link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Minggu, 11 November 2012

Lagu favorit

Musik klasik seperti Mozart dapat mengubah kadar kalsium dan dopamine dalam otak hewan. 
Musik-musik yang menenangkan juga dapat menurunkan level kortisol, hormon penyebab timbulnya stress.
be well,
Dwika



Sedang Stress ? Cobalah Dengarkan Musik

Sedang Stress ? Cobalah Dengarkan Musik

Musik, Obat Stres Paling Ampuh

 blog.unikom.ac.id
ANDA sedang stres atau susah tidur? Ada satu obat paling ampuh untuk menangkal keduanya.
Sebuah studi dari Jepang menyebutkan, mendengarkan lagu-lagu favorit atau musik yang menenangkan ampuh memangkas tekanan darah, sama seperti mengurangi asupan garam dalam makanan.
Teori ini dibuktikan Eri Eguchi, seorang ilmuwan dari Jepang yang melakukan riset terhadap sejumlah orang berusia 40-74 tahun. Para responden dibagi ke dalam tiga kelompok dan menjalani sesi eksperimen selama dua kali dalam sebulan.
Kelompok pertama diminta untuk mendengarkan musik favorit mereka, kelompok kedua mendengarkan cerita-cerita humor dan kelompok terakhir tidak diberikan terapi apapun.
Setelah tiga bulan, para responden yang mendengarkan musik atau humor tercatat mengalami penurunan tekanan darah sistolik sebanyak 5-6 poin. Berbeda dengan responden yang tidak mendengarkan musik atau humor, tekanan darah mereka tidak mengalami perubahan.
Hasil riset ini didukung oleh riset sebelumnya yang dilakukan Dr Michael Miller dari University of Maryland.

Seperti dicatat Huffington Post, hasil riset ini menemukan adanya perubahan pada sistem aliran darah setelah mendengarkan musik-musik bertempo cepat, seperti R&B atau house music. Musik-musik semacam ini dapat memperlebar pembuluh darah hingga 26% dan membuat aliran darah menjadi lebih lancar.
Musik juga berpengaruh pada hewan. Musik klasik seperti Mozart dapat mengubah kadar kalsium dan dopamine dalam otak hewan. Musik-musik yang menenangkan juga dapat menurunkan level kortisol, hormon penyebab timbulnya stress.
Nah, sudah tahu kan, bagaimana ampuhnya musik dalam memerangi stres? Ayo putar lagu kesukaan Anda agar stress cepat hilang.


1
images by lajavastyle.com

Tidak ada komentar: