link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Kamis, 01 Maret 2012

Order penjualan terbesar


Anda yang masih muda dan baru, telah bisa bertahan selama 25 menit dan berhasil mendapatkan order penjualan terbesar dalam sejarah perusahaan..
be well,
Dwika

BAG 10. KISAH SUKSES SEORANG SALES

**http://g0rby.blog.binusian.org
Charlie baru saja menyelesaikan pelatihan penjualan di perusahaan tempatnnya bekerja. Untuk memastikan Charlie siap melakukan pekerjaannya, CEO memutuskan untuk mempersiapkan dia secara mental. Charlie diminta dating ke kantor CEO. Lalu sang Bos berkata “Saya punya tantangan untuk kamu. Saya ingin kamu pergi ke kantor yang terletak di seberang kantor kita, temui pimpinan disana, dan coba tawarkan produk kita” (Tentu saja pimpinan di kantor seberang adalah teman dari CEO tadi dan sudah di briefing agar menyulitkan Charlie dengan berbagai keberatan).

Bos Charlie mengakatakan, “Pimpinan di kantor seberang adalah orang yang paling besar mulut di wilayah ini. Dia akan menolakmu dengan kata – kata kasar. Tetapi sebenarnnya ia berhati lembut. Jadi kamu hanya perlu mendengarkan mulut besarnnya. ”Dan apa pun yang dikatakannya, Charlie harus menjawab, “Ya Pak, saya mengerti. Ini adalah penawaran kami yang terbaik,dan kami belum pernah memberikan penawaran istimewa dan saya menyarankan bapak untuk menikmati keuntungan yang kami tawarkan dengan melakukan order pada hari ini.”

Charlie diingatkan untuk tetap bersikap positif dan sabar menerima kata – kata kasar yang dilontarkan serta menjawab, “Ya Pak, saya mengerti…” Sang bosmenjamin Charlie bakal mendapatkan order darinnya jika bisa bertahan cukup lama dan tetap sabar serta menjawab “Ya Pak, saya menegerti..” (Sudah tentu sang bos yakin akan hal ini karena ia sudah mengatur skenarionya dengan pimpinan di kantor seberang yang sebenarnnya temannaya sendiri!).
Tapi Charlie tidak tahu sama sekali tentang rencana rahasia ini. Jadi, pergilah ia ke kantor seberang dengan mental yang siap menerima kata – kata makian dan segudang alas an. Walaupun sedikit cemas, Charlie memutuskan untuk tetap tenang dan siap dengan jawaban “Ya Pak, saya mengerti…” —apa pun yang terjadi. Penjualan pasti akan berhasil

Benar saja, begitu Charlie selesai memperkenalkan diri dan menceritakan maksud kedatangannya, pimpinan kantor seberang segera mengeluarkan kata – kata kasar bahwa penawaran ini omong kosong belaka dan cuma buang – buang waktu saja. Charlie mendengarkan secara saksama, dan pada saat dia berhenti untuk mengambil napas, Charlie dengan sabar berkata, “Ya Pak saya mengerti…” Setelah itu, si pimpinan tetap melanjutkan dengan semua keberatannya dan Charlie terus menjawab, “Ya Pak, saya mengerti…” Percakapan bolak – balik ini berlangsung sekitar 20 menit. Charlie tetap berdiri kukuh. Ia menerima semua penghinaan dan keberatan dengan, “Ya pak, saya mengerti…”

Akhirnnya setelah berlangsung selama 25 menit, pimpinan kantor tersebut menyetujui penawaran Charlie dan menandatangani order penawarannya! Charlie sangat gembira. Bangga akan dirinnya sendiri. Ia segera mengucapkan terima kasih dan bersalaman dengan si pimpinan. Begitu keluar dari sana, ia langsung berlari menuju kantornnya. Tanpa mengetuk pintu, Charlie masuk ke ruangan bosnya dan langsung meletakan formulir pesanan yang sudah di tandatangani di depan meja.
Charlie berkata, “Anda benar bos! Ia adalah orang yang paling bermulut besar yang pernah saya temui. Ia melemparkan kata – kata kasar dan berbagai keberatan kepada saya. Dan persis seperti nasihat anda, yang selalu mengatakan, “Ya Pak, saya mengerti….” Charlie berkata lagi, “Lihat bos, saya mendapatkan order! Ini adalah order penjualan terbesar dalam sejarah perusahaan kita!”

Bos Charlie membaca order penjualan tersebut. Ternyata itu memang hasil penjualan yang terbesar dalam sejarah perusahaan tersebut. Ia sangat terkesan. Ia tidak menyangka kalau Charlie bisa mencapai hal sebaik ini. Tapi, saat sang bos melihat nama yang tertera pada order penjualan, ia sangat terkejut sehingga rahangnnya seolah olah jatuh ke lantai. Charlie telah pergi ke prusahaan yang salah dan menemui orang yang salah! Orang itu bukanlah teman dari bos Charlie yang telah di briefing sebelumnnya! Ini adalah nama pimpinan dari perusahaan lain!

Orang tersebut BENAR – BENAR orang yang bermulut besar, kasar dan paling tidak disukai di kota tersebut. Mereka sudah bertahun – tahun mencoba untuk menjual ke orang itu, tetapi tidak seorang salesman yang mampu bertahan lebih dari 5 menit di dalam kantornnya, apalagi berhasil mendapatkan order darinnya!

Meski demikian, Charlie yang masih muda dan baru, telah bisa bertahan selama 25 menit dan berhasil mendapatkan order penjualan terbesar dalam sejarah perusahaan dari orang yang sama

Tidak ada komentar: