link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Sabtu, 18 Juni 2011

Java heap space


Increasing JVM memory allocation for Tomcat 6

 
Rate This

Pernah mengalami error seperti ini:
1java.lang.OutOfMemoryError: Java heap space
Kalau anda cari secara plain ke Paman google, pasti hasil yang anda temui adalah karena memory pada JVM yang kurang besar. Solusi untuk permasalahan seperti ada banyak, contohnya: membagi file yang ditransfer agar lebih kecil, solusi yang kedua adalah memperbesar memory allocation untuk JVM.
Jika aplikasi anda adalah Desktop Base, maka caranya relatif mudah, cukup menambahkan -Xms dan -Xmx pada saat me-run aplikasi:
1java -Xms[memory size] -Xmx[memory size] className
-Xms menunjukkan minimum memory location yang digunakan.
-Xmx menunjukkan maximum memory location yang digunakan.
Contoh penggunaannya:
1java -Xms128m -Xmx1024m andreas
Contoh di atas menjalankan file andreas dengan minimum memory di JVM 128 MB dan maksimum memory-nya 1 GB.
Lalu bagaimana untuk aplikasi Web-base? Bagaimana caranya? Karena aplikasi berjalan di atas sebuah Web server maka sangat jelas, kalau memory JVM si Web server inilah yang harus diperbesar.
Bagi pengguna Apache Tomcat Versi 6, caranya relatif mudah. Cukup menambahkan variable CATALINA_OPTS pada system environment. Value yang perlu diisikan cukup seperti ini:
1-Xms128m -Xmx1024m
See. It’s very simple. Silahkan anda sekalian untuk mencobanya.

Be the first to like this post.

4 THOUGHTS ON “INCREASING JVM MEMORY ALLOCATION FOR TOMCAT 6

  1. Waktu di compilenya di include juga lib external nya. Kalo bingung, ya udah masukin aja jar file nya di lib nya Tomcat, nanti dia jalan kok. :p
    Tapi not recommended buat cara yang kedua. It’s a stupid way. :)
  2. mas boleh tanyakah ..
    bagaimanakah(command) untuk mengetahui besar penggunaan memory yang sedang dipakai oleh java sendiri, terima kasih atas jawabannya
  3. Kalau comment dari command prompt mah nggak ada. Kamu bisa bikin class sendiri untuk nge-check berapa memory yang digunakan. Referensi nya ini nih:http://viralpatel.net/blogs/2009/01/jvm-java-increase-heap-size-setting-heap-size-jvm-heap.html
    Atau kalau belum diapa2in – bisa ngeliat ini :http://publib.boulder.ibm.com/infocenter/realtime/v2r0/index.jsp?topic=/com.ibm.softrt.doc/diag/appendixes/defaults.html untuk nilai Default JVM yang digunain.

Tidak ada komentar: