Saya masih di sini, saya masih menjual konsulatasi, saya sangat senang
jika Anda kembali membeli service konsultasi dari saya, atau jika Anda punya kerabat
atau teman untuk membeli konsultasi dari saya.
I Like You,
Dwika
Bagaimana Menjalin Hubungan dengan Pelanggan - Pelajaran dari Joe Girard di Skylearner
By: James Gwee
Apakah
Anda masih ingat nama sales yang menawarkan Anda TV yang kemudian Anda
beli? Atau pendingin ruangan? Perabotan rumah tangga? Karpet? Kulkas?
Komputer? Anda tidak mengingatnya?
Coba bayangkan demikian, jika Anda adalah seorang sales, lalu
pelanggan Anda tidak mengingat Anda, atau tidak tahu cara menghubungi
Anda, maka: 1). Jika mereka perlu membeli lebih dari Anda, bagaimana
mereka akan menghubungi Anda? 2). Jika mereka perlu memberitahu
teman-teman mereka tentang Anda, bagaimana mereka dapat menyampaikan
informasi tentang Anda?
Ada sebuah penyesalan yang besar ketika mantan pelanggan Anda tidak
dapat membeli dari Anda lagi, atau menyarankan teman-teman mereka untuk
membeli dari Anda. Jelas Anda telah mengusahakan banyak upaya untuk
membujuk mereka membeli dari Anda pada pertemuan pertama. Mereka juga
cukup senang dan percaya untuk membeli dari Anda. Dan semua usaha itu
hanyalah untuk mendapatkan satu penjualan, tidak ada kesempatan bagi
pelanggan untuk membeli ulang. Sayang sekali!
Joe Girard adalah seorang sales mobil pada tahun 1960-1970 di
Detroit, AS. Ia dicatat dapat menjual lebih banyak tipe mobil yang sama
dengan harga yang sama kepada pelanggan dibanding sales lain. Pada
puncak kariernya, jika Anda ingin membeli mobil dari Joe Girard, Anda
harus membuat janji 2 minggu sebelumnya. Pada hari-H ketika Anda datang
ke showroom, akan begitu banyak orang di sana, dan Anda harus
mengambil nomor antrian untuk mendapat giliran. Kemudian ia dinobatkan
sebagai “sales terhebat di dunia” oleh Guinness Book of World Records.
Sebelum dinobatkan, kesuksesan Joe Girard diaudit terlebih dahulu
oleh orang-orang dari Guinnes Books. Mereka menemukan bahwa semua mobil
yang diakui telah dijualnya sebenarnya terjual secara pribadi oleh Joe
Girard. Sebagai tambahan, yang lebih mengagumkan adalah para pelanggan
yang membeli mobil darinya 3 tahun yang lalu masih mengingat namanya.
Tidak sebagian, melainkan semua dari mereka ingat namanya secara
otomatis dan penuh kasih. Bagaimana hal ini bisa terjadi?
Joe Girard mempunyai sistem follow-up yang sangat sukses dalam dunia sales. Bahkan, sistem ini menjadi bidang studi di Harvard Business School.
Joe Girard mengirim kartu ucapan ke setiap pelanggannya tidak hanya
pada Tahun Baru, Natal, dan ulangtahun mereka, namun setiap bulan! Pada
bulan Januari, ia mengirim kartu ucapan Selamat Tahun Baru untuk mereka.
Di dalam kartu itu, ia juga memberi sebuah stiker “I Like You (Aku suka kamu)”. Pada bulan Februari, ia mengirim mereka kartu Valentine, juga dengan sebuah stiker “I Like You”.
Pada bulan Maret, ia bakal mengirim sebuah surat yang bertemakan hari
raya lokal yang jatuh pada bulan itu kepada mereka, kembali dengan
stiker “I Like You”. Ia melakukan ini setiap bulan. Kartu yang
ia kirimkan bukanlah kartu biasa, melainkan kartu yang lucu dan
menggemaskan, yang membuat para penerima ketawa. Ketika para
pelanggannya mengadakan acara pertemuan keluarga atau teman, seringkali
kartu ucapannya menjadi topik pembahasan dan orang lain mulai mengetahui
tentang sales hebat bernama Joe Girard.
Dengan sistem kartu ini, Joe Girard mengingatkan para pelanggannya,
“Hei, saya masih di sini, saya masih menjual mobil, saya sangat senang
jika Anda kembali membeli mobil dari saya, atau jika Anda punya kerabat
atau teman untuk membeli mobil dari saya.” Dengan sistem kartu ini, Joe
Girard “memasuki” ruang tamu setiap pelanggannya, setiap bulan, tanpa
secara fisik hadir di rumah mereka masing-masing. Dengan sistem kartu
ini, Joe Girard menjadi bahan pembicaraan di antara pelanggannya dan
teman-teman mereka berbulan-bulan lamanya, dan kapanpun. Iklan yang amat
positif dan pemberitahuan yang efektif. Apa yang lebih hebat dari itu?
Informasi lebih lanjut tentang ......
Sumber: Majalah Bahana, Juni 2010
Tidak ada komentar:
Posting Komentar