link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Jumat, 06 Mei 2011

J2SE


Sekilas Tentang Java2 Enterprise Edition (J2SE)

On Sunday, 3 October 2010, in Java, by nanggroe
Logo Java2 Enterprise Edition (J2SE)
J2EE adalah kumpulan teknologi yang cukup kuat dan berada diatas lingkungan J2SE. J2EE berbasiskan pada Java2 yang berusaha untuk menyediakan sebuah lingkungan aplikasi yang bersifat reliable dan stabil serta dapat dijalankan pada beberapa lingkungan sistem operasi.
Teknologi enterprise sebagai perkembangan dari lingkungan Java2 difokuskan pada pemenuhan antarmuka yang standar dimana aplikasi J2EE dapat menghasilkan sebuah aplikasi berbasis server yang tangguh (robust) dan tidak bergantung pada lingkungan sistem operasi yang digunakan.
Arsitektur J2EE dapat dilihat pada gambar dibawah ini.
Arsitektur J2EE
Arsitektur J2EE
J2EE server menyediakan 2 buah kontainer besar yaitu kontainer EJB dan kontainer web, dimana kontainer EJB digunakan untuk mengelola dan mengeksekusi enterprise bean yang juga disebut dengan bean dan kontainer web digunakan untuk mengelola dan mengeksekusi servlet sertaJavaServer Pages atau yang disebut juga dengan JSP.
Enterprise bean terdiri dari 3 jenis bean yang diantaranya adalah:
  • Session Bean
  • Entity Bean
  • Message Driven Bean
Package pada J2EE dapat berupa Enterprise Archive (EAR), Java Archive (JAR) yang merupakan kumpulan file dalam sebuah paket, dan Web Archive (WAR). Dimana EAR biasanya merupakan gabungan dari file-file JAR yang biasa digunakan oleh bean, sedangkan WAR biasa digunakan oelh servlet dan JSP.
J2EE memiliki beberapa tipe modul yang diantaranya adalah sebagai berikut:
  • EJB, terdiri dari file-file class dari enterprise bean dan deskriptor dari EJB deployment. EJB biasanya menggunakan package berupa JAR dengan menggunakan ekstensi .jar.
  • Web, seperti servlet dan JSP. Terdiri dari file-file class servlet atau file-file class yang dibutuhkan JSP, file gambar, file HTML, dan deskriptor dari web deployment. Package yang digunakan biasanya adalah WAR dengan ekstensi file .war.
  • Aplikasi Klien, terdiri dari file class klien dan deskriptor klien. Package yang biasanya digunakan adalah JAR dengan ekstensi file .jar.
Contoh-contoh modul bean dapat dilihat disini dan mengkopinya ke komputer anda. Didalam direktori tersebut, terdapat beberapa file pada direktori common yang diperlukan untuk melakukan kompilasi terhadap modul-modul bean, servlet, dan JSP yang akan dibuat dengan script asant, dengan path
j2eetutorial\examples\common,
j2eetutorial\examples\ejb\common, dan
j2eetutorial\examplesejb\commonweb
Direktori j2eetutorial\examples\common terdiri dari tiga file yaitu admin-password.txt, build, properties, targets.xml. Membuat komponen-komponen J2EE tidak terpaku pada contoh diatas, tetapi contoh diatas dapat dibuat sebagai contoh acuan.
Sekian…

Tidak ada komentar: