link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Senin, 27 Desember 2010

Traveling Murah di Jepang

Tips Traveling Murah di Jepang

By el01173
by Ronald Alexander Indra

Gambar: Kinkakuji (Kyoto)

Sebagian diantara kita mungkin sering mendengar bahwa Jepang adalah negara termahal di dunia. Masalah yang mungkin timbul jika kita ingin backpacking ke Jepang, bagaimana cara mensiasati agar budget backpacking di Jepang bisa ditekan. Berikut ini beberapa tips untuk menekan budget selama backpacking di Jepang.

Transportasi

Seishun 18 kippu (baca: Seishun juuhachi kippu)

Ini adalah tiket murah buat kereta di Jepang. Bentuk fisiknya bisa dilihat di gambar berikut. Tiket ini hanya dijual selama masa liburan sekolah di Jepang (libur natal/tahun baru, libur musim semi (awal maret – awal april), dan libur musim panas (awal juli – awal september). Untuk tanggal pastinya dapat dilihat di website japan-guide. Harganya 11500 yen (data August 2006) untuk 5 hari unconsecutive (jadi seharinya 2300 yen). Jangan convert ke rupiah, karena kalo diconvert jadi mahal. Di Jepang 2300 yen sehari buat semua kereta rapid + local untuk ke seluruh Jepang yang dioperasikan Japan Railways bisa dibilang sangat murah. Trade off dengan waktu. Contoh dengan shinkansen cukup 2.5 jam ke Kyoto dari Tokyo, dengan seishun 18 kippu butuh 9 jam. Tapi harganya bisa 1/5 harga shinkansen (2300 yen vs 13.000an yen)


Gambar Seishun 18 kippu


Tiket ini punya lima “space”/kotak yang tiap-tiap spacenya itu dicap oleh petugas di pintu masuk (manned gate) untuk ke peron. Sejak di-cap berlaku selama tanggal yang ada di cap (1×24 jam). Jadi asumsikan tiket anda ada lima kotak. Contoh hari Senin pagi anda mau menggunakan 18 kippu. Anda masuk lewat manned gate, dicap petugas, dan selama hari Senin itu anda bebas kemanapun di Jepang (pakai kereta rapid/local yang dioperasikan JR). Recommended untuk backpacking dari Tokyo ke arah Barat (daerah Kansai, Hiroshima, Fukuoka, Nagasaki)


Contoh pemakaian seishun 18 kippu (starting point tokyo)


Hari 0: menjelang jam 11.43PM Tokyo – Yokohama pakai tiket biasa naik moonlight nagara. Tapi 18 kippu jangan dicap sebelum jam 12PM.

Hari 1: satu hari 18 kippu dipakai, Moonlight nagara yokohama ke Nagoya, muter-mutar di Nagoya sampai jam 4PM, lalu ke Osaka mengejar jam 10PM untuk naik Moonlight Kyushu ke Hakata (Fukuoka)

Hari 2: satu hari 18 kippu dipakai Pagi-pagi sampai di Hakata, jalan-jalan sampe sore di Fukuoka. Jam 4 / 5 sore naik kereta ke Nagasaki (sampai sekitar jam 8/9 malam).

Hari 3: Nagasaki

Hari 4: Free, tapi kalau keluar kota nagasaki, usahakan yang dekat-dekat.

Hari 5: satu hari18 kippu dipakai Nagasaki ke Huis ten bosch/fukuoka. Malamnya moonlight kyushu,

Hari 6: satu hari 18 kippu dipakai turun di Miyajima sekitar subuh – persiapkan hati tidur di stasiun. Setengah hari ke Pulau yang ada Torii besar (sering jadi symbol promosi wisata Jepang). Seishun 18 kippu berlaku untuk Ferry JR ke pulau ini. Lalu setengah hari lagi di Hiroshima – yang bagus hanya A-bomb Dome (Gembaku Domu). Hiroshima-Miyajima itu sangat dekat. Sekitar jam 5/6 sore naik kereta ke arah Osaka, sampai Osaka malam

Hari 7-13: Osaka + kota-kota sekitar Osaka (Himeji, Kyoto, Kobe, Nara)

Hari 14: satu hari18 kippu dipakai Osaka – Nagoya by regular train. Mampir ½ hari di Nagoya. Jam 4 sore naik kereta local ke Tokyo (6 jam).

Dengan rute diatas, hanya perlu 1 set 18 kippu (lima unconsecutive day).


Hokkaido and Higashinihon Pass


Mirip sama Seishun 18 kippu. Bedanya ini berlaku hanya untuk dari Tokyo ke arah utara (Tohoku + Hokkaido). Perbedaan kedua harganya 10.000 yen dan berlaku untuk 5 consecutive day. Recommended banget (dibanding seishun 18 kippu) kalau mau ke Hokkaido. Kalau di kombin

Tidak ada komentar: