link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Senin, 14 Februari 2011

Penyebab Kerusakan Ginjal


Penyebab Terjadinya Ginjal Rusak



Ginjal rusak bisa berakibat fatal bagi kelangsungan hidup manusia. Betapa tidak, ginjal merupakan organ vital dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi sentral terutama dalam menyaring berbagai kotoran dalam darah manusia, dan membuangnya bersama air yang dikeluarkan dalam bentuk urine. Ginjal merupakan organ tubuh dalam yang mempunyai bentuk yang unik, mirip buah kacang namun fungsinya tidaklah kacangan.
Sepasang Ginjal

Pada manusia yang normal, biasanya memiliki ginjal sepasang yang terletak di abdomen atau belakang perut. Letaknya di sebelah kanan dan kiri tulang belakang, tepatnya berada di bawah hati dan limpa. Ginjal orang dewasa memiliki ukuran panjang 11 cm dan tebalnya 5 cm dengan berat yang mencapai 150 gram.
Test kesehatan ginjal dilakukan dengan mengukur laju glomerular. Dimana dalam setiap manusia, aliran darah setiap harinya berkecepatan 1,2 liter per menit, melewati ginjal sebanyak 350 kali dan bisa menghasilkan 125 cc glomerular dalam setiap menitnya.

Ginjal Rusak
Ginjal rusak bisa berakibat fatal dimana fungsinya sudah mengalami penurunan, sebagai penyaring pembuangan cairan tubuh. Ginjal untuk menjaga keseimbangan zat kimia dalam tubuh dan cairan, seperti misalnya kalium dan sodium. Rusaknya ginjal bisa menyerang siapa saja yang disebabkan oleh penyakit yang serius atau karena terluka.

Penyakit ini juga sering dialami oleh mereka yang sudah dewasa, dan bahkan berusia lanjut. Namun, bukan berarti mereka yang masih anak-anak atau menjelang dewasa tak bisa terkena kerusakan ginjal.

Penyebab Kerusakan
Ginjal rusak bisa disebabkan oleh beberapa penyakit serius yang banyak diderita oleh tubuh manuisa. Secara perlahan penyakit-penyakit tersebut bisa berdampak pada rusaknya ginjal manusia. Dibawah ini ada beberapa penyakit yang bisa menyebabkan rusaknya ginjal manusia, yakni:
  • Penderita diabetes mellitus.
  • Tekanan darah tinggi atau hipertensi.
  • Penyakit kanker.
  • Terjadinya penyumpatan pada saluran kemih, seperti tumor, batu, dsb.
  • Terjadinya kelainan pada ginjal, misalnya banyak banyak terdapat kista di dalamnya.
  • Terjadinya kerusakan pada fungsi penyaringan ginjal yang disebabkan oleh banyak faktor.
  • Lupus eritematosus sistemik akibat terjadinya kelainan autoomun.
Penyakit lainnya yang bisa menimbulkan kerusakan ginjal yakni, penyakit paru (TBC), hepatitis, sifilis, malaria, obat-obatan kimia yang dikonsumdi dalam waktu lama, dsb.

Jika tak segera diatasi, rusaknya ginjal akan berdampak pada matinya kinerja ginjal. Yang itu berarti ginjal tersebut harus diganti jika tak ingin terjadi hal-hal yang fatal. Dalam istilah kedokteran sendiri, ginjal rusak ini dibedakan menjadi dua: kronik dan akut.

Tanda-Tanda
Gejala atau tanda-tanda bagi penderita yang mengalami kerusakan ginjal, yakni: mengalami bengkak pada mata dan kaki, sakit ketika kencing, demam, kencing darah, nyeri pinggang, dsb. Jika Anda mengalami tanda-tanda seperti itu segeralah periksa ke dokter supaya tidak semakin parah. Semoga Anda bisa menjaga dan segera mengobati ginjal rusak.

Tidak ada komentar: