link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Senin, 25 Juni 2012

Groovia fast forward


Review Pengguna Triple Play Package (Groovia+Speedy+Telepon) Yogyakarta

Pertama kali saya tau kalau IPTV sudah ada di Indonesia adalah saat saya magang di Telkom, Oktober 2011. Langsung kaget bahagia, ngiler banget! Karena teknologi yang selama ini cuma dipelajari di mata kuliah Teknologi Telekomunikasi sekarang bisa dinikmati langsung :O~
Groovia Logo
Telkom mempelopori munculnya IPTV dengan brand Groovia. Di kantor Telkom Gatot Subroto Jaksel tempat saya magang, Groovia dipasang di lobi untuk uji coba, dilengkapi dengan sofa empuk. Sempet nyoba duduk di situ mau nonton, tapi saya gak tahu cara pakai remote-nya, jadi cuma bengong aja, haha :p. Di akhir magang, saya sempat jalan-jalan ke ruang kontrol-nya Groovia, di STO Gambir. Saya diberi kabar bahwa Groovia baru ada di Jakarta-Bandung. Pupus sudah mimpi saya untuk segera nonton TVoD di rumah :( Tapi harapan itu masih ada. Yang penting doa dulu, semoga Groovia segera masuk Jogja :D
Buat yang masih belum nyambung tentang apa itu IPTV, fitur-fitur Groovia, dan jenis paket yang ditawarkan Groovia, artikel-artikel di blog ini bisa menjelaskannya dengan baik.
Pucuk dicinta, ulam tiba. Mulai Februari 2012, Groovia sudah masuk Yogyakarta! Lebih lagi, ada tawaran Triple Play Packages: Groovia + Speedy + Telepon UNLIMITED, dengan biaya mulai dari 275 ribu rupiah. Set Top Box dan Modem Wireless Router + instalasinya GRATIS. Kalau yang ditawarkan di situs resmi Groovia, itu biaya untuk pelanggan baruSpeedy dan Groovia. Kalau untuk yang sudah berlangganan Speedy, penawarannya lebih menarik. Telepon 147 untuk informasi detailnya :)
Set Top Box & Modem Wireless Router ZTE. Gratis
Set Top Box & Modem Wireless Router ZTE. Gratis
Saya tidak tahu apakah harga yang ditawarkan bergantung pada lamanya berlangganan Speedy. Tapi, yang ditawarkan kepada kami adalah: selama lima bulan pertama, cukup membayar seperti biasanya membayar Speedy, yaitu 200 ribu-an. Jadi, telepon dan Groovia-nya gratis! Setelah lima bulan, biaya perbulan 275 ribu. Telepon cukup membayar abonemen saja. Saya kurang paham apakah 275 ribu sudah termasuk abonemen telepon atau belum.
Di bulan pertama ini, kami mendapatkan paket Groovy Maxxy, yaitu tayangan seluruh channel, mulai dari Cartoon Network, Discovery Channel, Star Sports, sampai dengan HBO. Tapi saya kurang tahu apakah paket Groovy Maxxy ini hanya didapatkan di bulan pertama saja, sampai bulan ketiga, atau sampai bulan kelima saja.
Setelah paket promo itu usai, Groovia masih dapat dinikmati dengan 41 basic channels-nya, yaitu: AlifTV, Al-Jazeera, Asian Food Channel, Australia Network, BBC World News, Biography Channel, Bloomberg, CCTV 4, CNN International, Channel News Asia, CNBC ASIA, Crime & Investigation, Discovery Science, Discovery Home & Health, DWTV Asia, Euronews, France 24, Fashion TV, ITV Granada, KiX Channel, MTV, Sony Entertainment TV, Travel Channel, Tru TV, Outdoor Channel, ANTV, B channel, Global TV, History Channel, Indosiar, Kompas TV, Metro TV, MNC TV, RCTI, SCTV, Telkomvision, Trans TV, Trans 7, TV edukasi, TVOne, TVRI.
Saya sendiri belum sempat mencoba semua fiturnya. Adik saya yang paling kecil, yang paling banyak waktu luangnya, sudah coba-coba pakai dengan bantuan buku panduan.
buku panduan Groovia
buku panduan Groovia
Game on Demand
Adek main Game on Demand
remote IPTV
remote IPTV, beda dengan remote biasa
Untuk performanya, jujur, masih belum stabil sih. Waktu pertama kali pasang (Senin, siang hari), coba setel Mario Teguh (jam tayang Ahad malam) via TVoD, tampilan oke punya. Lalu Senin sore, adek mau nyetel Pokemon (jam tayang Ahad pagi), nunggu 10 menit lebih, loadingnya gak selesai-selesai, akhirnya ga jadi nonton.
Tadi malam, saya terlewat nonton Afika di Hitam Putih yang tayang jam 6 petang. Jam 10-an malam, baru mau nonton.
daftar tayangan TV on Demand
daftar tayangan TV on Demand
Bisa! Tapi setelah 11 detik, saya pause karena mau buat mie gelas. Terus habis itu malah loading dan error :(
sistem IPTV sedang sibuk
sistem sedang sibuk! :(
Pagi ini, saya coba untuk nonton lagi… yeeey, bisa nonton Afikaaa :D
nonton TVoD
di pojok kiri atas, ada logo TVoD
Tapi setelah menit ke-8, sistem sibuk lagi :( Setelah dicoba lagi, akhirnya bisa nonton Hitam Putih dengan kualitas gambar oke banget, tanpa loading2 lagi, gak putus2 :D :D :D
fast forward IPTV
ga mau nonton iklan, di fast forward aja :P
pause IPTV
ada telepon masuk... pause dulu buat jawab telepon
Kecepatannya, untuk IPTV 1Gbps, Speedy-nya 384Kbps. Saat nonton ini, ada telepon masuk, dan itu tidak mengganggu performa tayangan IPTV. Saya nonton juga disambi nge-Plurk, jadi meskipun nonton IPTV, masih bisa ngenet lancar jaya. Memang, setelah ikut program ini, kecepatan internet jadi berasa agak turun, kerasa kalo pas lagi streaming. Tapi tetap memuaskan kok, masih lebih cepat dari internet di kampus =))
Kesimpulannya, paket ini sesuatu banget deh! Terutama TVoD-nya, bikin gak ada lagi rebutan nonton TV di rumah (haha). Meskipun kadang ada error dan butuh loading, ini merupakan langkah awal yang oke banget buat IPTV di Indonesia. Maklum, baru masuk bulan kedua di Jogja, error di sana-sini masih dimaklumi. Sepupu saya yang tiga bulan aja baru bisa oek-oek kok #ga nyambung. Lagipula, sekarang kabel Fiber Optic (FO) sedang dipasang di mana-mana. Kalau nanti sambungan telepon sudah lewat FO, pasti IPTV, internetan, telpon, lancar jaya abis deh :D
brosur Groovia
thanks to Kak Abdul Azis yang sudah memfotokan brosur dan ngirim ke email :D klik untuk perbesar

Tidak ada komentar: