link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Kamis, 01 Maret 2012

Merumuskan sasaran hidup


Tujuan hidup Anda tentu berbeda. Tiap orang mempunyai karunia, talenta dan pekerjaan yang berbeda.
be well,
Dwika


Contoh Sasaran Pribadi
untuk Putra-Putri Indonesia

**putra-putri-indonesia.com
Sangat penting buat Anda dan saya sasaran pribadi. Kita perlu merumuskan apa yang dicapai dalam hidup ini; apa yang akan diraih hari ini, minggu ini, bulan ini, tahun ini, lima tahun mendatang, sepuluh tahun mendatang bahkan sampai akhir hidup kita.
Menuliskan tujuan hidup pribadi memang butuh disiplin. Relatif mudah untuk menghayal, berangan-angan atau menginginkan sesuatu, tapi menuliskannya butuh disiplin. Kita bisa teringat sesuatu ketika ada yang membicarakannya, tapi kita sering gagal menuliskannya. Bahkan sekalipun sudah ditulis, masih sering kita lupa terhadap apa yang kita tulis. Kita terjebak dalam rutinitas kehidupan sehari-hari. Kita melupakan apa tujuan hidup kita. Diperlukan perhatian khusus dan tindakan segera untuk menuliskan apa yang ingin dicapai.

Kita patut bersyukur pada sosok-sosok yang telah membuat istilah yang mudah diingat untuk merumuskan target yang mau dicapai. Istilah SMART misalnya, sangat menolong untuk merumuskan sasaran hidup kita. Untuk me-refresh Anda terhadap istilah ii, saya tuliskan ulang apa yang dimaksud dengan istilah yang sering digunakan di kantor. S adalah singkatan dari‘specific.’ Artinya, sasaran pribadi Anda harus jelas. Tidak mudah mengambil langkah-langkah praktis bila tujuan Anda tidak jelas. Membaca buku misalnya, dapat memberikan ide apa yang akan dilakukan, tapi masih memberikan banyak kemungkinan. Bila sasarannya dipersempit menjadi ‘membaca buku sejarah’- ini memberikan tindakan yang lebih jelas. Ini berarti Anda tidak akan membaca buku Matematika, Fisika, Kimia, Biologi atau buku-buku lain. Membaca buku sejarah Indonesia- ini lebih jelas lagi. Ini bisa berarti Anda membaca buku Menjadi Indonesia, yang ditulis oleh Parakitri T. Simbolon, terbitan Gramedia, yang tebalnya kira-kira 800 halaman.

M adalah singkatan dari measurable. Artinya, sasaran pribadi Anda harus terukur. Itu bisa berupa waktu, kualitas, uang, dan ukuran lainnya sesuai dengan kebutuhan. Mengambil contoh sebelumnya, Anda akan membaca buku Menjadi Indonesia sampai selesai dalam waktu satu bulan.
A adalah singkatan dari aggressive. Artinya, tujuan Anda cukup menantang dan ada perkembangan dalam kurun waktu tertentu. Misalnya, Anda membaca buku Menjadi Indonesia sebanyak 25 halaman setiap hari.
R adalah singkatan dari realistics. Artinya, Anda memiliki waktu untuk membaca 25 halaman setiap hari. Bila Anda mempunyai kesibukan yang sangat banyak- membaca buku sebanyak 25 halaman setiap hari mungkin tidak realistis.
T adalah singkatan dari time-bound. Artinya, tujuan Anda akan dicapai dalam kurun waktu tertentu. Misalnya, Anda selesai membaca buku Menjadi Indonesia dalam waktu satu bulan.
Dengan paparan istilah SMART di atas, Anda mempunyai gambaran tentang bagaimana merumuskan tujuan hidup pribadi Anda.
Berikut adalah 7 sasaran paling penting dalam hidup saya di tahun 2012 ini.


  1. Membaca 60 buku yang terpenting dalam sejarah.
  2. Memelihara dan meningkatkan kasih dan menyisihkan waktu minimum satu jam secara teratur untuk keluarga (isteri dan anak).
  3. Menyisihkan satu jam setiap hari untuk membaca buku penting lainnya sekaligus membuat catatan dari yang dibaca.
  4. Mempublikasikan minimum 30 tulisan di situs pribadi sebelum 31 Desember 2012.
  5. Melakukan 2 pelatihan publik setiap bulan.
  6. Konsisten memberikan donasi kepada institusi-institusi dan lembaga-lembaga yang bertujuan meningkatkan pengembangan sumber daya manusia.
  7. Meningkatkan status rumah dari hak guna bangunan menjadi hak milik.
Itulah contoh sasaran pribadi, yang bisa Anda kembangkan sesuai dengan kondisi Anda pribadi. Tujuan hidup Anda tentu berbeda dengan saya. Tiap orang mempunyai karunia, talenta dan pekerjaan yang berbeda.

 
Renungan:
  1. Sisihkanlah waktu Anda untuk merumuskan paling tidak 5 hal terpenting untuk Anda capai di tahun ini.
  2. Tulislah apa yang ingin Anda capai tahun ini dalam satu buku khusus agar Anda dapat meninjaunya setiap bulan, tiga bulan, enam bulan dan tahun.
  3. Berdoalah agar Tuhan yang Maha Esa memberi kekuatan kepada Anda untuk mencapai tujuan Anda pada tahun ini.

Tidak ada komentar: