ngasih makan rusa2 yang berkeliaran di kuil itu, sambil ngelus2 mereka.

I am not animal-lover!! *so, gw nyingkir aja deh!!*

Lanjutkan perjalanan ke Todaiji temple. Sebenernya kaki udah ga mau diajak jalan. Tapi mo naek bis juga kayaknya nanggung... *ga mau rugi dot com* Ya udin, jalan aja deh!!...... setengah jam kemudian baru nyampe. Panas terik matahari, jalan nanjak di Nara National Park. Minuman abis 2 botol....

Akhirnya sampe ke Todaiji Temple. Rame banget!! banyak rombongan anak sekolah. dari SD, SMP sampe SMA..... Mereka kayaknya udah mau musim liburan sekolah deh. Jadi ada study tour gitu...

Ini bukan gerbang kuilnya, cuman rumah biasa.
Tapi gw pengen poto aja hehehehe

Banyak toko sovenir di sepanjang jalan, jadi perjalanan terganggu mulu sama adegan belanja. Akhirnya, nyampe juga lah di gerbang kuilnya.

Foto2 gw di Todaiji temple ga ada yang bagus
*mudah2an para fans semua ga kecewa*

Ini kuil juga kuil Budha, isinya patung Budha segede gaban!! ama patung2 shogun dan dewa2 gitu deh. Konon kabarnya ukuran kuil ini cuman 2/3 dari ukuran aslinya *FYI, kuil ini hasil renovasi tahun 1600an* Bujug dah!! berarti aslinya ni kuil gede banged.

Selese liad2 kuil dan belanja, kita ngaso bentar di taman. Ada rombongan anak SMP deket kita, ribut banget. Trus, 1 cewe itu nanya ke gw, pake bahasa
Jepang. Gw kagak ngerti, gw ajak ngomong engrish, dia ga ngerti juga. Trus dia tanya, "Doko?" nah, kalo yang itu gw tau hehehehe....
Gw tanya mereka darimana? mereka bilang "Japan!!". Yey!! kalo itu mah gw juga tau..... pipit nanya "Kyoto?" eh dia bilang "Tokyo".... O pantesan....

Trus temennya nanya "Karey Raisu.... Oishi??" gw senyum trus bilang "Oishii..... Takoyaki Oshii" Eh, dia seneng banget sambil teriak2 manggil temennya!! hehehehehe.... trus rombongan itu dipanggil gurunya deh...

Sambil istirahat, liatin ikan koi di kolam... gede2 booo.... Pipit masih punya makanan rusa, gw pake buat ngasih makan ikan.... Eh rusanya ngambek.. jaket gw di tarik2. Dan gw menjerit histeris!! Deuuuu, segitunya sama rusa aja... gemana kalo ketemu harimau ya??

Lanjutkan perjalanan... Makan siang telat, di stasiun Nara. Bingung milih restoran, bingung milih makanan..... Booo, mo makan aja lama.....

Menu makan siang gw... Rice bowl lagi. Kali ini Beef rice bowl.

Abis makan enak dan kenyang!! *kayaknya gw doyan nih, ama rice bowl* Lanjut perjalanan ke Horyuji Temple, naek Bis. Ternyata Jauh Boooo.....
Jauh banget!! ongkos bisnya aja ampe abis 760 yen. Nyampe sana udah ampir jam 5. Kuilnya udah tutup. kita ga bisa masuk ke dalem...

Ya udin, poto2 diluar aja deh....


Berhubung kuil na udah sepi, jadi........ Langsung bergaya gila2an. yang loncat lah... yang gaya centil lah.....


Keliatan ga, patu baru gw... *ga penting*

Puas poto2, kita pulang... *lagian gerbang2 kuilnya udah mo ditutup ama para biksunya. Yo wis, jalan aja ke halte bus yang tadi. Eh, dijalan nemu vencing machine yang ada gambarnya papi Takuya..... Langsung pengen di poto....

Hikkie... poto ini untuk mu.....

Ampe di halte bus, liat jadwal rute bus.... ga ada satupun yang bisa bawa kita balik ke arah Nara. Lha? piye tha?? Akhirnya kita putusin ke stasiun kereta terdekat aja. Liad peta. Dapetlah stasiun Oji. Kita cari bis nya... Setelah menunggu 20 menit, dateng juga.... Alhamdulillah.... Udah takut ga bisa pulang gw, mana ini tempat jauh dari mana2...

Sampe stasiun Oji, ada super market. liad2 lah kita.... Beli puding mangga harganya 100 yen. Berasa murah.... Pas di kasir, ditanyain mau pake plastik kresek ga?? Gw geleng sambil ngeloyor pergi... *abis cuman beli 1 macem. lagian bisa masuk ditas* Bo... tau2 gw dipanggil2 dan dikejar ama mas kasir... trus gw dikasih duit 2 yen. Bingung gw... ini apaan ya? kembalian? Perasaan harganya 100yen kok. Gw ngasih uang pas kok. Tau2 kejadian yang sama dialamin sofi juga.... Dikejar bo, ama Mas nya buat ngasih duit 2 yen... Akhirnya kita simpulkan kalo harganya 98 yen.

Ga lama gw liat kayak ada leflet gitu yang bilang kalo kita ga minta kresek dari supermarket itu, maka kita dapet diskon 2 yen......
Ooooooo Go Green!!!

Lanjut!! naek kereta ke Kyoto. Ganti di stasiun Osaka. Booo.... kereta penuh banget kayak sarden. Padahal udah jam 9 malem.... Orang2 Jepang pulang kantor jam segini?? Bujug dah!!! Gw udah kepepet ke gencet di deket pintu.
Yo wis, pasrah aja deh... Salah strategi nih!!

Sampe stasiun Kyoto jam 11an. Lagi jalan sambil mikir2 mau makan apa... Tau2 liad tulisan Kyoto Sky garden.... Menarik neh!!
Langsung berubah haluan, ke atas!! Lantai 11. Ini stasiun berapa lantai sebetulnya sih??

Nemuin spot2 lucu dan bagus buat poto2....
Background nya Kyoto Tower


Langsung dijadikan ajang uji coba camera. Kalo mode gini hasilnya gemana... kalo gitu gemana.. kalo pake blits gemana, kalo otomatis gemana... Puas deh gw jadi model....

Kyoto sky garden yang bermandikan cahaya....

Perut udah manggil2 ga tahan..... Akhirnya kita cari makan. Beli Okonomiyaki di restoran Dongburi. Restorannya keliatan mahal dan rame banget. Kita disuruh nunggu, sebelum dapet giliran. pas lagi nunggu, ternyata koki nya cakep2..... masih muda2 dan tinggi2... gw ama pipit ampe toel2an... Alhamdulillah... pas yang dateng ngelayanin kita pas yang cakep. *bukan yang paling cakep sih... tapi dia udah masuk cakep jugalah...*

Sayang, ga ada foto Mas nya, cuman Okonomiyaki nya.... Gomen

Hari kedua sungguh menyenangkan. Ga banyak interaksi ama orang lokal dan ga ada kejadian lucu sih, secara kita perginya ke daerah turis....
Tapi so far...... I am having fun here!!
Masih tertarik menunggu lanjutannya guys?........



Blog EntryHitori BenkyouJun 10, '10 4:36 PM
for everyone
Malam pertama di Jepang, gw nyaris ga bisa tidur.... Jet leg kah? Kayaknya Bukan.Tapi karena Guest-house gw tempatnya dipinggir jalan gede yang ada flyovernya, Jadi berisik banget. Banyak kendaraan2 gede lewat.

Akhirnya gw putusin untuk bangun aja jam 5. Matahari udah muncul, tapi orang2 di guest-house belon ada yang bangun. On-line bentar, Beres2 koper. trus mandi deh.Jam 7, kita mutusin buat keluar, jalan2 keliling lingkungan sekitar sambil poto2

Poto di depan guest house
*Kayak hotel jam2an ga sih??*

Keliling2 seputaran daerah Sakuragawa, masuk combinis *kalo di indo mah namanya Mini Market* Liat brosur konsernya Trio Macan *ehm.... maksudnya 3 voices, sempalanya TOHOSHINKI* yang baru aja konser di Osaka 2 hari sebelumnya. Sesuai saran teman2 langsung di embat aja.....


Ngelanjutin jalan lagi, berbekal peta dan pede.... Nyari2 yang namanya america mura, katanya toko souvenir..... Daaaan, nyasar lah gw. :p

Kebingungan liad peta, nyari america mura

Nanya sana sini, masih kepagian, jarang orang lewat.... dan ternyata masih pada tutup toko2nya. Yo wis deh, nyerah. Balik lagi aja ke guest house.


Dalam perjalanan pulang, gw kagum liad bersihnya sungai di Osaka. Kota
sebesar dan se-crowded ini, masih bisa menjaga kebersihan sungai. ckckckck......
Osaka river *Ga tau namanya apaan*

Trus, kayaknya gw nemu bangunan semacam kuil kecil, langsung pengan poto.
Lagi asyik bergaya, gantian... Kok orang2 pada ngeliatin?? kenapa ya?

Gw curiga, ini bukan kuil deh.... *tapi bodo amad*

Sesuai rencana sebelumnya, kita pun check-out dari guest house, nitipin koper2 kita dan berangkat ke Osaka-jo (Osaka Castle) naek subway.
Perjalanan kali ini lumayan sukses. Cuman sekali nanya ama petugas di stasiun Sakuragawa, di kasih peta subway nya. trus dibilangin suruh ganti kereta dimana. Dan diajarin juga gemana cara beli tiket......
Sukses!!! Sampelah kita ke stasiun Morinomiya. Katanya ini paling deket ama Osaka-jo.

Ternyata jalannya mayan jauh booo.... Nanjak pula.
Ga lama nemu peta Osaka-jo. Seperti biasa poto dulu....

Akhirnya, sampe juga.....

Areee.....??? Ternyata masih jauh juga masuknya. LOL.... Jalan lagi lah kita...
Nanjak lagi.... Hah-heh-hoh terengah2..... Tapi masih tetep poto2 narsis....

Berhubung yang punya kamera pipit, jadi Gw ama Sofi mulu yang dipoto

Ada kejadian lucu, pas di Osaka-jo (Osaka Castle) itu.
Pas kita lagi baca peta sambil diskusi jalur, ada ibu2 yang manggil2 dan mau nunjukin jalan ke Osaka-jo. Kita sih seneng aja, cuman sang ibu itu nyerocos pake bahasa Jepang.... sambil bilang wakaru ?......wakaru ?....
Gw jawab aja "Wakanai" sambil geleng2 hehehehe....

Trus dia tanya "Doko?" Gw jawab Indonesia.... dia bilang "Ah sou....."
Trus dia nyerocos lagi dan muka kita udah bingung sambil pengen ketawa....
Eh dia nunjuk2 ke Gw sambil bilang apa gitu, yang gw tangkep cuman Nihonggo ama Sekuru (mungkin pertanyaannya "bisa bahasa Jepang? belajar dari mana? Sekolah??). Gw bingung trus ku jawab pake bahasa tarsan, kalo bisanya cuman dikit banget!! sambil ngomong "hitori benkyou" (maksudna belajar sendiri) *ngarang dot com*. Eh si ibu ngerti... Dia manggut2 hehehehe

Alhasil dianterin kita ama dia ampe pintu masuk Osaka-jo, dipoto2in juga...

Bergaya narsis ama Pipit

Ga lupa bilang Arigatou Obaa-chan!! sambil bungkuk2 hehehe....
Naeklah kita ke Osaka-jo. Sayang ga boleh poto2. Jadi cuman beli sovenir deh!!

Pulangnya nyobain makan Takoyaki asli Osaka!! *cieee....* Agak beda rasanya, ga kayak yang gw makan di Jakarta. Ga ada mayonaise na


Takoyaki Asli Osaka!! Dijamin!!

Terus, kebingungan cari makan siang. Takut ada babi nya, akhirnya nanya "Chiken?" trus ditunjukin yang ini

Apaan ini namanya?

Udah kenyang, pulanglah kita. Lewat jalur yang laen beda ama pas berangkat.
Tujuannya ke Stasiun Osaka-jo koen. Jalan melingkar lewat utara.
Eh, ketemu cewek jepang ngajak ngomong bahasa Indonesia. Wuih!!! Seneng banget!!. Pernah 1 tahun tinggal di Bali katanya....

Lewat jalan samping nya Osaka-jo Hall, kita liat truck tour nya Koda Kumi.....
Langsung pengen poto aja!! Pas lagi poto2, ada Kakek2 menawarkan diri mo moto-in kita. Sambil nanya tau Koda Kumi ya? (kurang lebih gitu pertanyaannya deh). Kita manggut2.... Trus dia bilang katanya konsernya besok lusa.... Oooooooooo

*makanya V6 konsernya pindah ke Kobe*
Pulangnya, sukses naek kereta JR ke stasiun Namba, ternyata stasiunnya beda ama yang kemaren. Nyari2 potonya Tetsuji ga ada..... Hiks!!
Yo wislah, segera ngambil koper dan berangkat ke Kyoto

Kereta ke Kyoto mulai penuh *mendekati jam pulang kantor soale* Untung masih dapet duduk.

TKW dari Indonesia :p

Cuman pas pindah kereta, udah ga dapet duduk lagi. Alhasil, berdirilah gw selama 45 menit!! Pegel boooo!!!

Nyampe Kyoto jam 7an, pas bubaran kantor... Stasiunnya rame banget dan penuh.
Kebingungan kita geret koper sana sini... nanya petugas, dan ditunjukkin jalan keluar. Sampe Kyoto udah malem...!! Liat Kyoto tower bermandi cahaya...



Blog EntryYokoso KansaiJun 9, '10 7:59 AM
for everyone
Alhamdulillah udah nyampe Osaka kemaren malem, ...
Bandara udah sepi, jadi bisa bebas poto2 ga jelas

Sialnya camera gw tiba2 bertingkah, tau kenapa jadi muncul garis2 gitu...
Sampe penginapannya jam 12 malem. hehehehe..
Soale salah naek kereta, jadi pas transfer di stasiun Namba kita kebanyakan jalan dan kebanyakan nanya... mana koperna gede2 lagi....
Naek turun tangga, bujug dah!!! *pantesan orang jepang kurus2 yeee??*
Kalo dipikir2 lagi mendingan gw jalan aja ke Guest house tanpa harus ganti kereta
*Dr stasiun namba ke guest house kayaknya lebih deket daripada  pindah jalur kereta*

Tapi exciting deh!!
orangnya ramah2 semua, walopun pada ga bisa bahasa inggris.
Gw ngomong inggris, dijawab bahasa jepang hehehehe
Sungguh percakapan yang aneh.

Segitu dulu ntar potona menyusul!! *dari kamera nya pipit, bagus2!!*
Arigatou Gozaimasu!!
Mmmuach!!


Oia lupa, pas di stasiun Namba, Gw seneng banget liad posternya Tetsuji Tamayama segede gaban. ampe deg2an.... *ganteng banget rambutna gondrong kayak di sunao*
Langsung pengen poto aja, cuman berhubung lagi nyeret koper, jadi ga jadi deh...
Maybe next time...
Bang Tetsu, tunggu aku ya...


Blog EntryOmamoriJun 2, '10 5:30 PM
for everyone
Lagi iseng2 browsing omamori, just to get an image of what kind things I'll be looking at Kyoto.Ga sengaja nemu situs ini..... Ga tau lokasi kuilnya dimana, sepertinya bukan di Jepang, tapi mereka jual omamori online....
Well, lumayan bisa buat ancer2 gw.... kalo lagi wisata kuil...


Enmusubi Omamori
To find and maintain the best relationship in life


Gakutoku Omamori
for succesfull studies
Kosazuke Mamori
for family wishing to have a baby
(I think I'll need one for myself)


Dan masih banyak macemnya lagi....
Mudah2 ga ketuker2 ntar pas nyari di kuil....

So, kalian mo yang mana?


 

Blog EntryOtanjoubi OmedetouAug 30, '08 8:23 PM
for everyone
Secara saya (menurut Noeke, sahabat saya) termasuk katagori 'JAPAN FREAK', saya bukan hanya cinta dengan budaya pop Jepang, tapi saya juga sangat tertarik dengan sejarah  kerajaan Jepang dan seluk beluk suksesinya. Terlebih lagi dengan polemik yang beberapa tahun lalu bergulir seputar suksesi dan calon pewaris tahta Jepang. Boleh dibilang saya penasaran dengan suksesi yang berlangsung di Jepang yang mewarisi tahta Seruni yang sudah berumur 200 tahun yang merupakan kerajaan tertua di dunia.
Seperti yang diketahui, bahwa beberapa tahun yang lalu kekaisaran Jepang merasa cemas karena dari semua putra kaisar yang sudah menikah belum ada satu pun yang melahirkan bayi laki-laki. Putra Mahkota Pangeran Hiro (Naruhito) dan Istrinya Putri Masako, baru memiliki 1 orang anak Putri Aiko  yang imut2. Putri Masako ini dikabarkan pernah stress berat karena tekanan dari banyak pihak agar dia segera punya anak laki-laki, sampai merasa perlu berobat ke negeri Belanda segala.
Sampai akhirnya tanggal 6 September 2006, Putri Kiko, istri Pangeran Aya (Akishino)-adik putra mahkota, melahirkan anak ketiganya yang berjenis kelamin Laki-laki. Dan segera ditabalkan sebagai calon pewaris tahta ke empat. Kelahiran cucu keempat ini diharapkan bisa menghentikan polemik yang beredar di kalangan politisi Jepang mengenai sistem kekaisaran Jepang.

Beberapa politisi yang ber'mahdab' konservatif masih mempertahankan supremasi kaisar laki-laki dengan alasan  menjaga kemurnian darah Kaisar *halah*..... Padahal ibu calon kaisar baru adalah seorang rakyat biasa yang ayahnya profesor di Gakushin University. Sedangkan istri Kaisar yang sekarang (Putri Michiko, istri Kaisar Akihito) pun "hanya" putri pemilik pabrik penggilangan gandum terbesar di Jepang, Nisshin.  Jadi kemurnian apa lagi yang diharapkan.

Sementara kubu modernis mendukung diangkatnya kaisar perempuan di masa depan, mengingat pernah ada seorang kaisar perempuan yang memimpin Jepang di masa Dinasti Tokugawa. Lagian hari gini masih mempersoalkan tentang kepemimpinan seorang perempuan. *Nggak banget gitu loh*

Di masa dunia mendorong partisipasi perempuan dalam kehidupan politik, dan Jepang pun sedang gencarnya meningkatkan jumlah perempuan yang terlibat langsung ke panggung politik, rasanya absurd kalo pola pikir ini masih ditemukan.

Hukum kerajaan dan adat istiadat yang berlaku di Jepang, mewajibkan seorang perempuan yang sudah menikah untuk mengabdikan diri sepenuhnya kepada suami dan keluarganya. Hal ini terjadi pada Putri Masako yang sebelum menikah adalah seorang diplomat cemerlang Jepang, sekarang 'hanya' bertugas menemani Pangeran Hiro. Banyak yang beranggapan bahwa Sang Putri berkorban sangat besar dengan menikahi Putra Mahkota.

Sementara itu Putri Yasuko - sepupu Kaisar Akihito kehilangan gelar kebangsawanannya karena menikah dengan  cucu mantan perdana menteri Jepang yang notabene 'cuman' rakyat biasa.

Berbagai wacana tentang kepemimpinan Kaisar Wanita ini, cukup membuat Perdana Menteri Jepang bingung, hingga membentuk tim khusus beranggotakan 10 orang untuk mengkaji peraturan perundang-undangan mengenai hal ini. Tetapi dengan lahirnya Pangeran HISAHITO, polemik ini nampaknya akan berakhir.

Yang bikin saya heran, teknologi kedokteran di dunia dan Jepang kan sudah sangat maju, kenapa tidak memanfaatkannya untuk melakukan rekayasa hingga Putra Mahkota bisa memiliki anak laki-laki (kalo hal itu memang dirasa sangat mendasar).

Eniwei, Otanjoubi omedetou Tenno

Tidak ada komentar: