link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Minggu, 03 April 2011

Canadian Tulip

Tiptoe Through the Tulips - Canadian Tulip Festival 2010
Bejan - Kanada

Merupakan salah satu festival tulip terbesar di dunia. Diselenggarakan setiap bulan Mei di Ottawa, Kanada. Tahun ini The Canadian Tulip Festival  dimulai dari tanggal 7 Mei hingga 24 Mei.
Tema yang diusung adalah "Liberation!" Untuk mengingatkan peranan penting Kanada terhadap kebebasan Belanda di akhir Perang Dunia II, tepatnya 65 tahun yang lalu. Sejak itu diantara kedua negara terjalin kerjasama yang erat, termasuk  terselenggaranya Festival Tulip Kanada ini.

Awal PD II, the Ducth Royal Family – Ratu Wilhelmina, Putri Julianna, dan suaminya Pangeran Bernhard serta kedua putri mereka Beatrix dan Irene terbang ke Inggris. Untuk keselamatan keluarganya, Ratu Wilhelmina memutuskan untuk mengirim putri dan cucunya ke Kanada. Putri Juliana melahirkan putranya yang ketiga Margriet, tahun 1943. Dari tahun 1940 hingga 1945 mereka hidup tentram di Rockcliffe , terkadang ratu Wilhemina dan pangeran Bernard menjenguk mereka. Di akhir perang, Juliana dan Pemerintah Belanda mengirim ribuan umbi Tulip ke Ottawa sebagai ungkapan terimakasih mereka. Julianna naik tahta pada tahun 1948 masih tetap mengirimkan umbi Tulip setiap tahunnya. Donasi ini akhirnya ditangani langsung oleh the Ducth Bulb Growers Association. Belanda tetap memutuskan untuk mengirim umbi Tulip setelah Ratu Julianna wafat di tahun 2004.
Ketika Juliana dan putri-putrinya hidup aman, nyaman, tentram  di Ottawa, tentara Kanada berjuang membebaskan Belanda. Musim Panas 1944, The First Canadian Army sudah menuju Belanda. Pada musim Gugur 1944 berhasil membuka akses ke Pelabuhan Antwerpen, Belgia. Kota Antwerp merupakan kunci untuk mensuplai tentara Aliansi. Dibawah General Harry Crerar terdapat 170.000 tentara Kanada dan prajurit dari beberapa negara dengan jumlah 450.000 pasukan. Lebih dari 7.600 prajurit Kanada gugur sepanjang masa-masa sulit selama sembilan bulan tersebut, untuk membebaskan Belanda.
Ketika pertempuran berakhir, ribuan tentara Kanada di Belanda mulai membangun kembali rumah-rumah, jembatan dan membantu rakyat Belanda untuk memulai kembali kehidupannya.
 

Tahun ini, merupakan perayaan ke 65 berakhirnya PD II, the Canadian Tulip Festival untuk mengenang rasa suka cita yang merasuk kalbu ketika perang di Eropa berakhir.
Festival ini dipusatkan di beberapa tempat, termasuk Major’s Hill Park dan  Commissioners Park. Di Major’s Hill Park pengunjung dapat menikmati bazaar dan makanan international, the Mirror Tent,  serta panggung pertunjukan, Indonesia termasuk yang mengisi bazaar tersebut. Salah satu bintang yang menghibur kali ini  di Mirror Tent adalah Waylon, penyanyi yang pertama kali terkenal di TV show, Holland’s Got Talent. Sedangkan di Commissioners Park sepanjang Dow’s Lake, pengunjung dapat menikmati berbagai warna bunga tulips yang jumlahnya jutaan. Pengunjung juga akan dihibur oleh artis local dan musisi.
Tiptoeing through the tulips Kokiers!
 


 
www.tulipfestival.ca


Foto-foto: Bejan Kanada

Tidak ada komentar: