link: Mananging Consultant

Pittsburgh

Akhir Pekan di Pittsburgh dan Cleveland
Phie-Midstate dan Nieky-Ohio

Halooo Kokiers around the world...apa kabar semuanya? Semoga semua selalu dalam keadaan sehat dan sejahtera ya.
Sudah lama banget tidak nulis di Koki, tidak ada ide aja kecuali sharing nulis resep dan foto-foto di album Facebook saja hehehe...

Sebelum musim panas berakhir tahun ini saya memang berniat melakukan perjalanan ke luar kota lagi, mumpung udara masih cerah jadi enak buat jalan-jalan dan cuci mata. Setelah tertunda beberapa kali akhirnya saya dan bapaknya Embem memutuskan ke Pittsburgh, PA dan sekalian mampir ke tempat mpok Nieky yang ada di state sebelah tidak jauh dari kota Pittsburgh.
Waktu sudah dapat kepastian booking hotel di Pittsburgh saya kontak si mpok kalau dua minggu lagi kami mau berkunjung dan doi setuju untuk ketemuan sekalian titip belanjaan dari toko Vietnam langganan saya karena di kota saya emang lengkap banget bumbu-bumbu Indonesianya. Sebenarnya kenal mpok Nieky sih udah dari awal tahun lalu, malah si mpok yang baik hati ini tahun lalu waktu mudik nawarin ngebawain titipan minyak telon dan gelang kaki buat si Embem dari mama saya di kampung. Jadilah selama ini kami ‘berbisnis’ titipan, saya nitip paket dan dia nitip bumbu-bumbu dari kota saya hehehe...pertama sih dulu mpok Nieky nyari minyak tawon yang apesnya di tempat saya tidak ada juga, akhirnya dia pake sarung tinju sebagai solusi berkebun tanpa digigit serangga hihihi....
Waktu sebelum ke Pittsburgh dia sudah wanti-wanti ke saya kalau lagi banyak construction di Pittsburgh, banyak jalan satu arah yang bikin GPS pun jadi bolot. Dannn... memang betul sekali, sampai di Pittsburgh malam pertama kami disasarin ke banyak tempat, katanya suruh lewat exit 3 tapi di papan jalan adanya exit 57. Kata GPS suruh belok kanan laaah sepanjang jalan ditutup tembok mau belok ke mana dooong...! Pusying deh pusying...akhirnya hanya mengandalkan insting saja dan terbukti lebih manjur hehehe.

Hari pertama sebelum masuk kota Pittsburgh kami berencana ikut scenic railroad tour di Kiski Junction naik kereta mengelilingi danau, sungguh sayang baru 15 menit kereta berjalan ada pemberitahuan pohon besar tumbang yang menghalangi rel KA jadinya kereta pun mundur berbalik arah ke atas danau yang seharusnya kami lewati di rute pulang, setelah itu KA kembali ke stasiun awal dengan pemberitahuan akan berjalan lagi kira-kira 1 jam kemudian tapi kami memutuskan tidak ikut lagi karena udara panas sekali waktu itu (sekitar 95 F) ada susu dan makanan di mobil (meskipun kami bawa cooler tetap saja takut rusak susunya) dan si Embem sudah seperti kepiting rebus dan mulai gatal-gatal.
Kecewa sih tapi untungnya uang kembali jadi agak lega juga, setelah itu langsung menuju kota Pittsburgh yang 1 jam jauhnya. Setelah beristirahat di hotel malamnya kami menuju cable car kuno yang terbuat dari kayu (Duquesne Incline beroperasi sejak 1877), naik ke bagian atas kota Pittsburgh (Grandview Avenue) melihat seluruh kota kelap-kelip lampunya bagus sekali dan banyak jembatan yang lampunya terang juga.
Oya, kota Pittsburgh ini dibelah 3 sungai yaitu Allegheny, Monongahela, dan Ohio Rivers sehingga menurut data ada 446 jembatan yang menghubungkan kota, gimana saya tidak nyasar-nyasar ya kaaannn?! Untuk menuju incline ini pun kami harus nyasar dulu 1 jam lebih karena menuruti GPS yang katanya belok kanan atau kiri nyatanya semua tanda itu dilarang belok...duuuuhhhh! Sempat putus asa juga sih mau tidak jadi naik cable car itu tapi sudah tanggung ya walaupun kesel hati tetap dicari sampai ketemu mana arah belokan yang benar meskipun harus putar-putar naik turun jembatan dulu.
Dari Grandview Avenue saya sempat foto stadion tim football The Steelers, Heinz Field, buat oleh-oleh mbak Chrissy di CA sana, sungguh sayang kamera bukan DSLR jadinya kurang jelas maka saya ulang besoknya waktu masih senja berharap lebih jelas tapi apa daya senja esoknya hujan dan kabut, tetap tidak jelaaasss! Ya sudah besok-besok mbak Chrissy main ke Pitssburgh aja deh ya hehehe...

Bermodal nyasar di malam pertama maka perjalanan hari kedua kami lebih banyak mengandalkan insting saja, dan karena sudah nyasar bolak-balik itu jadinya kami tahu jangan belok sini atau sana hehehe....akhirnya yang dinanti ketemu juga, kami ke kebun binatang dan museum anak-anak. Di Pittsburgh Zoo kami melihat beberapa spesies asal Indonesia seperti komodo (sebenarnya ibunya si komodo yang asal Indonesia, pemberian Presiden Soeharto ke Presiden Ronald Reagan di tahun 1988, sementara komodo yang di bonbin ini sudah kelahiran Amerika hehehe), orangutan, beberapa spesies ikan seperti gurami dan ikan yang saya lupa namanya ingatnya di papan tulisannya berasal dari air tawar sekitar pulau Jawa dan Kalimantan.

Puas di bonbin kami menuju Children’s Museum yang isinya banyak permainan anak-anak, sayang si Embem sudah kecapean dia tidak terlalu menikmati di museum karena lebih banyak tidur di stroller. Sempat main di studio lukis sih sebelum museum tutup, belepotan tidak karuan... kertas sudah selesai dilukis terus gantian melukis wajahnya sendiri hehehe.

Pulang dari museum kami mampir ke Primanti Bros yang menurut Travel Channel adalah 1 of 5 Best Sandwich in USA tapi menurut kami sih tidak enak hehehe...isinya daging burger/sausage dikasi keju, french fries-cole slaw-tomat jadi satu. tidak bakal balik lagi deeeehhhh! Karena sandwich kami tidak habiskan akhirnya mampir ke restoran Vietnam saja makan mie bakso dan spring roll setelah kami putar-putar kota dulu sehabis dari Primanti Bros. Makan mie bakso jauh lebih nendang daripada sandwich yang tidak enak hihihi...dasar perut tidak bisa bohong!

Hari Minggu pagi sehabis breakfast dan check out hotel kami melanjutkan perjalanan ke Ohio tempat mpok Nieky yang sudah menunggu kami di rumahnya yang asri. Disambut dengan gonggongan si Max yang ramah, pas kebetulan juga sudah siang kami disuguhi martabak dan brownies yang enak banget, sumpeeee...sampai saya tidak malu-malu nambah lagi dan akhirnya dibungkusin sama si mpok hihihi... makasih banget ya Niek, dikau lagi puasa tapi sempetin bikin buat kami. Sungguh saya kagum deh dengan dapurnya mpok Nieky yang habis direnovasi berdua suaminya hasil mantengin DIY Network tuh, apalagi halaman belakang yang luas langsung ke lapangan golf. Sejauh mata memandang hanya hamparan hijau yang benar-benar fresh! Ternyata mpok Nieky nih rajin berkebun lho, saya dibagi timun dan daun bawang sementara tomat dan cabenya masih hijau-hijau belum masak. Waaahh senangnyaaa...sampai si Embem pun ikut sibuk ngintil ke kebun.

Setelah ngobrol-ngobrol kami akhirnya memutuskan ke Cleveland yang jaraknya 1 jam dari rumah Nieky. Kami jalan-jalan di pusat kotanya dan mampir ke Rock and Roll Museum Hall of Fame tapi hanya di arena yang gratisnya saja, itupun sudah puassssss banget bisa foto sama motor Harley-nya Bon Jovi yang dia pakai di video klip Miracle.

Setelah dari Hall of Fame kami jalan ke pinggir danau Erie yang berbatasan dengan Canada, angin waktu itu kencang sekali dan udara pun mendung tidak bawa jaket buat nutupin si Embem jadi harap-harap cemas semoga dia tidak masuk angin.

Kami lanjut jalan ke downtown yang banyak bangunan antik/kuno dan patung-patung besar. Mungkin hari itu Minggu jadi lalu lintas sepi sekali tapi homeless banyak aja deh yang mintain duit. Sebagai penutup hari kami makan malam di Hard Rock Cafe-nya Cleveland the Tower City dan lagi-lagi seneng deh ada gitar hitamnya Bon Jovi nempel di dinding lengkap dengan tanda tangannya hehehe. Bon Jovi i lop yu puuuuuuuuullll!
Kami ngedrop mpok Nieky (abis ojeknya Cun lagi sibuuuuuuukkk mulu, keknya sih tidak PD mau dicarter sama yang semanis mpok Nieky hihihi) di rumahnya jam 10.15 PM dan ngobrol sebentar dengan suaminya sudah ‘nyulik’ bininya dibawa ke Cleveland hehehe. Mpok Nieky sih nawarin kami bermalam tapi kami ada appointment tidak bisa ditunda untuk hari Senin siang jadinya jam 11 malam kami jalan pulang ke kota kami dan sampai rumah dengan selamat jam 4 subuh.
Seneng banget jalan-jalan ini, lihat-lihat kota lain dan ketemu mpok Nieky yang baik hati dan tidak sombong. Sampai jumpa lagi ya Niek... terima kasih waktunya plus oleh-olehnya 1 jar homemade hot peppers!

Bye Kokiers..sampe ketemu lagi di artikel jalan-jalan berikutnya.
Note:
Sumber foto Heinz Field & Pittsburgh: Wikipedia