link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Memuat...

Selasa, 01 Januari 2013

Cek, Uji serta Jalankan

Lakukan backup presentasi Anda semaksimal mungkin  di komputer dan di flashdisk Anda. 
Jika Anda sudah pernah melakukannya dalam berbagai presentasi, tetaplah melakukannya dengan mengecek dan menguji serta menjalankan slide Anda untuk membuktikannya.
I care About You,
Dwika






 Tips PowerPoint Dari A Sampai Z
Terjemahan bebas dari materi oleh:
Kathryn Jacobs

PowerPoint Tips from A to Z
by Kathryn Jacobs
PowerPoint Answers

Nyaris semua pembicara akrab dengan alat bantu visual ini. Berikut ini adalah tips, untuk membuat slide PowerPoint menjadi alat bantu visual yang memang membantu Anda, dan bukan sebaliknya, menggantikan Anda. Anda tetap pembicaranya.

AUTOSHAPE
Gunakan berbagai bentuk yang sudah disediakan di dalam paket PowerPoint. Mulai dari tanda panah, si,bol-simbol, garis, kotak, lingkaran dan sebagainya. Gunakan, kustomisasikan, dan jatuh cintalah pada mereka.

BACKGROUNDS
Khusus untuk yang satu ini, upayakan agar background dari slide Anda tampil konsisten. Gunakanlah master slide untuk mensetting background. Background yang selalu diubah dari slide ke slide memang menarik perhatian. Akan tetapi, selain penuh warna-warni, ia juga punya bahaya, yaitu membuat audience Anda terdistraksi dan kesulitan mencerna materi Anda, dan yang lebih berbahaya lagi, mereka akan kesulitan mengasosiasikan topik Anda, materi Anda, dan bahkan diri Anda sebagai pembicara, dengan sesuatu yang bisa membuat mereka ingat kepada Anda. Silde yang didisain dengan benar, bisa menjadi alat asosiasi dari topik kepada diri Anda. Slide yang khusus dan konsisten bisa menjadi alat marketing Anda.

CLIP ART
Gunakan dengan bijak dan relevan.

DISTRIBUTE
Sebarluaskan slide Anda jika mungkin. Anda bisa melakukannya lewat internet, email, milis, atau dalam bentuk CD/DVD, atau apapun cara yang bisa digunakan untuk berbagi ilmu sekaligus memasarkan diri Anda.

EXPLORE dan EKSPERIMEN
Inilah cara terbaik untuk menjadi jagoan dalam membuat slide. Bertanyalah pada pakarnya jika perlu.

FAST SAVES
Matikan fungsi fast save dalam program PowerPoint. Dalam banyak kasus, fungsi ini malah lebih sering merusak dokumen slide Anda.

GIFS
Gambar berformat gif di dalam PowerPoint, dapat diakomodasi untuk menjadikan slide presentasi Anda menjadi lebih menarik. Format gambar ini dapat diolah menjadi animasi (dengan gif animator misalnya) atau diolah menjadi transparan alias tembus pandang untuk menciptakan efek "menyatu" dengan background slide Anda. Fungsi tambahan ini, hanya bisa bekerja untuk Windows 2000 atau WindowsXP atau Office 2003.

HELP
Kunjungilah tempat-tempat di internet di mana Anda bisa memperoleh berbagai disain, template, clip art, atau berbagai tips, trik dan tweak dengan murah dan gratis. Atau Anda juga bisa membeli berbagai buku tentang itu.

INSERT
Jika Anda menggunakan gambar atau suara di dalam slide Anda, jangan lupa untuk meng-INSERT-kannya secara langsung atau inline. Cara ini adalah lebih aman karena semua suara dan gambar itu akan disave menjadi bagian tak terpisahkan dari slide Anda. Jika mau lebih aman, backup semua file gambar dan suara dalam suatu folder tersendiri. Anda mungkin akan memerlukannya saat Anda ingin menunjukkan sesuatu, dan audience hanya melihat slide yang kosong melompong.

JUMP
Berlatihlah untuk memanfaatkan fasilitas jump yang ada dalam PowerPoint Anda. Sekalipun Anda telah mengurutkan slide Anda satu-persatu, dalam kenyataannya Anda akan sering maju-mundur menunjukkan slide Anda. Kebiasaan untuk keluar dari slide ke mode edit, bukanlah sesuatu yang manis dilihat.

Cara yang mudah: Ketik nomor slide lalu tekan enter. Atau, Anda bisa menggunakan tanda-tanda panah yang ada di tampilan slide Anda. Atau, gunakan klik kanan untuk memunculkan menu operasi slide.

KEEP BACKUP
Lakukan backup semaksimal mungkin. Setidaknya di komputer dan di flashdisk Anda. Tidak usah ragu-ragu, kapasitas harddisk dan flashdisk Anda memungkinkannya. Jika Anda sudah pernah melakukannya dalam berbagai presentasi, tetaplah melakukannya dengan mengecek dan menguji serta menjalankan slide Anda untuk membuktikannya.

LINKING FILES
Jika Anda memang harus melakukan link dengan berbagai file lain, yakinkan bahwa file yang di-link memang berada di folder atau direktori yang sama di dalam harddisk Anda.

MOVE
Anda bisa memindah-mindahkan berbagai elemen slide dengan mudah dalam mode outline view atau slide view. Ini bisa mempercepat proses editing yang Anda lakukan.

NOTES VIEW
Elemen ini didisain untuk kepentingan Anda sebagai pembicara. Waspada: Jangan men-save slide Anda saat fungsi ini masih terbuka. Tutup dulu baru save slide Anda. Banyak pengalaman yang menunjukkan bahwa men-save slide dalam keadaan notes view terbuka, ternyata merusak slide.

OUTLINE
Outline berguna untuk memberi struktur untuk slide presentasi Anda. Ini adalah alat navigasi untuk slide Anda.

PLACEHOLDERS
Ini adalah bawaan dari paket PowerPoint Anda. Dalam banyak hal, Anda perlu memodifikasinya. Audience Anda cenderung bisa mengetahui dan melihat, manakala Anda menggunakan format slide yang terlalu standar "dari sononya". Ini bisa menjadikan Anda terkesan malas, setidaknya untuk membuat slide.

QUIT
Saat Anda quit, jangan lupa untuk selalu men-save perubahan dan editing terakhir Anda.

RESIST
Audience Anda hanya perlu slide presentasi yang baik tidak perlu yang "wah". Slide yang terlalu ramai dan riuh-rendah hanya akan memperlambat slide, membuatnya terlalu besar dan menjadikannya sumber masalah. Audience Anda akan terdistraksi dan mengalami resistensi terhadap diri Anda sendiri sebagai sang pembicara, dan lebih parah lagi slide Anda justru tidak bisa digunakan karena rusak akibat terlalu berat dan penuh asesori.

SEND TO WORD
Menu ini dapat ditemukan di dalam menu "File". Dengan menu ini, Anda bisa membuat slide presentasi berformat MS Word. Bisa dipastikan, Anda pasti lebih akrab dengan yang terakhir ini.

TEXTBOXES
Kotak ini adalah tempat Anda meletakkan kata atau kalimat. Setiap perubahan font akan mempengaruhi seluruh kata atau kalimat.

UNDO
Ini untuk memperbaiki kesalahan.

VISIT
Kunjungilah berbagai situs internet untuk selalu mengupdate keahlian Anda membuat slide presentasi, atau untuk mendapatkan berbagai hal yang baru untuk mengisi slide Anda.

W
Ini yang jarang diketahui orang. Menekan tombol "W" akan membuat slide Ada menjadi putih tanpa isi. Ini penting untuk membuat fokus perhatian audience terarah kepada diri Anda dan bukan kepada slide Anda. Menekan tombol "B" akan menjadikan slide Anda hitam dan kosong. Fungsinya sama. Menekan tombol yang sama sekali lagi, akan membuat slide Anda muncul kembali.

X
Tanda silang berwarna merah. Mengindikasikan bahwa slide presentasi Anda bermasalah. Biasa terjadi jika Anda menggunakan sistem operasi Novell.

Y
"Y ot You check the Help function?" Semua pertanyaan dan jawaban ada di sana.

Z
ZZZZZ... Ikuti tips slide presentasi ini, dan audience Anda tidak akan tertidur saat Anda bicara.

Slide presentasi tidak boleh menggantikan Anda saat Anda berbicara. Tidak boleh ada dua fokus perhatian dari audience Anda. Andalah yang terpenting dalam sesi bicara. Tapi ingat, slide juga akan mendongkrak Anda. Dan kegagalan menghandlenya, malah bisa jadi bencana.
QA-Communication

Tidak ada komentar: