Buatlah
SWOT
(Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) analysis. Sehingga Anda
dapat memberikan perhatian khusus kepada karakteristik produk Anda dan
Anda dapat memahami model dari pelanggan Anda, serta hal-hal yang
membedakan perusahaan Anda dari kompetitor. Apa yang membuat produk Anda itu Unik ? Ambillah waktu untuk memikirkan perbedaan ataupun keunikan dari produk Anda yang berbeda dari kompetitor Anda.
be well, Dwika How To Increase Profits Dramatically With UVP ( Unique Value Proposition )
Sumber : vibizmanagement.com
- Dapat menjelaskan bagaimana uniknya produk Anda dibandingkan dengan kompetitor Anda - Dapat memberikan penjelasan yang efektif kepada pasar bagaimana produk Anda dan servis yang Anda berikan Jika Anda sulit untuk mendefinisikan UVP / Unique Value Proposition Anda, maka dapat dipastikan bahwa customer potensial Anda akan mengalami kesulitan juga. Bagaimana customer akan membeli produk Anda jika mereka tidak mengerti keunikan dari produk yang Anda tawarkan ? Dan apakah kegunaan mereka membeli produk Anda ? Anda harus menunjukkan kepada pelanggan bahwa produk Anda berbeda dan unik sehingga pelanggan akan memilih produk Anda. Kenalilah dan gunakanlah UVP Anda. Secara singkat dapat diketahui bahwa tanpa suatu Unique Value Proposition ( UVP ) maka perusahaan Anda ada dalam satu bahaya dimana perusahaan Anda akan tenggelam di tengah-tengah lautan persaingan bisnis yang ketat di masa ini. Apakah Unique Value Proposition dari produk Anda?. “ Mengapa customer membeli produk Anda dan bukan produk kompetitor Anda ?" Jika Anda tidak bisa mengerti pelanggan Anda, maka Anda tidak akan dapat menghitung dan mengkualifikasikan UVP Anda. Anda harus mengenali customer Anda, sehingga Anda dapat memahami hambatan atau kendala yang menghalangi customer membeli produk Anda. Cobalah untuk megidentifikasi apa yang membuat bisnis Anda dapat tetap berjalan ditengah-tengah persaingan bisnis yang ketat pada saat ini. Dan apa saja yang membuat produk Anda menjadi pilihan utama dari pelanggan. Jika UVP Anda tidak masuk akal, ataupun jika Anda berusaha menyelesaikan suatu permasalahan dari customer tetapi tidak berhasil menjawab kebutuhan mereka, ataupun jika harga produk Anda setinggi langit, maka segeralah untuk mengambil tindakan. Anda tidak dapat terus bertahan. Hal-hal unik dari produk Anda harus mampu menarik perhatian para customer. Karena pada saat ini customer semakin cerdas dan cermat didalam memilih suatu produk. Secara sederhana UVP adalah mengapa prospek harus membeli produk Anda. Element-element dalam UVP tersebut adalah : * Identification of your target market * The primary benefit your target market receives by working with your business * An indication of your products and services * What makes you unique Selanjutnya dari element-element diatas, Anda dapat menggambarkan / membuat UVP Anda dan bagaimana untuk meraihnya dalam rencana bisnis Anda dan strategi-strategi marketing apakah yang Anda akan buat, serta strategi dalam sales / penjualan Anda. UVP Anda haruslah ringkas / simple. What Steps Can You Take? Think Internally Apa yang membuat produk Anda itu Unik ? Ambillah waktu untuk memikirkan perbedaan ataupun keunikan dari produk Anda yang berbeda dari kompetitor Anda. Buatlah SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) analysis. Sehingga Anda dapat memberikan perhatian khusus kepada karakteristik produk Anda dan Anda dapat memahami model dari pelanggan Anda, serta hal-hal yang membedakan perusahaan Anda dari kompetitor. Think Externally Apa yang penting untuk klien Anda ? Berpikirlah seakan-akan Anda adalah customer yang menggunakan produk yang Anda tawarkan. Hanya berpikir seperti mereka saat Anda memposisikan diri Anda sebagai customer. Apakah tawaran seperti : 'increasing lifetime value' or 'profitability' or 'increasing efficiencies' dapat mengakibatkan pelanggan membeli produk Anda ? Jika jawabannya adalah “ Ya “, maka penting untuk Anda menggunakan bahasa ini ketika mendefinisikan UVP Anda. Sekarang Anda tahu siapa pelanggan Anda, Anda perlu menentukan apa yang pelanggan Anda butuhkan. • Informasi apa yang pelanggan Anda cari ? • Apa produk utama yang pelanggan Anda butuhkan? • Kebutuhan apakah dari pelanggan yang dapat diberikan oleh perusahaan Anda ? Ingin Berbeda Dari Yang Lain ? Tanyakan kepada pelanggan Anda dan karyawan Anda, bagaimana anggapan mereka terhadap produk Anda dan bagaimana mereka akan menentukan UVP Anda. Hal ini akan menjadi pengalaman yang paling baik yang dapat Anda ataupun perusahaan Anda lakukan. Anda akan mendapatkan suatu penilaian secara jujur mengenai produk Anda. UVP Anda tidak dapat menutup kekurangan dalam bisnis Anda atau membangun kemampuan yang Anda inginkan. UVP Anda bukanlah apa yang Anda katakan atau apa yang Anda inginkan. UVP Anda adalah seperti apakah produk Anda sesungguhnya. Intinya adalah untuk berbicara kepada pelanggan Anda secara relevan - selain juga bagaimana cara yang Anda dan produk Anda akan tawarkan akan menonjol di tengah-tengah kompetisi yang ada. Setelah Anda mendefinisikan UVP Anda, maka Anda dapat menggunakan seluruh usaha untuk memasarkan produk Anda, baik dengan iklan, sales, dan komunikasi layanan pelanggan. Karena Anda telah mengetahui strategi yang tepat dan jitu untuk menarik lebih banyak pelanggan yang tepat / potensial. Bernhard Sumbayak, founder and chairman VIBIZ GROUP menyarankan bahwa secara periodik sebaiknya management mengadakan Focus Group Discussion (FGD) untuk memastikan apakah Unique Value Proposition yang dimaksud oleh management sama dengan UVP yang ada pada benak konsumennya. Kadang-kadang kenapa sebuah produk laku bukan karena keunikan yang didisain perusahaan itu, tetapi krarena kebutuhan konsumen yang diluar perkiraan perusahaan pembuat produk. Ingatlah pesan ini : What The Customer Thinks Is Much More Important Than What Management Thinks Is Important. Train yourself to see through your customers' viewpoint and you will increase profits dramatically Mari kita lihat beberapa success story dibawah ini : Hyundai merupakan satu contoh yang fantastis dari satu perusahaan yang dapat secara cerdas memposisikan produknya dari awalnya. Penjualan Hyundai meningkat secara mengagumkan mengalahkan saingan-saingannya. Oleh karena Hyundai sanggup menemukan cara dalam berinovasi dan mengembangkan UVP mereka. Fed Ex: “When your package absolutely, positively has to get there overnight.†Fed Ex sanggup mengguncang dunia bisnis pengiriman barang dimana Fed Ex sanggup memberikan layanan pengantaran barang hanya kurang dalam satu malam maka sudah sampai di tempat tujuan. Domino’s Pizza: “You get fresh, hot pizza delivered to your door in 30 minutes or less … or it’s free.†7-Up memposisikan produknya sebagai minuman “ Uncola “, yang ditujukan kepada pelanggan yang tidak ingin mengkonsumsi minuman “ Cola “. Memang bagi pelanggan yang menyukai minuman Cola, maka 7-Up tidak menarik bagi mereka. Tetapi itu tidak menjadi masalah, sebab 7-Up memiliki target marketnya tersendiri. Swatch adalah contoh produk jam yang terkenal di dunia ini. Swatch memposisikan produknya sebagai “ fashion watch “ dengan ukuran lebih besar daripada ukuran jam dipasaran yang ada. Penjualan Swatch dapat mengalahkan jam-jam buatan Jepang yang dipatok dengan harga yang rendah. Demikianlah jika Anda hendak meningkatkan profit Anda secara dramatically, strategi yang penting adalah Anda harus dapat mengembangkan UVP Anda secara cerdas dan tepat. |
Rabu, 24 Oktober 2012
What The Customer Thinks
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar