Re: Menarik perhatian
Trims sharing nya bang.
Elevator speech/pitch ini mesti latihan terus biar bisa 1-3 menit
----
Aji @GMail
Isi pesan ini adalah murni pendapat pribadi pemilik email dan dilarang untuk di rujuk untuk kepentingan apapun sebelum mendapat persetujuan pemilik email terlebih dahulu.
-----Original Message-----
Me
To IMEalumni_bppn@yahoogroups.comKSEI
Jan 5
Saya membantu mewujudkan mimpi orang lain.
Saya membantu mereka menemukan rumah impian.
Saya bisa membantu orang lain menemukan produk dengan minimalis, sampai produk terbaik dengan harga terbaik.
I Deliver Happiness,
Dwika
Saya membantu mereka menemukan rumah impian.
Saya bisa membantu orang lain menemukan produk dengan minimalis, sampai produk terbaik dengan harga terbaik.
I Deliver Happiness,
Dwika
The Elevator Speech
Marketing.co.id
(Bagian 2)
Kita kembali lagi dengan pembahasan elevator speech, menyambung artikel yang lalu. Kita sudah belajar bahwa elevator speech berfungsi seperti trailer film bioskop.
Dalam beberapa kalimat, dalam 3 menit, Anda harus bisa menarik
perhatian pendengar dan mendapatkan jawaban “ya” dari mereka. Jawaban
“ya” di sini bisa berarti mendapat janji untuk bertemu, ingin tahu lebih
lanjut tentang produk, atau ingin berdiskusi lebih lanjut, dan
lain-lain.
Pada elevator speech, kita bisa mendapatkan banyak pelajaran dari pengalaman kegagalan pada percobaan-percobaan sebelumnya. Ada beberapa elevator speech yang harus disiapkan oleh semua tenaga penjual.
Anda harus mempersiapkan elevator speech 3 menit untuk menjual “diri sendiri”.
Anda bertemu seseorang pada suatu resepsi pernikahan, pesta ulang
tahun teman, atau seminar, lalu ada yang bertanya, “Apa pekerjaan Anda?”
Bagaimana Anda memperkenalkan diri sehingga orang lain bisa mengatakan, “Wow!”
Bagaimana Anda memperkenalkan diri sehingga orang lain bisa mengatakan, “Wow!”
“Apa pekerjaan Anda?”
Contoh 1: “Saya agen properti.”
Contoh 2: “Saya membantu mewujudkan mimpi orang lain. Saya membantu
mereka menemukan rumah impian. Saya bisa membantu orang lain menemukan
rumah dengan tiga kamar, sampai istana di atas pegunungan dengan harga
terbaik.”
Anda harus mempersiapkan elevator speech 3 menit untuk menjual “produk/jasa/janji”.
Jika Anda bertemu Pak Susanto di lift lalu ia tersenyum dan bertanya
pada Anda, “Produk apa yang Anda jual?” Bagaimana Anda menjawabnya?
Contoh 1: “Produk terbaru kami bernama ‘Fire Block’. Produk ini
dibuat di Swedia menggunakan teknologi terbaru. Produk ini sudah
digunakan di gedung-gedung terbesar di dunia. Produk juga sudah
dilengkapi ISO 2001. Kapan pun ada api, Fire Block bisa mengaktifkan
diri sendiri dan memadamkan api tersebut. Produk yang sangat berguna.
Saya rasa Anda harus punya Fire Block di kantor dan di rumah. Kapan saya
bisa berkunjung ke kantor untuk mendemonstrasikan bagaimana cara kerja
Fire Block?”
Contoh 2: “Bayangkan Anda sedang tidur pulas di rumah dengan
keluarga. Anda punya pabrik di Tangerang. Kantor Anda ada di ruko di
Pasar Minggu. Pada pukul 2 malam, tiba-tiba terjadi korsleting listrik
dan keluar api. Api berpotensi menjadi kebakaran besar sampai bisa
membakar seluruh pabrik. Tak ada orang yang sadar akan adanya api
tersebut. Tiba-tiba ada pengaman yang aktif dan api segera bisa
dipadamkan. Pabrik Anda pun aman. Anda masih tertidur pulas, tak ada
orang yang terbangun, dan tak ada kerusakan berarti. Apa yang
menyelamatkan pabrik Anda? Fire Block. Harganya hanya sepersepuluh
pemadam kebakaran. Ingin tahu bagaimana cara kerja Fire Block? Beritahu
saya tempat dan waktunya, maka saya akan datang mendemonstrasikan cara
kerjanya.”
Saya yakin Anda mendapat gambarannya.
Di dalam film, sang aktor selalu bisa menyampaikan dialog terbaik,
lirik yang mengesankan dan meyakinkan. Mengapa? Karena si aktor hebat?
Bukan! Itu karena mereka mempunyai penulis skrip yang hebat, yang
menghabiskan waktu berbulan-bulan memikirkan, menulis, mengedit, dan
terus-menerus mengedit kalimat-kalimat dialog.
Ketika Anda mempunyai skrip yang bagus, pekerjaan Anda akan lebih
mudah untuk mencapai tujuan. Sebaliknya, tanpa skrip yang bagus, Anda
akan bekerja lebih keras dan hasil yang didapat malah lebih buruk.
Jadi, yakinlah bahwa investasi waktu dan tenaga yang dicurahkan untuk menyusun elevator speech layak untuk dilakukan agar mencapai hasil yang lebih baik.
Good luck!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar