link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Jumat, 08 April 2011

Tiket MRT

June 10th, 2010 @ novrand // 2 Comments
Tiket MRT Untuk dapat menggunakan kereta MRT atau Mass Rapid Transit di Singapura harus menggunakan tiket elektronik. Tiket ini akan digunakan pada pintu masuk elektronik MRT dengan cara menempelkan atau tapping pada tempat yang sudah disediakan. Setelah tiket ditempelkan maka saldo pada tiket akan otomatis berkurang dan pintu akan terbuka.
Berikut ini adalah gambar pintu masuk mrt

Untuk memasuki pintu perhatikan tanda lampu pada pintu, jangan sampai salah masuk pada pintu keluar. Seperti trafic light terdapat lampu hijau dan merah untuk membedakan. Untuk yang membawa kereta bayi, troller atau kursi roda dapat melalui pintu masuk yang lebih besar.
Ada dua macam tiket MRT yaitu tiket yang digunakan hanya sekali pakai atau single trip dan ada juga yang dapat diisi ulang atau dengan kartu EZ Link.

Kartu EZ Link merupakan kartu smart card contactless yang menggunakan solusi dari Sony Felica. Jenis kartu ini mulai digunakan sejak tahun 2007 yang menggantikan sistem kartu magnetik dan sudah digunakan oleh 10 juta orang lebih dengan
4 juta transaksi setiap harinya. Untuk membeli kartu ini dapat dilakukan di loket tiket atau Passenger Service pada stasiun MRT, dengan pecahan nilai $5, $10, dan $15. Dengan $5 merupakan non refundable sebagai pengganti biaya kartu. Kartu ini dapat digunakan sampai 10 tahun. Keuntungan penggunaan jenis kartu ini adalah praktis. Karena setiap akan keluar masuk MRT kita tinggal tapping kartu ke pintu masuk dan tidak perlu antri beli tiket di mesin GTM atau General Ticketing Machine. Namun, jangan karena keasyikan keluar masuk sampai lupa isi ulang kartu. Sisa deposit akan ketahuan pada saat melakukan tapping (menempelkan) pada pintu masuk. Kalau ada kelebihan, pasti ada kekurangannya :D . Kekurangannya yaitu kalau kita memasuki pintu masuk MRT maka saldo kartu akan diambil dengan jarak terjauh atau paling mahal. Tentunya harus punya saldo kartu yang cukup. Begitu keluar dengan jarak yang dekat, maka saldo sisanya akan dikembalikan pada waktu tapping di pintu keluar. Nah, kalau terjadi gagal tapping maka akan dikenakan biaya terjauh.
Kartu Single Trip atau Standard Ticket dapat digunakan sekali perjalanan. Kalau tidak terburu buru dengan perjalanan selama di Singapura, menggunakan jenis kartu ini juga cukup mengasyikkan. Harga tiket MRT rata rata antara $1-$3, harga tersebut tergantung jarak yang dipilih. Setiap pembelian tiket akan selalu ditambahkan biaya deposit kartu sebesar $1. Deposit ini akan dapat diambil kembali pada saat keluar di mesin GTM juga. Karena untuk pembelian tiket dengan pilihan denominasi yang kecil ini maka selalu siapkan pecahan uang yang kecil pula. Kan tidak mungkin kita beli tiket seharga $2 tapi dimasukkan uang kertas $100. Kalau diterima oleh mesin GTM nya maka kembalian akan berupa uang koin $1 an dengan cukup banyak :P . Kantong bisa bisa menjadi tebal. Ya kalau baru datang dari Bandara Changi atau Pelabuhan Harbourfront dan masih memegang pecahan besar, ya belanja belanja dulu buat mecahin uang :D .

Tahapan atau cara pembelian tiket MRT pada mesin GTM :
1. Siapkan uang dengan pecahan kecil ( ya tentu saja, memang pakai daun ), sebenarnya bisa juga pakai kartu kredit. Siapa yang sudah mencoba ?
2. Pilih menu “buy standard ticket” pada layar dengan memijit layar.
3. Pilih tujuan stasiun pemberhentian dengan memijit peta pada sebelah layar
4. Pilih jumlah tiket yang akan dibeli
5. Masukkan uang ke tempat yang sesuai, misalnya koin dan uang kertas
6. Tiket dan uang kembalian akan keluar
Setelah keluar dari stasiun pemberhentian, untuk tiket yang Standard dapat mengambil deposit $1 pada mesin GTM juga. Untuk melakukan pengambilan deposit atau refund dapat memilih menu “Refund Ticket”.

Tidak ada komentar: