link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Sabtu, 20 November 2010

Memesan WAJIB Membayar

Waspadai “Open Case : Unpaid Item” di eBay
**kusumawan.com

Bila Anda adalah seorang shopper di eBay, apalagi yang baru gabung, Anda perlu waspada dengan penawaran yang Anda lakukan. eBay memiliki aturan ketat bahwa siapapun yang telah memesan, maka WAJIB hukumnya untuk membayar. Jangan mensimulasikan pembayaran dan memesan hanya untuk sekedar mengetahui total biaya.

Baru-baru ini salah seorang rekan di dunia maya mengalami kasus “unpaid item” di eBay. Dia bingung karena dia memang tidak berminat dengan barang yang telah di klik melalui fitur “Buy it now”, dia hanya ingin membandingkan total harga yang harus dibayarnya. Akhirnya, dia mendapat email “unpaid item” dari eBay.

email ebay

Apa itu unpaid item case dan bagaimana hal tersebut dapat terjadi ?

Unpaid item case adalah suatu peringatan yang diberikan oleh penjual yang menawarkan dagangannya di eBay. Unpaid item case dapat terjadi karena contoh berikut :

example

Contoh diatas terdapat di website eBay, kira-kira artinya adalah sebagai berikut :

Kasus 1 : Conor mencari alat pemanggang di eBay dan ikut menawar dalam lelang. Setelah memenangkan barang, dia baru menyadari bahwa ternyata dia harus membayar biaya pengiriman lebih besar daripada yang dia kira. Dia memutuskan untuk tidak membayar dengan mengabaikan tagihan yang dia terima. Disini Conor telah melanggar peraturan unpaid item eBay.

Kasus 2 : Sarah adalah seorang newbie di eBay dia baru saja melakukan browsing. Dia tertarik dengan semua barang yang dia lihat. Dia melakukan order dengan fitur “buy it now” pada semua barang yang dia lihat. Dia tidak menyadari bahwa dia telah membeli beberapa barang dan wajib untuk membayar. Bila dia memilih untuk tidak membayar, maka dia melanggar peraturan unpaid item eBay.

Kasus 3 : Colin mencari boat baru. Dia mendapatkan beberapa beberapa model yang dia sukai dan melakukan penawaran ke banyak barang. Akhirnya Colin memenangkan dua buah boat, tetapi dia hanya membayar untuk satu boat saja. Colin telah melanggar peraturan unpaid item eBay.

Bila kita telah memesan barang baik melalui lelang maupun fitur “buy it now” maka benda yang kita menangkan akan masuk folder “won”. Dapatkah barang yang telah dipesan/dimenangkan tetapi tidak dikehendaki dihapus dengan klik “delete” ?

won menu

Jawabannya : TIDAK

Tidak seperti penjual online lainnya, eBay tidak mengijinkan kita menghapus begitu saja barang yang kita pilih, oleh karena itu pikirkan baik-baik sebelum Anda memasukkan penawaran atau pesan langsung pake “buy it now”.

Bila Anda sampai terkena unpaid item, apa konsekuensinya? Konsekuensinya adalah anda dapat terkena “unpaid item strike” dari penjual. Dan konsekuensi yang lebih parah, akun Anda di eBay bisa di-suspend seperti keterangan pada gambar pertama diatas.

Bagaimana caranya menghidari strike dari penjual bila terkena kasus “Unpaid Item” ?

Cara satu-satunya yaitu dengan menjelaskan kepada penjual, jelaskan dengan alasan yang jelas dan masuk akal. Gunakan bahasa yang sopan dan memintalah maaf kepada penjual. Bila penjelasan Anda diterima maka penjual bisa membatalkan pemesanan Anda. Karena hanya penjuallah yang bisa membatalkan pesanan. Bila alasan diterima maka pada Resolution Center akan ada keterangan :

closed case

Tetapi bila alasan Anda tidak diterima, bersiap-siaplah untuk membayar bila Anda tidak ingin terkena resiko Account suspended.

Gud Luck dan Selamat Berbelanja !

Tidak ada komentar: