link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Rabu, 20 Juni 2012

Manfaat untuk banyak hal.


Mengumpulkan kekayaan berlandaskan atas kesadaran untuk hidup yang lebih sejahtera, asas manfaat dan kebahagiaan- itu akan membuat kualitas hidup yang lebih baik, damai, bahagia dan memberikan manfaat untuk  banyak hal. Mengumpulkan kekayaan akan menjadi ajang lomba untuk kebaikan. Bahagia tanpa batas.
Mari kayakan lahir dan batin.
be well,
Dwika


 

Ingin kaya atau terlihat kaya?


“Kau liat handphone dan juga laptop yang kau miliki, ia ndak habis-habis kan?”  kata Mas Noeryanto. “Sebenarnya apa sih yang benar-benar kita butuhkan dan inginkan?” lanjut beliau. Sebagian kita menginginkan sesuatu bukan karena semata-mata membutuhkan, melainkan karena ingin terlihat lebih baik dari orang lain. Dorongan keinginan melebihi kebutuhan yang sesungguhnya.
Obrolan saya kali ini mengingatkan sebuah tulisan dalam buku Living The 80/20 Way karangan Richard Koch. Buku tersebut merupakan salah satu buku favorit saya. Dalam buku itu ada pendapat John Stuart Mill yang berbunyi, “Kita tidak ingin menjadi kaya, kita hanya ingin lebih kaya dibanding orang lain.”
Pendapat John Stuart  Mill itu merupakan gambaran tentang sebagian sifat manusia saat ini yang cenderung  berlebihan dalam upaya meraih kebendaan. ” Ketika standar hidup kita meningkat, begitu juga orang lain, kita tidak merasa lebih baik. Kita lupa bahwa mobil dan rumah kita lebih baik daripada dulu, karena semua teman kita mengemudikan mobil yang sama dan memiliki rumah yang sama nyamannya.” ujar Richard Koch.
Menjadi kaya itu bagus, apalagi dibarengi dengan kematangan jiwa. Yang seperti itu akan mendatangkan banyak kesenangan, kebahagiaan dan kemanfaatan. Sementara kekayaan yang dibarengi jiwa yang lemah justru mendatang kecemasan, ketidakpuasan dan kerugian.
Mengumpulkan kekayaan yang berlandaskan ego ingin terlihat kaya, gengsi, dan rakus – hanya akan       meningkatkan kecemasan dan ketidakpuasan bahkan menghalalkan segala cara. Mengumpulkan kekayaan hanya akan menjadi ajang lomba  melelahkan yang tak berujung. Derita tanpa akhir.
Sebaliknya jika mengumpulkan kekayaan berlandaskan atas kesadaran untuk hidup yang lebih sejahtera, asas manfaat dan kebahagiaan- itu akan membuat kualitas hidup yang lebih baik, damai, bahagia dan memberikan manfaat untuk  banyak hal. Mengumpulkan kekayaan akan menjadi ajang lomba untuk kebaikan. Bahagia tanpa batas.
Mari kayakan lahir dan batin.
Salam sedulur.

Tidak ada komentar: