link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Minggu, 15 Mei 2011

Menjual atau menggadaikannya


Apakah Ada Investasi Yang Lebih Menguntungkan Daripada Emas?

by:   purwo 
Pasti ada dong, investasi di sektor riil atau tepatnya berbisnis. Ya, bisnis yang sukses terbukti menghasilkan tingkat pengembalian yang berlipat-lipat daripada investasi emas atau rupiah.
Berikut petikan perbandingan investasi rupiah, dinar dan menanam pohon yang saya ambil dari website geraidinar.com:
Dengan asumsi sejumlah uang yang sama Rp 38.5 juta tahun 2001; diinvestasikan ke deposito Rupiah; dibelikan Dinar kemudian di qiradkan dan ketiga dipakai menanam pohon ; maka hasilnya dalam Rupiah adalah sebagai berikut.
Uang yang ditaruh deposito sejak tahun 2001 tersebut (asumsi hasil bersih rata-rata 6%/tahun) , saat ini telah menjadi Rp 58 juta.
Uang yang dibelikan Dinar dan diQiradkan (asumsi hasil bersih 4%/tahun), saat ini telah menjadi Rp 151.32 juta.
Uang yang dipakai untuk menanam pohon (asumsi kinerjanya mengikuti  Gunung Ringgit), saat ini teah menjadi Rp 1.35 Milyar !
Artinya, dari kaca mata Rupiah – investasi Qirad Dinar dapat memberikan hasil 3 x lebih baik dari yang bisa diberikan oleh Deposito. Tetapi jauh lebih baik lagi investasi di sektor riil yang dalam contoh ini dapat memberikan hasil yang hampir 9 kali lebih baik dari Investasi Qirad Dinar.
Nah bagaimana sekarang kalau kita ganti timbangannya dengan timbangan yang bener, bukan uang kertas tetapi Dinar
Uang Rp 38.5 juta tahun 2001 adalah setara dengan 100 Dinar; Apabila uang ini dipertahankan dalam rupiah dan didepositokan; maka uang ini sekarang menjadi Rp 58 juta tetapi hanya setara 50 Dinar!
Uang yang dibelikan Dinar menjadi 100 Dinar (2001); dan diQiradkan, maka saat ini uang tersebut telah menjadi 132 Dinar.
Uang yang sama yang dipakai menanam pohon; maka pohon-pohon tersebut saat ini telah menjadi 1,174 Dinar !
Jadi apa pilihan investasi kita ?…tentu pilihan utamanya adalah sektor riil seperti menanam pohon ini. Tetapi ini ada syaratnya yaitu apabila kita punya seluruh keahlian yang dibutuhkan dan juga siap menanggung risiko-risiko yang harus dihadapi.
Kalau kita belum siap dengan berbagai keahlian yang dipersyaratkan untuk usaha yang akan kita tekuni, dan kita belum siap menanggung risikonya – maka investasi di Dinar (khususnya dalam bentuk Qirad) adalah pilihannya.
Termasuk di dalamnya investasi di property, baru siang ini buku Property Cash Machine hasil karya rekan kita di TDA bapak Joe Hartanto tiba di rumah saya, isinya sangat bagus. Investasi property berbeda dengan jenis investas lain, kalau kita ingin mendapatkan uang dari investasi emas tiada cara lain kecuali menjual atau menggadaikannya, berbeda dengan property dimana kita bisa mendapatkan uang dari cash flow bulanan atau dengan refinancing yaitu mengajukan pendanaan ulang ke bank.

Tidak ada komentar: