link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Senin, 27 Desember 2010

Belajar UML

Belajar UML hari pertama

by yudhos

UML menjadi sebuah trend baru dalam dunia pengembangan software, hampir seluruh industry software menggunakan UML sebagai basis untuk pengembangan produk software mereka, paradigma ini sangat menarik untuk di gali lebih dalam. Dalam subbab disini akan diulas mengenai seluk beluk UML dari awal hingga akhir.

1.1 UML sebagai standarisasi

Evolusi dari software selalu berkaitan dengan evolusi dari organisasi dalam konteks proses bisnis, kondisi yng sebenarnya adalah bahwa proses bisnis selalu lebih dahulu ada dan terus berganti, sehingga hal ini menjadi tantangan bagi setiap pengembang software dan semua pihak yang terlibat di dalamnya untuk dapat memberikan solusi bagi customer’s.

Tentu saja dalam proses pembuatan software memerlukan framework dan teknik yang sudah terbukti baik. Dan UML merupakan teknik yang benar, dalam kursus ini anda akan belajar seperti apa UML dapat memberikan solusi terbaik dalam pengembangan software berstandar internasional.

1.2 UML , asal usul

Unified Modelling Language atau lebih dikenal dengan singkatan UML merupakan sekumpulan notasi grafis, di latarbelakangi oleh meta model, yang berfungsi untuk menggambarkan dan mendefinisikan software berbasis object oriented.

Sejarah UML sendiri dimulai pada tahun 1994, Grady Booch dan James Rumbaugh berkolaborasi untuk mengembangkan standar notasi untuk object oriented software methods. Setahun kemudian merekan mempublikasikan UML versi 0.8 dan tidak lama kemudian Ivar Jacobson bergabung dalam tim object oriented developmnet mereka. Sehingga mereka dikenal sebagai “three amigos” dalam dunia Object Oriented Software development. Pada saat yang bersamaan ketika mereka sedang menggarap notasi tersebut, OMG (object management group) menetapkan Object oriented analysis and design. OMG merupakan sebuah organisasi yang juga mengelola standar CORBA.

tertarik ?? silahkan unduh disini UML-Sesi1

Tidak ada komentar: