link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Sabtu, 18 Juni 2011

Java heap space 2

Heap size pada Java

Posted under komputer oleh pringgondani on Senin 8 Nopember 2010 at 11:43
Ada sebuah kasus ketika saya mencoba generate report menggunakan jasper report dan keluar lah error :
“java.lang.OutOfMemoryError: Java heap space”
wow, saya sangat tertarik ketika menemukan error baru yang belum saya temui sebelumnya.
Bahasa yang saya gunakan adalah java, database menggunakan microsoft SQL server 2005, operating system windows XP pro 32 bit dan menggunakan apache tomcat sebagai server.
usut punya usut ternyata error tersebut karena aplikasi tersebut memerlukan heap size yang lebih banyak dari alokasi default yang sebesar 128 mb atau mungkin juga karena tidak efisiennya penggunaan memory.
Heap size sendiri bisa diartikan sebagai memory penyimpanan sementara pada JVM yang menangani ketika objek baru dibuat. Jika objek baru yang dibuat melebihi heap size, maka hal ini akan menimbulkan error “memoryOutof Bound”.
Jika anda memerlukan memory yang melebihi default (128 mb), anda harus menggunakan command line -Xms dan -Xmx ketika launching program anda : java -Xms -Xmx .
perintah tersebut ditambahkan pada Catalina.sh untuk pengguna Linux atau Catalina.bat untuk pengguna Windows yang ada di LOKASI_TOMCAT\bin\
default yang tertulis adalah java -Xms32m -Xmx128m
java -Xms -Xmx .
Sebagai contoh, tambahkan data berikut setelah baris komentar yang ada di file :
CATALINA_OPTS=”-Xms256m -Xmx512m”;
Menurut sun microsystem bahwa heap size maksimum yang dianjurkan adalah 1/4 dari memory fisik yang digunakan dan heap size minimum adalah 1/64 memory fisik.
pringgondani

Tidak ada komentar: