link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Rabu, 09 Februari 2011

Bangkok (hari pertama)

Pesona kota Bangkok (hari pertama)

January 13, 2011
Alhamdulillah pada awal tahun 2011, saya berkesempatan mengunjungi kota Bangkok, Thailand, selama 5 hari. Terus terang saya memang tertarik dengan kota ini. Karena menurut rekan-rekan saya yang sudah pernah mengunjungi Bangkok, kota ini cukup nyaman dan layak untuk dikunjungi.
Oya, ada sedikit cerita mengenai passport temen saya, mudah-mudahan bisa menjadi pelajaran untuk kita semua. Salah satu rekan seperjalanan kami, sebut saja pak D, ternyata passportnya akan habis dalam 5 bulan kedepan. Hal ini diketahui oleh petugas Garuda (maskapai yang kami gunakan), ketika kami cek in di counter Garuda. Menurut dia, beberapa negara, termasuk singapura dan thailand, biasanya membatasi masa berlaku passport turis yang akan datang mengunjungi negara tersebut, minimal 6 bulan kedepan passportnya belum habis masa berlakunya. Oleh sang petugas, rekan kami diminta membuat surat pernyataan yang menyatakan bila terjadi apa-apa (misalnya ditolak masuk thailand dan diminta pulang kembali ke jakarta oleh imigrasi thailand), resiko akan ditanggung sendiri. Akhirnya rekan saya tersebut setuju membuat surat pernyataan tersebut. Tidak hanya disitu, saat diimigrasi bandara soekarno hatta, petugas imigrasi menyatakan hal yang sama. Pelajaran yang bisa diambil adalah, bila kita ingin bepergian keluar negeri, usahakan masa berlaku passport kita tidak kurang dari 6 bulan.
Syukurnya ketika kami sampai dithailand, bandara suvarnabhumi, petugas imigrasi disana tidak mempermasalahkan passport teman saya tersebut. Alhamdulillah, kami lancar melewati imigrasi di bandara thailand. Tak disangka, ternyata bandara internasional Bangkok, suvarnabhumi, sungguh mengagumkan. Lebih megah dan teratur dibandingkan bandara Soekarno Hatta di Jakarta. Saya langsung membandingkannya dengan bandara Changi di Singapura. Memang Changi lebih modern dan ramai dibandingkan dengan suvarnabhumi, tetapi mengingat Thailand merupakan negara yang masih berkembang, keberadaan bandara semegah dan seteratur ini cukup mengejutkan (setidaknya bagi saya).
Kami sudah diatur sebelumnya, saya dan rekan-rekan sekerja dari Jakarta (rombongan kami berjumlah 4 orang), langsung menuju tempat penjemputan yang sudah ditentukan oleh pihak Hotel. Kebetulan kami menginap di hotel FuramaXclusive, yang terletak di jalan Sukhumvit (dekat stasiun kereta api yang diatas tanah/sky train) Asok. Hotelnya cukup bagus, dengan rate kamar yang tidak begitu mahal, sekitar 2.750 bath per malam (double bad). Karena saya dan rekan saya (pak A) sekamar, lumayanlah menghemat. Sehingga sebagian uang allowance dari kantor bisa dipake buat beli oleh-oleh.
Begitu sampai, kami langsung jalan-jalan ke pusat perbelanjaan disekitar hotel kami, yaitu Siam Center, Siam Paragon dan Siam Discovery dan MBK. Siam Paragon merupakan mal yang sangat luas dan modern. Kl dijakarta, mungkin bisa dipadankan dengan Plaza Senayan atau Senayan City. Terus terang saya nggak begitu suka mal, jadi menurut saya sih, Siam Paragon mal biasa saja. Siam Center juga mal, tetapi ukurannya tidak terlalu besar. Oya, diantara Siam Paragon dan Siam Center terdapat air mancur yang cukup luas. Cukup indah.
Yang paling menarik adalah Madame Tussaud, yang berada dilantai 6 Siam Discovery. Bagi yang sudah pernah berkesempatan ke Prancis, mungkin sudah pernah mengunjungi Madame Tussaud disana. Tiket masuknya cukup mahal, menurut saya, yaitu 800 bath. Saat itu sedang ada promosi untuk warga Thailand atau warga asing yang memiliki working permit di Thailand. Bisa menikmati keindahan Madame Tussaud dengan harga tiket 600 bath. Disana terdapat replika dari orang-orang terkenal, dari negarawan (Barrack Obama, Ratu Elizabeth 2), atlet olah raga (steven gerard, ronaldinho, tiger woods, yao ming), ilmuan (albert einstein), penyanyi (beyonce, michael jakson, tata young) serta selebriti dunia (leonardo di caprio, bradd pitt, angenina jolie, will smith).

Tidak ada komentar: