link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Kamis, 01 Maret 2012

GIGIH



BAG 6. KEGIGIHAN : TIDAK ADA ORANG YANG GAGAL, MEREKA HANYA BERHENTI MENCOBA

**http://g0rby.blog.binusian.org
Tidak ada sesuatu pun di dunia ini yang dapat menggantikan tempat dari kegigihan.bakat tidak akan mampu,tidak ada yang lebih umum daripada orang – orang berbakat yang mengalami kegagalan.kejeniusan tidak akan mampu,seorang jenius yang tak behasil hampir menjadi sebuah peribahasa.pendidikan tidak akan mampu,dunia ini telah dipenuhi oleh gelandangan berpendidikan.kegigihan dan keteguhan adalahs esuatu yang sangat perkasa.slogan “upayakan terus” telah memecahkan dan akan selalu memecahkan masalah – masalah umat manusia.
-Calvin Coolidge

Baiklah , elu telah melihatnya sekarang. elu telah melihat diri elu sendiri sebagai sosok yang berhasil,membayangkannya,memusatkan perhatian,menggambarkannya,menetapkan tujuan dan merencanakannya.Disinilah tiga persen orang – orang yang akan mencapai kejayaannya ,meninggalkan 97 persen pesaing mereka.inilah yang disebut dengan kegigihan.
Selama elu terus berusaha hari demi hari, elu akan terus menerus menghasilkan kesempatan untuk menjadi sukses pada diri sendiri.kesempatan untuk menjadi besar,menjadi yang terbaik. apabila elu sampai berhenti, elu akan membuang sebuah kesempatan untuk menjadi besar.
Ketika orang – orang pergi bermain seluncur es,banyak yang menilai kecakapan mereka berdasarkan berapa kali mereka jatuh.sebagai contoh , “bagaimana latihanmu hari ini?”.”luar biasa bagus! gw hanya terjatuh sekali.”

Intinya adalah baik dalam permainan seluncur maupun dalam hidup,terjatuh bukanlah ukuran keberhaslan atau kegagalan,karena tidak terjatuh tidaklah sama dengan keberhasilan dan terjatuh tidaklah sama dengan kegagalan.
Terjatuh bukanlah sebuah kegagalan.tidak bangun lagi merupakan sebuah kegagalan.kita telah begitu terbiasa menyamakan keterjatuhan dengan kegagalan sehingga banyak orang yang tidak peduli dengan perbedaan diantara keduanya.
Ketika seorang anak gagal naik kelas,sistem menyatakan bahwa ia gagal.akan tetapi, daripada menyuruh anak tersebut mengulangi kelasnya,sistem di sebagian besar sekolah akan meluluskan anak tersebut ke jenjang berikutnya dengan menyatakan “menurut kami,membiarkan anak ini tidak naik kelas tak akan baik bagi harga dirinya”.
Seorang anak tidak dapat diseut gagal apabila ia tidak lulus ujian pada kesempatan pertama namun masih tetap bersedia untuk terus mencoba dan meraih keberhasilan.
Tentu saja elu mungkin nanya: “bagaimana mungkin elu dapat mengharapkan seorang anak untuk bangkit dan kembali mencoba setelah terjatuh?berapa banyak orang dewasa yang telah melakukan hal seperti itu?”.untuk pertanyaan itu, gw hanya dapat menjawab,”hanya mereka yang sukses yang mampu melakukannya.”.

Aturan baku kesepuluh untuk meraih kesuksesan penjualan
Penjual yang sukses bersifat gigih
Salah satu hal terpenting yang dipahami oleh para penjual yang sukses adalah bahwa ketika seorang klien atau prospek mengatakan tidak pada hari ini,ia hanyalah berarti tidak untuk hari ini saja.itu tidaklah berarti untuk hari yang akan datang,minggu depan atau bulan depan.
Ketika seorang prospek tidak tertarik untuk bertemu elu, tidaklah berarti bahwa mereka tak akan pernah tertarik sama sekali setelahnya.beberapa contohnya adalah:
- Mungkin mereka baru saja melalui sebuah haru yang buruk dan sedang ingin mengatakan tidak pada apapun.
- Mungkin mereka belum menetapkan anggaran dan tidak ingin bertemu dengan siapapun sebelum menyelesaikannya.
- Mungkin mereka telah membeli sesuatu dari orang lain dan elu sedikit terlambat.
Tak satupun dari contoh diatas dapat menghentikan para penjual yang sukses untuk terus berusaha.dalam kasus pertama,telponlah mereka kembali beberapa hari kemudian. gw tau yang elu pikirkan namun percayalah mereka mungkin tak akan ingat elu telan menelpon mereka sebelumnya.
Untuk alasan kedua,cari tau kapan anggaran mereka telah ditetapkan dan telpon mereka kembali setelah itu. gw tau bahwa hail ini terdengar sederhana,namun sudah terlalu banyak penjual yang berpikir bahwa pekerjaan mereka telah berakhir setelah upaya panggilan telepon yang pertama.
Alasan ketiga adalah tempat dimana banyak sekali penjual yang menyerah dan apabila elu juga menyerah elu telah kehilangan kesempatan yang besar.

Petunjuk penjualan
Berikut adalah beberap petunjuk untuk tidak mudah menyerah :
- Kadang elu akan bertemu orang – orang yang bersikap tembok tebal. tak peduli apapun yang elu lakukan,mereka tak akan menjawab bila kita menhubungi mereka sampai mereka berkata “ berhentilah mengganggu gw.”gw suka menggunakan jawaban berikut ini “ kalau elu ingin gw berhenti mengganggu elu, belilah sesuatu dari gw.”jika seseorang tak akan membeli sesuatu dari elu tanpa alasan jelas, elu juga dapat melakukan hal serupa.
- Ketika ada orang berkata pada elu, “berikan no hp elu dan elu akan mengubungi elu bila kami siap.”gunakanlah kalimat “tidak usar repot – repot.”karena ktia tau bahwa banyak kasus dimana mereka tidak akan menelepon kita.
Kegigihan berbicara tentang kemampuan dan kesediaan untuk membuat nama elu dan perusahaan elu tetap segar dalam ingatan klien atau prosepk bahkan ketika elu tidak lagi berada dihadapan mereka ataupun terhubung melalui telepon mereka
Petunjuk mengenai upaya tindak lanjut yang gigih
Berikut adalah tiga buah gagasan bagus yang dapat elu terapkan dengan segera untuk menjaga agar nama elu tak terdengar sebagai sebuah ancaman dihadapan prospek dan klien sekaligus menguntungkan baik bagi elu maupun mereka.

- Newsletter ( lembaran berita)
Dengan kemajuan teknologi dan kemudahan,kenyamanan serta rendahnya biaya penggunaan e-mail,mengirimkan newsletter secara terautr telah menjadi lebih mudah daripada sebelumnya.berikut adalah beberapa gagasan yang dapat elu pikirkan :
1. Jangan jadikan newsletter sebagai iklah untuk produk atau jasa elu.
2. Konsisten.
Kirimkan newsletter elu secara teratur.jangan paksakan dikri elu melakukan sesuatu diluar batas kemampuan.
3. Buatlah newsletter yang singkat dan sederhana,sekitar 250 hingga 500 kata sudahlah cukup.
- Artikel surat kabar dan majalah
Temukan apa yang menjadi kesukaan para klien dan prospek elu,temukan artikel – artikel mengenai subjek tersebut, kumulkan dan kirimkan mereka dengan sebuah catatan tertulis yang menyatakan ,” gw rasa elu akan tertarik dengan artikel ini.”Hal terhebatnya adalah selain menunjukkan perbuat baik, elu sekarang akan memiliki sebuah alasa untuk menelpon.

- Seminar
Seminar bukan hanya sebuah cara hebat untuk menghadirkan elu dihadapan paraklien dan prospek secara positif,seminar juga merupakan cara yang sangat bagus untuk menjual dan menjadikan diri elu sebagai sosok yang sangat penting bagi para klien.sebagai contoh,bridgestone tires wilayah amerika utara melakukan sebagian besar bisnisnya melalui sebuah jaringan agen yang terdiri atas kruang lebih 3000 agen independen.melalui upaya manajemennya,berhasil menciptakan salah satu jaringan agen paling setia didunia.

Tidak ada komentar: