by Dwika Sudrajat on Wednesday, December 22, 2010 at 12:12pm ·

Perbaiki lifestyle Anda. Anda ADVANCED bila bisa menabung minimal 30% dari pendapatan. Turunkanlah lifestyle memakai kiat-kiat di bawah ini.
be well,
Dwika



Tips Menghemat Pengeluaran
by FEBRIE

Tahukah anda, menurut buku keuangan yang gw baca, setoran tabungan itu MINIMAL 10% dari total pendapatan kita (bila bekerja, gabungkan pendapatan istri dan suami). Kalau sudah bisa menabung 30% atau lebih dari total pendapatan maka anda sudah tergolong ADVANCED (bahasa Indonesianya : canggihlah).

Waktu single sih menabung rasanya lumayan gampang ya wong uang masih buat diri sendiri, tapi kalau sudah berkeluarga? Hmmm..udah mulai ribet tuh. Dan kalau sudah punya anak??? Weleh2..muncul sulitnya. Dan kalau anaknya banyaaak??? Wadow, musti jago banget ngatur anggaran.

Nah berikut ada sedikit tips (pengalaman pribadi nih) bagaimana caranya mengatur pengeluaran versi gw, Febrie Ekaninggarani. Ini tips yang udah gw jalankan dan terbukti memangkas pengeluaran keluarga gw hingga kami bisa menabung sesuai target yang diinginkan :D .

   1. Kembalilah ke jaman baheula. Buat pos2 anggaran dengan sistem amplop. U’ll need it, believe me. Gw tiap bulan buat anggaran. Setelah gw pake sistem amplop which means U have to save the money in cash, jumlah yang gw tabungkan menjadi lebih banyak.
   2. Buat pos pengeluaran secara mendetil, misal : Pos Belanja ke Pasar. Pos Belanja ke Indomaret. Pos Buat Anak. Pos buat Pribadi Istri. Pos Pribadi Suami. Pos Rekreasi. Pos Arisan. Dll. Apa gunanya? Gunanya adalah agar duitnya ga tercampur2. Kebayang kan kalo lo menggabungkan pos pribadi lo dengan suami. Lo udah belanja buanyyaak, eh suami lo baru belanja dikit, padahal duitnya udah habis. Terus? Suami ngambek, terus? Akhirnya kepaksa pake uang tabungan deh biar muka suami ceria lagi :p.
   3. Ambil uang dari amplop, kalo bersisa balikin lagi ke amplop. Jangan diendapkan di dompet, korupsi itu namanya, wkwkwk. Percaya deh, dengan begini lo akan terlatih untuk berusaha mencukupkan uang lo dengan kebutuhan.
   4. Usahakan jangan berbelanja pake debit card apalagi credit card. Fungsikan si credit card ini untuk hal2 yang mendesak saja. Kalau lo keasikan belanja belinji en nyicil pake credit card, dan melupakan fungsinya utamanya, mesti deh tiap bulan tagihannya naik terus. Lagian credit card itu penggunaannya ga pake pin loh. Siapapun yg nyopet dompet lo, bisa pake credit card lo. Wah kicau beliau deh. Hampir bisa diitung dengan jarilah kasir yang mau bandingin ttd si pemegang kartu dengan ttd di credit card.
   5. Belanja yang butuh, bukan yang ingin. Basi ni ya, tapi walo basi kok masih menjamur nih pola kayak gini? Ada cerita nih, gw kemaren lagi butuh sandal. Pas lagi cari2 di Margo City, eh sepatu Kickers lagi diskon bo. Model keren plus warnanya gw belon punya. Tapi kemudian gw tanya ke diri gw lagi : kalo gw beli sepatu, apakah berarti gw ga beli sandal? Engga!! Gw akan tetap beli sandal wong emang sandal yg gw butuhkan. Jadi apa pentingnya sepatu?? Akhirnya dengan yakin gw tinggalkan tuh outlet.
   6. Buat piggy bank. Piggy bank ga selalu identik dengan uang receh lo. Dari buku yang gw baca, lo bisa kok menabung uang 10 rebu or 20 rebu ke sana. Buat niat dalam ati, “setiap gw punya uang lembaran 10 rebu, akan gw masukin ke celengan.” Setelah agak berapa bulan, lo akan kaget tu celengan udah banyak aj isinya. Lumayan buat ditabung, atau dibelikan barang yang lo idam2kan.
   7. Bawa bekal kalo ngantor. Gw sangat amat menyukai bekal. Dimana kurangnya coba? Sudahlah pasti lebih bersih, lauknya sesuai keinginan, jauh lebih hemat pula.
   8. Ikut arisan. Sekalian menjaga silaturahim, duit juga kesimpen. Asal pas terima duit, jangan dihabisin semua, lah buat apa lo ikutan arisaaan!!! Minimal sisakan 30%nya buat disimpan :)
   9. Carilah hobi yang tidak menghabiskan biaya. Lo hobi jalan kaki? T.O.P banget tuh, sehat, hemat, juga ga bikin polusi. Si Pasha Ungu emang dikaruniai duit banyak jadi wajar aj dia punya hobi naik moge (1 moge aj 250 juta, gile - harga rumah tuh), tapi kita kan engga L.
  10. Jangan membeli barang yang lo inginkan di saat itu juga. Ingin baju baru? Coba tunda belinya di bulan depan. Buat benda yang agak mahalan, mending dibikin listnya. Biar tetap fokus. Ntar listnya HP belinya malah kamera. Udah gitu karena emang butuh HP, akhirnya beli HP juga. Yah, dobel2 deh pengeluarannya.
  11. Perbaiki lifestyle. Seperti yang gw bilang di atas, si ADVANCED akan bisa menabung minimal 30% dari pendapatannya. Nah lo tetapin aj berapa persen setoran tabungan perbulan yang lo pengen. Misalnya 20%. Ternyata di akhir bulan, itupun dengan susah payah, lo Cuma bisa menabung 15% dari total pendapatan lo. Itu artinya lifestyle lo masih terlalu tiggi. Turunkanlah pake kiat2 di atas. Ibaratnya gini aj deh : kalo emang pendapatan lo ga mendukung untuk punya mobil Fortuner, ya belilah mobil Avanza. Gampang aj kan?
  12. Pilih barang yang bagus, bukan barang yang mahal. Ini nih yang suka bikin rancu. Yang lo beli itu kualitas, bukan merek. Orang sering bilang, yaah harga berbanding lurus dengan kulitas. Ga salah sih, tapi juga tidak selalu benar. Contoh aj sekolah. Gw SMP di Sumatra, SPP cuma 30 rebu, ga selevellah mah sekolah di ibukota. Waktu SMA gw pindah ke sekolah yang jauh2 lebih mahal, jauh2 lebih elit di Jawa. SPPnya aj 1 juta (untung beasiswa :p) tapi apa, kualitasnya tidak lebih bagus daripada sekolah gw di Pekanbaru. Jadi buat para orang tua, hati2lah menyekolahkan anak. Jangan terlalu memanjakan anak dengan fasilitas.
  13. Biasakan membuat list tiap kali berbelanja. Dan agar efisien dalam artian tidak bolak balik nyari barangnya (Carrefour kan luas juga tuh), ingatlah2 susunan rak belanja. Buat list berdasarkan susunan rak tsb.
  14. Berbelanja bulanan. Lebih hemat waktu, hemat energi, dan hemat uang. Cara berbelanja seperti ini akan mencegah lo untuk membeli barang2 yang tidak lo perlukan semacam camilan, mainan, dan benda2 ga penting yang awalnya tidak ada dalam list belanja lo.
  15. Ikut asuransi mobil yang TLO aj. Asuransi mobil TLO (Total Lost Only) sangat murah, paling cuma 100-200rebu/ bulan tergantung mobilnya. Bandingkan jika lo ambil yg allrisk. Itu bisa 3x lipatnya. Padahal seberapa sering sih lo rusakin bodi mobil? Kalo dalam setahun mobil lo mulus2 aj, lo udah ngeluarin uang hampir 2.5 juta sia2. Mending lo tetap sisihkan uang tiap bulan tapi taruh di tabungan aj. Jadi kalo ada apa2 tinggal ambil. Ini yang namanya dana darurat.
  16. Carilah rezeki yang halal, tunaikan zakat, dan perbanyak sedekah. Poin penting dan engga boleh lupa!!

Sekian dulu tips dari gw. Ada yang mau menambahkan? ? Gw yakin tiap orang mesti punya kiat yang berbeda dan sama efektifnya. Selamat berhemat!!
 ·  ·  · Share · Delete