link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Sabtu, 23 Juli 2011

Anda untung

Anda untung dari selisih EMAS, bank untung dari biaya penitipan, pedagang EMAS juga untung… tidak ada yang dirugikan…
be well,
Dwika


**semuasaudara.com
Beberapa hari terahir ini banyak sekali pesan baik itu melalui Email maupun di Facebook saya yang meminta tanggapan atas sebuah artikel di salah satu situs favorit saya. Terus terang, saya sangat senang dgn adanya artikel tersebut karena menandakan apa yg saya tulis dalam eBook mendapatkan perhatian dari berbagai kalangan. Dan rasanya tidak perlu saya tanggapi karena isi artikel tersebut sangat benar, benar 100%, saudara-saudaraku yang telah memiliki eBook dan mempelajarinya saya yakin akan punya pendapat yang sama dengan saya. Jadi sebetulnya tidak ada yang perlu saya tanggapi. Namun beberapa teman tetap mendesak saya untuk menjelaskannya pada umum….baiklah…demi saudara saudaraku sekalian…. tapi sekali lagi ini bukan tanggapan, hanya penjelasan….
Seperti yang sering saya ungkapkan baik di eBook maupun pada Seminar atau berbagai kesempatan, bahwa saya bukanlah orang yang punya pengetahuan yang tinggi di bidang EMAS, saya hanyalah seorang pengusaha yang senang berbagi pengalaman, dengan harapan pengalaman saya ini bisa bermanfaat bagi banyak orang. Itu pelajaran utama dari mentor-mentor bisnis saya Purdi E Chandra, Bob Sadino, Tung Desem dsb. Pada suatu waktu saya menemukan sebuah situs yang berisi ulasan-ulasan tentang EMAS yang dikupas dengan sangat menarik, dilanjutkan saya dengan membeli buku-buku yang di terbitkannya. Terus terang, artikel-artikel tersebut menyadarkan saya bahwa ada sesuatu yang kurang tepat dalam hal pengelolaan investasi dari hasil usaha dan bisnis saya, dan kemudian membuat saya merubah semua strategi investasi saya. Selain itu, tulisan-tulisan tersebut meng-inspirasi saya untuk melakukan sesuatu yang berbeda ketika ber-investasi EMAS, dan itu saya jalankan dan uji coba sendiri selama hampir 2 tahun.
Hasilnya adalah konsep yang sekarang disebut KebunEMAS….
Saya bukanlah orang yang pandai berhitung apalagi berpengetahuan luas tentang EMAS, saya hanyalah orang yang memanfaatkan hitungan orang lain lalu mempraktekannya dengan cara saya… You Never Know What You Can Do Until You Try. Jadi, begitu terinspirasi dan memungkinkan terjadi saya langsung action…hehehe…memang itu yg di ajarin guru bisnis saya….
Saya akui bahkan saya menaruh hormat yg luar biasa kepada pemilik situs tersebut, karena berkat tulisan-tulisan beliau saya menjadi orang yang punya sedikit pengetahuan tentang EMAS.
Baik, mari kita kupas kenapa menurut saya artikel itu benar 100%:
Pertama,
Teorinya keuntungan akan diperoleh ketika emas naik 30% sedangkan pinjaman dari pegadaian atau bank syariah tetap/tidak naik, diluar biaya penitipan, admin dlsb. Asumsi pertama bahwa emas akan naik 30% sebenarnya tidak terlalu meleset karena memang appresiasi harga emas rata-rata tahunan dalam 40 tahun terakhir mencapai 31 %; yang perlu diingat adalah angka tersebut adalah rata-rata 40 tahun, atau rata-rata jangka panjang. Semakin pendek periode, semakin tidak pasti kenaikan ini.
Jadi kekeliruan pertama dari teori ini adalah menggunakan rata-rata statistik jangka panjang untuk men-justifikasi tujuan atau harapan jangka pendek.
Ini betul 100%, sama seperti yg saya tulis di eBook (bahkan di garis bawahi, bold warna merah) bahwa ini adalah investasi jangka menengah/panjang. Jangan gunakan uang Anda yang akan Anda pakai beberapa bulan sampai satu tahun ke depan. Gunakan uang yang memang akan Anda simpan jangka panjang….uang yang Anda sisihkan dari Primary Income Anda (Gaji, Bisnis, Profesi dsb) dari pada disimpan di tabungan yg nilai rill nya menurun terus.
Kedua,
Kekeliruan kedua adalah asumsi bahwa angka pinjaman dari pegadaian atau bank syariah yang tetap ( diluar biaya penitipan atau administrasi). Justru biaya penitipan atau administrasi inilah yang harus diperhatikan. Dari survey kecil saya dengan salah satu petugas kantor pegadaian pada saat saya menulis artikel ini misalnya, biaya ini bisa mencapai 1% per 15 hari atau 2% per bulan.
Kemudian dari pembicaraan serupa dengan salah satu bank syariah yang memiliki produk gadai emas, saya peroleh informasi bahwa biaya yang disebutnya sebagai biaya pemeliharaan ini mencapai Rp 5500/gram/per bulan pada saat harga emas 24 karat Rp 312,000/gram atau 1.76%/bulan.
Besaran biaya di pegadaian yang 2% per bulan atau bank syariah 1.76% ini secara rata-rata menjadi terlalu mahal untuk ngongkosi pembelian emas yang hanya mengalami appresiasi nilai rata-rata 1.46% per tahun dalam sepuluh tahun terakhir. Fluktuasi naik turunnya harga emas bulanan yang sangat tinggi, menambah risiko Anda ketika membiayai pembelian emas Anda dengan uang gadai atau pinjaman dari bank. Lihat grafik diatas untuk ini. Ketika grafik emas berada dibawah garis merah (biaya gadai) atau garis hijau (biaya bank), maka Anda pasti rugi. Kerugian ini bisa Anda ketahui dengan melihat net worth (jumlah emas terkumpul dikurangi jumlah hutang gadai/bank) yang lebih kecil dari jumlah dana yang sudah Anda tanamkan pada investasi ini.
Memang bisa jadi ada yang menjadi kaya mendadak dengan cara ini ketika grafik emas berada diatas grafik biaya gadai atau grafik biaya bank; tetapi karena frekwensi dibawah kurang lebih sama dengan frekwensi diatas, maka peluang untuk untung atau rugi mirip dengan peluang ketika Anda melempar koin – bisa keluar kepala (head), bisa pula keluar ekor (tail) – atau 50/50 peluangnya.
Betul 100%, kalau kita memilih Bank dengan biaya penitipan yang tinggi apalagi Pegadaian. Dalam eBook saya di jelaskan dengan sangat jelas, kita harus memilih biaya penitipan yang paling murah. Coba kalau seperti Bank Jabar Syariah Rp 3.200/gram/bulan, Bank Kaltim Syariah Rp 3.000/gram/bulan, Bank Mega yg walaupun 2.2%/bulan tapi dihitung dari Nilai Gadai… pasti saling menguntungkan… Bank untung dari biaya penitipan, kita untung dari selisih EMAS, pedagang EMAS juga untung… Saya rasa sih tidak ada yang dirugikan…
Saat ini Bank berlomba-lomba masuk ke bisnis Gadai EMAS, jadi kedepannya saya koq yakin biaya penitipan ini akan makin kompetitif. Bank dengan biaya penitipan yang mahal otomatis nggak bakalan laku…
Ketiga,
Investasi terbaik tetap memutar dana Anda di sektor riil; kalau ini masih terlalu sulit bagi kebanyakan orang – maka emas atau Dinar pilihannya.
Inipun betul 100%, seringkali saya tekankan baik kepada pembeli maupun calon pembeli eBook bahwa ini bukan bisnis. eBook KebunEMAS adalah trik ber-investasi/membeli EMAS dengan cara yang berbeda…
Semoga bermanfaat bagi kita semua….
Sumber: Copas dari semuasaudara.com

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Halo, saya Mr Rapheal Williams, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberi hidup waktu kesempatan pinjaman. Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh Bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan konsolidasi pinjaman atau hipotek? mencari lebih banyak karena kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit yang buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi pada bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami menyediakan bantuan yang dapat diandalkan dan waris dan akan bersedia menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email hubungi kami via

Email: raphealwillaims.loanfirm2015@gmail.com Terima kasih, kami berharap untuk prompt Anda menjawab.

Mr tanda Rapheal Roland Email: raphealwillaims.loanfirm2015@gmail.com