link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Selasa, 01 Maret 2011

Handset Android

Tips Memilih Handset Android

Posted at December 27th, 2010 in Android by EGi



Anda tertarik untuk mencoba handphone dengan operational System Andorid ? Beberapa tips dibawah ini mungkin bisa membantu Anda untuk memilih handset andorid mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda :
1.Versi Android di Handset
Yang perlu diperhatikan pertama kali tentunya versi Andorid yang sudah diinstall di handset tersebut. Handset dengan android versi 1.5 (Cupcake) atau 1.6 (Donut) sebaiknya tidak menjadi pilihan, karena Android dengan versi ini dikhawatirkan tidak dapat menjalankan aplikasi-aplikasi terbaru, seperti Google Maps, Navigasi dan beberapa aplikasi terbaru lainnya. Oleh karena itu lebih baik untuk mencari handset dengan versi android minimal 2.0 (Eclair) atau 2.1 , lebih baik lagi bila sudah terinstall oleh android versi 2.2 (Froyo) karena versi ini sudah mempunyai kemampuan menjadikan handset kita sebagai Wi-Fi hotspot dan juga bisa memainkan Flash pada saat browsing. Akan jauuh lebih baik lagi bila handset sudah terinstall Andorid versi paling anyar yaitu versi 2.3 (Gingerbread), tapi kayaknya untuk saat ini bukan merupakan hal wajib karena versi 2.3 ini hanya menambahkan beberapa perbaikan kecil dan juga kecepatan yang lebih handal, jadi saya rasa versi 2.2 sudah cukup untuk saat ini.

2.Processor
Yang harus diperhatikan berikutnya adalah processor dari handset tersebut. Ingat processor adalah jantung dari handset, semakin cepat processor yang ditanamkan di handset tersebut, berarti semakin cepat pula kinerja aplikasi-aplikasi yang kita jalankan di handset nantinya. Handset dengan processor 500MHz sudah cukup bila keperluan Anda hanya untuk Telephon, SMS atau menjalankan aplikasi-aplikasi sederhana, atau kalau Anda tidak ingin menunggu lama ketika membuka suatu aplikasi bisa memilih handset dengan processor 800MHz, tapi ini tidak saya anjurkan, dengan perkembangan aplikasi-aplikasi Android yang sudah semakin bervariasi saat ini, saya hanya menganjurkan untuk mencari handset dengan processor minimal 1GHz, karena processor dengan kecepatan ini sudah bisa menjalankan aplikasi dengan jauuh lebih cepat dan juga bisa secara multitasking, artinya bisa menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dengan lancar.
3. Ukuran dan Resolusi Layar Handset
Ukuran layar handset ini juga penting, selain untuk memastikan handset pas bila dimasukkan ke saku baju atau celana Anda, juga menurut saya Andorid lebih nyaman dipakai dengan ukuran layar (Screen) yang lebih besar. Saya lebih menyarankan untuk memilih handset minimal dengan ukuran layar 4″ – 4.3″. Handset dengan ukuran 3.5″ atau 3.7″ menurut saya masih kurang lebar, perlu diperhatikan bahwa semakin besar ukuran layar, semakin besar juga konsumsi baterainya. Btw kita disini lagi bicara handset ya, jadi kalau kemudian ada yang protes kenapa tidak sekalian ukuran 7″ seperti Samsung Galaxy Tab misalnya biar lebih nyaman browsing dan lainnya, itu tidak dihitung, karena Samsung Galaxy Tab sudah masuk ke tablet Android, walaupun fungsinya sama saja dengan handset android, tapi repot bener kalau sehari-hari untuk mobile bawa handset 7″, susah masuk ke saku celana atau baju kalee… hehehehe…
Selanjutnya yang juga perlu diperhatikan adalah resolusi layarnya, saya anjurkan untuk memilih layar dengan resolusi sekitar 480×800 pixels, karena dengan resolusi layar tersebut layar terlihat lebih terang dan tajam, walaupun memang masih kalah tajam dengan iPhone 4, tapi at least dengan resolusi tersebut sudah cukup untuk melihat photo dan video.
4. Baterai
Ini memang masih salah satu kelemahan andorid yang belum dapat menyaingi iPhone, tapi hal ini cukup wajar dengan kemampuan memainkan Flash tentunya Andorid membutuhkan konsumsi baterai yang cukup besar. Kalau untuk baterai selama masih bisa bertahan 5-6 jam untuk pemakaian normal menurut saya sudah cukup bagus. Kalau Anda hanya memakai android untuk keperluan telephon, SMS, cek email sedikit browsing dan main games, Android masih bisa bertahan 6-7 jam.
5. Fitur Ekstra
Selain hal yang sudah disebutkan diatas, beberapa fitur ekstra seperti kemampuan kamera dengan 3 MP atau 8 MP dengan lampu flash atau tidak itu kembali kepada Anda sendiri apakah memerlukan kamera dengan kemampuan tinggi atau yang cukup, semakin banyak fitur tambahan tentunya harganya menadi lebih mahal.
Ada banyak pengamat gadget yang bilang bahwa mulai tahun 2011 adalah masa dimana Android akan menjadi primadona gadget. Ini persis seperti tahun dimana Nokia menggeser Motorolla atau tahun dimana Blackberry menggeser Nokia. Jadi untuk Anda yang masih memakai handset selain Android tidak ada salahnya untuk mulai mencoba Andorid dan mulai merasakan perbedaan dan kemudahannya. :)

Tidak ada komentar: