link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Sabtu, 23 Juli 2011

Domain untuk Blogspot

Maksudnya apa ya? Custom domain blogger dipakai agar alamat blog kamu yang di blogspot.com bisa menjadi beralamat dengan domain kamu sendiri, misalnya kamu punya domain contohsaja.blogspot.com, kemudian anda tidak suka dengan alamat blogspot dan ingin menjadi contohsaja.com, maka anda perlu membeli domain baru dengan alamat contohsaja.com, kemudian mengarahkan alamat contohsaja.blogspot.com ke contohsaja.com. Cara detilnya nanti dibahas…
Apabila anda ingin memiliki hosting blog gratis sekaligus anti down, maka custom domain bisa menjadi solusi. Kenapa gratis? Karena layanan blogspot memang gratis. Benarkah antidown? Boleh dibilang begitu, karena blogspot adalah milik google, jadi dengan hosting di blogspot atau blogger, maka anda sama saja memiliki hosting di google, asik bukan? Coba hitung berapa kali google down? Pasti sangat jarang, atau malah anda tidak pernah menjumpainya.
Ok, jadi gini langkahnya: 1. Beli domain contohsaja.com, kemudian arahkan zone recordnya sebagai berikut:
host: contohsaja.com
type: ANAME
value: 216.239.32.21
Ulangi langkahnya, ganti valuenya dengan nomor ip milik google berikut ini: 216.239.34.21; 216.239.36.21; 216.239.38.21;
Buat satu lagi:
host: www.contohsaja.com (jangan lupa pakai www)
type: CNAME (ingat sekarang Cname, bukan Aname)
value: ghs.google.com
Kemudian login ke account blogger anda, buat blog baru sampai selesai, atau bisa gunakan blog yang sudah ada yang ingin anda pindahkan alamatnya ke contohsaja.com, dalam contoh kita diatas tadi adalah contohsaja.blogspot.com, setelah login klik menu setting, klik di tab publishing, kemudian klik menu custom domain, dan sekali lagi klik pada menu switch to advanced setting.
Pada kotak Your Domain, isi dengan www.contohsaja.com, kemudian klik save setting. Kemudian ceklist pilihan redirect yourdomain.com to www.yourdomain.com, save lagi. Sudah selesai.
Tunggu dalam maksimal 2 x 24 jam agar setting tersebut berfungsi, tunggu propagated istilahnya ya… Biasanya sih gak sampai selama itu. Biar cepat, langkahnya harus urut, jadi setting dulu zone recordnya, baru anda menuju blogspot.com dan buat blog baru, lalu arahkan ke custom domain anda. Pengalaman saya, dalam hitungan menit sudah langsung berfungsi. Ini sudah seringkali saya coba dan selalu cepet hasilnya.
Teknik ini juga bisa diaplikasikan di domain co.cc yang gratisan, langkahnya sama yaitu tinggal setting zone record saja.
Bisa juga anda aplikasikan ke subdomain anda, langkahnya juga sama. Misal anda sudah punya blog selfhosting, atau website atau apa dengan alamat contohsaja.com, dan ingin membuat blog baru dengan alamat blog.contohsaja.com, maka atur zone record blog.contohsaja.com seperti penjelasan diatas tadi. Jika anda menggunakan hosting dengan cpanel, maka untuk mengatur zone record cukup klik menu zone record editor atau simple zone record editor. Cari saja menu yang bunyinya mirip-mirip zone record editor.
Happy blogging… Maaf kalau tulisannya asal jadi :-D
Sebenarnya tidak dimaksudkan untuk konsumsi umum, tapi lebih pada menjadi catatan pribadi saya agar mudah cari settingan IP address untuk custom domain di blogspot.com, oyah, contoh blog custom domain saya bisa dicicipi pada alamat http://pohonduit.purwo.com/

Tidak ada komentar: