link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Minggu, 05 Juni 2011

Obat merusak ginjal

Penyakit Gagal Ginjal: Penyebab dan Gejalanya

9 Juni, 2009
ginjalGinjal merupakan bagian dari tubuh yang memiliki fungsi fital bagi manusia. Gijal merupakan organ ekskresi yang berbentuk mirip kacang. Sebagai bagian dari sistem urin, ginjal berfungsi menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Pada manusia normal, terdapat sepasang ginjal yang terletak dibelakang perut, atau abdomen. Ginjal tersebut terletak di kanan dan kiri tulang belakang, di bawah hati dan limpa.
Pada orang dewasa, setiap ginjal memiliki ukuran 11 cm dan ketebalan 5 cm dengan berat sekitar 150 gram. Darah manusia melewati ginjal sebanyak 350 kali setiap hari dengan laju 1,2 liter per menit, menghasilkan 125 cc fitrat glomerular per menitnya. Laju glomerular inilah yang sering dipakai untuk melakukan tes terhdap fungsi ginjal.
Penyakit Gagal Ginjal adalah suatu penyakit dimana fungsi organ ginjal mengalami penurunan hingga akhirnya tidak lagi mampu bekerja sama sekali dalam hal penyaringan pembuangan elektrolit tubuh, menjaga keseimbangan cairan dan zat kimia tubuh seperti sodium dan kalium didalam darah atau produksi urine.
Penyakit gagal ginjal ini dapat menyerang siapa saja yang menderita penyakit serius atau terluka dimana hal itu berdampak langsung pada ginjal itu sendiri. Penyakit gagal ginjal lebih sering dialamai mereka yang berusia dewasa, terlebih pada kaum lanjut usia.
Penyebab Gagal Ginjal
Terjadinya gagal ginjal disebabkan oleh beberapa penyakit serius yang di dedrita oleh tubuh yang mana secara perlahan-lahan berdampak pada kerusakan organ ginjal. Adapun beberapa penyakit yang sering kali berdampak kerusakan ginjal diantaranya :
  • Penyakit tekanan darah tinggi (Hypertension)
  • Penyakit Diabetes Mellitus (Diabetes Mellitus)
  • Adanya sumbatan pada saluran kemih (batu, tumor, penyempitan/striktur)
  • Kelainan autoimun, misalnya lupus eritematosus sistemik
  • Menderita penyakit kanker (cancer)
  • Kelainan ginjal, dimana terjadi perkembangan banyak kista pada organ ginjal itu sendiri (polycystic kidney disease)
  • Rusaknya sel penyaring pada ginjal baik akibat peradangan oleh infeksi atau dampak dari penyakit darah tinggi. Istilah kedokterannya disebut sebagai glomerulonephritis.
Adapun penyakit lainnya yang juga dapat menyebabkan kegagalan fungsi ginjal apabila tidak cepat ditangani antara lain adalah: Kehilangan carian banyak yang mendadak (muntaber, perdarahan, luka bakar), serta penyakit lainnya seperti penyakit Paru (TBC), Sifilis, Malaria, Hepatitis, Preeklampsia, Obat-obatan dan Amiloidosis.
Penyakit gagal ginjal berkembang secara perlahan kearah yang semakin buruk dimana ginjal sama sekali tidak lagi mampu bekerja sebagaimana funngsinya. Dalam dunia kedokteran dikenal dua macam jenis serangan gagal ginjal, akut dan kronik.
Tanda dan Gejala Penyakit Gagal Ginjal
Adapun tanda dan gejala terjadinya gagal ginjal yang dialami penderita secara akut antara lain: Bengkak mata, kaki, nyeri pinggang hebat (kolik), kencing sakit, demam, kencing sedikit, kencing merah/darah, sering kencing. Kelainan Urin: Protein, Darah/Eritrosit, Sel Darah Putih/Lekosit, Bakteri.
Sedangkan tanda dan gejala yang mungkin timbul oleh adanya gagal ginjal kronik antara lain: Lemas, tidak ada tenaga, nafsu makan kurang, mual, muntah, bengkak, kencing berkurang, gatal, sesak napas, pucat/anemi.
Segera priksakan diri ke dokter apabila menemui gejala-gejala yang mengarah pada kelainan fungsi ginjal. Penanganan yang cepat dan tepat adakn memperkecil resiko terkena penyakit ginjal tersebut.
(Dari berbagai sumber)
-----------------------------------------Penyebab Gagal ginjal kronis

Gagal ginjal kronis adalah suatu kondisi yang biasanya Anda bahkan tidak tahu Anda telah sampai ginjal Anda telah menderita kerugian substansial dan fungsi. Seperti dengan sejumlah berpotensi berbahaya lainnya dan penyakit yang mengancam nyawa, tidak ada gejala pada tahap awal penyakit.

Banyak penyakit dapat menyebabkan gagal ginjal kronis, termasuk diabetes dan tekanan darah tinggi. Kebanyakan orang dengan CRF perlu mengambil obat-obatan. Beberapa membutuhkan dialisis.

Gagal ginjal dapat membuat Anda sangat sakit dan memerlukan perawatan di rumah sakit. Sekitar sepuluh persen dari waktu itu, hasil dari reaksi alergi parah untuk obat-obatan. Ini disebut nefritis interstisial. Orang dengan nefritis interstisial umumnya sembuh.Ginjal mereka mulai bekerja normal kembali setelah beberapa minggu. Pasien lain, bagaimanapun, mungkin perlu satu tahun untuk menjadi lebih baik. Pasien kesehatan sebelumnya, tingkat keparahan penyakit, dan hasil biopsi ginjal akan membantu dokter menentukan berapa lama pemulihan akan memakan waktu.

the Kidney Disease Solution home page

Gejala Gagal ginjal kronis

Gejala gagal ginjal kronis dapat meliputi:
  • anemia
  • pendarahan
  • darah dalam tinja atau muntah
  • mudah memar
  • berlebihan urin
  • tidak mencukupi aliran air seni
  • menurunkan kewaspadaan mental
  • otot kram
  • otot berkedut
  • nokturia (buang air kecil malam hari)
  • a mati rasa sensasi di ekstremitas
  • kejang
  • gangguan tidur
  • uremic embun beku (endapan kristal putih di dalam dan di kulit)
  • kuning-cokelat warna kulit.

the Kidney Disease Solution home page

Perawatan

Pengobatan untuk dapat mencakup:
  • Menghentikan obat-obatan yang menyebabkan penyakit atau yang dapat merusak ginjal.
  • Mengobati infeksi dan masalah-masalah lain seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.
  • Pengobatan lain seperti steroid.
  • Dialisis.
  • Removal.
  • Transplantasi.
Untuk menghindari nefritis interstisial, Anda tidak boleh mengambil resep obat-obatan, over-the-counter obat-obatan, herbal atau nutrisi suplemen tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda.


-------------------------------------------


Gagal ginjal terdiri dari dua macam yaitu gagal ginjal Akut (acuternal failure) dan gagal ginjal Kronik (GGK).

Gagal ginjal Kronik merupakan suatu kondisi di mana kedua ginjal mengalami kerusakan permanen dan tidak dapat menjalankan fungsi sebagaimana mestinya. Biasanya ditandai dengan edema seluruh tubuh (edema anasarka) karena terjadinya hipertensi portal dan kadar klirens kreatinin < 25.

Penyebab gagal ginjal kronik ini yang paling utama adalah diabetes sekitar 40 persen dari penyakit gagal ginjal. Dan penyebab yang kedua adalah tekanan darah tinggi sekitar 25 persen dari penyakit gagal ginjal. Penyebab lainnya adalah karena kelainan kekebalan (suatu penyakit genetik), cacat lahir, dsb.

Gagal ginjal Akut biasanya hanya timbul secara mendadak dan bila ditangani dengan baik akan sembuh dan tidak mengalami kerusakan permanen. Penyebab kegagalan ini dikarenakan keracunan, alergi obat, toxin, kehilangan darah banyak secara mendadak, kehilangan cairan tubuh maunpun trauma.

Tanda-tanda Gagal Ginjal.

- Kencing berubah warna, berbusa

- Kencing sedikit berlainan dengan sebelumnya.

- Sering terbangun di malam hari untuk kencing.

- Pembengkakan terjadi di kaki, pergelangan tangan dan dimuka

- Lemah dan lekas capai

- Sesak napas

- Nafas bau

- Timbul rasa pegal di punggung

- Kehilangan nafsu makan

- Mual, muntah

- Rasa gatal di kaki atau dibadan

sumber
http://wartakota.dagdigdug.com



--------------------

Gagal Ginjal - Penyebab, Gejala dan PengobatanPDFPrintE-mail

User Rating: / 2
PoorBest 
Article Index
Gagal Ginjal - Penyebab, Gejala dan Pengobatan
Penyebab Gagal ginjal kronis
What Do Kidneys Do?
Kidney Failure: 7 Tips on Lowering High Blood Pressure Without Medication
All Pages
Ginjal adalah bagian penting dari tubuh dan itu alasan ada dua dan tidak satu. Bahkan jika berhenti berfungsi orang masih bisa hidup normal dengan satu ginjal. Namun, masalah terjadi ketika menghadapi kedua gagal ginjal. Ginjal mengontrol dan mengelola cairan dalam tubuh dan pada saat yang sama membantu pembuangan limbah dari cairan dari tubuh. Ada banyak penyebab gagal ginjal yang dapat dikelompokkan sebagai penyebab Prerenal; ginjal menyebabkan; Post menyebabkan ginjal; gagal ginjal kronis.

Ketika pasokan darah ke ginjal berkurang dikatakan menjadi penyebab Prerenal gagal ginjal. Yang Prerenal dapat menyebabkan hipovolemia berarti volume darah rendah disebabkan karena kehilangan darah; dehidrasi; kurang dari yang dibutuhkan asupan cairan; obat-obatan tertentu dapat menyebabkan hilangnya cairan.

Bila ginjal rusak langsung hasil menjadi gagal ginjal itu disebut penyebab ginjal gagal ginjal. Sepsis, obat-obatan, rhabdomyolysis, multiple myeloma dan glomerulonefritis akut akan tercakup dalam ginjal penyebab. Ketika keluar dari air kencing terhambat karena alasan tertentu disebut pos penyebab ginjal gagal ginjal. Obstruksi kandung kemih, kanker prostat atau prostat hipertrofi; tumor dan batu ginjal dapat menjadi alasan yang menghalangi aliran air seni.

Gagal ginjal kronis termasuk diabetes; tekanan darah tinggi; glomerulonefritis kronis. Penyakit pada ginjal polikistik; reflux nephropathy; batu ginjal dan penyakit prostat bisa menjadi penyebab kurang umum.

Gejala-gejala yang bisa menjadi tanda akan gagal ginjal --

Pada awalnya tidak akan ada gejala yang nyata yang bisa dilihat atau menyadari. Kemudian, asidosis metabolik karena ketidakmampuan ginjal untuk memproduksi bikarbonat akan mempengaruhi metabolisme oksigen dan enzim ini akan mengakibatkan gagal ginjal.
  1. Rising tingkat potasium akan ada di sana.
  2. Urea tingkat akan meningkat dalam darah.
  3. Generalized kelemahan karena berkurangnya jumlah sel darah.
  4. yang mempengaruhi limbah dalam tubuh seperti - kemalasan, kehilangan nafsu makan dan kelelahan akan mulai untuk sampai ke permukaan.
  5. Pernapasan akan menjadi cepat.

Perawatan akan bergantung pada tahapan di mana orang tersebut. Diagnosis gagal ginjal dan tingkat keparahan yang sama dilakukan dengan mengambil tes darah. Tingkat limbah dalam darah akan membantu untuk melihat betapa buruk ginjal mulai berfungsi. Lebih lanjut, tes urine dapat diambil. Keberadaan protein dalam urin akan mengatakan bahwa ginjal telah berhenti berfungsi.

USG dari perut dan biopsi adalah tes lain yang akan disarankan oleh dokter untuk menggali lebih dalam. Jika berada pada tahap bahwa ginjal dapat diselamatkan oleh obat atau operasi kecil untuk hal - hal ini dilakukan untuk mencegah gagal ginjal total. Dan dalam se c mencatat bisa dilakukan, dan kemudian transplantasi ginjal di dipertimbangkan jika kedua ginjal gagal berfungsi cara mereka seharusnya.

==========================

cahyani : [ask] gagal ginjal?     
ada titipan pertanyaan nih..
sodara saya mau nanya, gagal ginjal itu penyebabnya apa? trus gimana cara mencegahnya,
apakah minum banyak obat itu bisa menyebabkan gagal ginjal?
gitu,,,terimakasih...
9 komentar | In: Ginjal | 2 weeks ago | Suka  Share on 
Jawab

WhitesaLad secara garis besar, gagal ginjal adalah keadaan di mana ginjal mengalami penurunan fungsi. Gagal ginjal dapat disebabkan oleh infeksi (bisa infeksi saluran kemih, infeksi kulit, infeksi tenggorokan), diabetes, hipertensi, penyakit pembuluh darah seperti vaskulitis, keganasan, penyakit ginjal seperti sumbatan atau batu, juga keracunan obat-obatan. Cara untuk mencegahnya tentunya dengan mencegah adanya penyakit2 di atas yang menjadi penyebab gagal ginjal.
2 weeks ago | Suka 
riocaesar Halo cahyani

Gagal ginjal adalah suatu kondisi ketidakmampuan ginjal dalam membuang produk-produk limbah tubuh yang berpotensi menjadikan racun bila kadarnya tinggi di dalam tubuh.

Gagal ginjal itu terbagi menjadi dua, yaitu gagal ginjal akut (GGA) dan gagal ginjal kronis (GGK), dan yang sehari-hari bisa Anda temui di rumah sakit mengantri untuk mendapatkan terapi hemodialisis atau cuci darah adalah orang-orang dengan GGK.

Pada GGA tersering adalah sebagai akibat dehidrasi yang berat dimana cairan tubuh yang kurang sehingga ginjal tidak mampu mengeluarkan urin, dan selain itu juga pada kondisi terjadi gangguan pada struktur filter ginjal seperti GNA (Glomerulonefritis Akut). Kondisi GGA ini biasanya bila tertangani dengan baik tidak perlu mendapatkan hemodialisis seumur hidup.

Sedangkan pada GGK, biasanya tersering adalah sebagai akibat komplikasi yang berat dari penyakit degeneratif seperti diabetes ataupun hipertensi kronis dimana terjadi kerusakan permanen dari struktur ginjal, dan biasanya bila sudah masuk dalam GGK penderitanya harus melakukan hemodialisis seumur hidup atau pilihan transplantasi ginjal.
2 weeks ago | Suka 
owily Bila gagal ginjal kemudian dicangkok apakah itu akan benar2 memberikan kesembuhan? daripada terus2an cuci darah.
Bagaimana bila kita hidup dengan satu ginjal dok? Adakan risikonya?
Apakah memang menurut berita yang beredar, tidak akan bertahan lama hidupnya. Tapi sekarang banyak orang-orang terdekat dan keluarganya yang mendonorkan ginjal, dan hidup dengan satu ginjal.
7 days ago | Suka 
riocaesar Halo owily
Quote:
Bila gagal ginjal kemudian dicangkok apakah itu akan benar2 memberikan kesembuhan? daripada terus2an cuci darah.
Bagaimana bila kita hidup dengan satu ginjal dok? Adakan risikonya?
Apakah memang menurut berita yang beredar, tidak akan bertahan lama hidupnya. Tapi sekarang banyak orang-orang terdekat dan keluarganya yang mendonorkan ginjal, dan hidup dengan satu ginjal.

Di dalam dunia kedokteran, tidak ada keyakinan semacam 100% memberikan kesembuhan semuanya tergantung dari faktor-faktor yang mungkin terjadi. Transplantasi banyak menimbulkan komplikasi seperti reaksi penolakan sistem imun tubuh, untuk itu pasien dengan paska transplantasi ginjal haruslah mengkonsumsi golongan penekan sistem imun, selain itu juga dilaporkan beberapa komplikasi lain seperti obesitas, hirsustisme, dan diabetes mellitus.

Sampai saat ini laporan mengenai pasien paska tranplantasi ginjal dapat hidup lebih lama yaitu 15 tahun dibandingkan pada pasien yang terus menjalankan hemodialisis.

Biasanya tranplantasi ginjal ini diindikasikan untuk pasien dengan gagal ginjal kronis yang dalam stadium terminal, selain itu juga pada beberapa pasien bila penyebab si terjadinya gagal ginjal sebelum operasi transplan tidak dikontrol dengan baik kemungkinan terjadinya kegagalan ginjal pada ginjal yang baru juga cukup besar.
7 days ago | Suka 
cahyani hmmm,,,jadi yang disebutkan sis WhitesaLad itu yang bisa menyebabkan GGK ya?
keracunan obat itu sama tidak dengan kebanyakan minum obat?
lalu, sodara saya kan ada hipertensi n asam urat, jadi harus mengkonsumsi obat tiap hari (dan katanya seumur hidup), belum lagi obat2 penyakit musiman seperti batuk/pilek, dll. nah, dia khawatir nanti ginjalnya rusak, terus, sama bidan desa, dikasih tau, "kalau khawatir ginjalnya rusak, ya diimbangi sama minum air putih saja yang banyak."
benar tidak seperti itu?
6 days ago | Suka 
riocaesar Halo cahyani
Quote:
hmmm,,,jadi yang disebutkan sis WhitesaLad itu yang bisa menyebabkan GGK ya?
keracunan obat itu sama tidak dengan kebanyakan minum obat?
lalu, sodara saya kan ada hipertensi n asam urat, jadi harus mengkonsumsi obat tiap hari (dan katanya seumur hidup), belum lagi obat2 penyakit musiman seperti batuk/pilek, dll. nah, dia khawatir nanti ginjalnya rusak, terus, sama bidan desa, dikasih tau, "kalau khawatir ginjalnya rusak, ya diimbangi sama minum air putih saja yang banyak."
benar tidak seperti itu?

Betul sekali, banyak obat-obatan penyakit degeneratif yang bisa menyebabkan kerusakan dari ginjal, untuk itu orang dengan penyakit-penyakit ini harus lebih sering kontrol ke dokter, dan dilakukan pengecekan rutin lab seperti fungsi ginjal. Sebenarnya minum air putih banyak juga kalau tidak diawasi dengan kontrol yang baik terhadap obat-obatan yang memiliki risiko terhadap kerusakan ginjal juga sama saja tidak ada gunanya.
6 days ago | Suka 
cahyani jadi harus sering cek ya...
hmmm,,,nanti kira2 apa yang harus dilakukan ya dok kalau misalnya ginjalnya sudah mulai ada tanda2 kerusakan, tapi obatnya masih harus tetap diminum :o

btw, Ada tidak tanda2/gejala kerusakan ginjal yang bisa dilihat/dirasakan?
6 days ago | Suka 
WhitesaLad iya sis, yang aku sebutkan itu adalah penyebab GGK ^^
pemakaian obat dalam jangka waktu lama terutama obat yang dieliminasi di ginjal lama-kelamaan memang dapat merusak fungsi ginjal. minum air putih memang dapat memperlancar kerja ginjal, tapi pada yang sudah gagal ginjal kronis justru harus dibatasi jumlah cairan yang masuk. Sebaiknya memang rutin dilakukan pemeriksaan darah dan urin, terutama kadar ureum dan kreatinin. Lalu, mengenai gejalanya, sampai dengan LFG (Laju Filtrasi Ginjal) atau kerja ginjal tinggal 60% kadang asimtomatik alias tidak ada gejala. Biasanya setelah fungsi ginjal di bawah 30% abru ada gejala berupa mual, anemia, nafsu makan turun, muntah, tekanan darah tinggi, gatal.
6 days ago | Suka 
cahyani wah, gejalanya baru kelihatan kalau sudah parah ya....

Tidak ada komentar: