link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Senin, 28 Desember 2009

Teknologi LTE

NSN Mulai Siapkan Teknologi LTE
by: Deliusno

Beberapa waktu lalu, Nokia Siemens Networks (NSN) mengundang majalah CHIP untuk mengunjungi kantor mereka. Di ruangan rapat yang berisi sebuah meja bundar, CHIP bersama rekan-rekan wartawan lain berdiskusi mengenai masa depan mobile broadband, LTE salah satunya. Pada diskusi tersebut, kami dipandu langsung oleh Markus Borchert, Head of Sales & Marketing Radio Access, NSN.

Kami lebih banyak membahas mengenai LTE pada diskusi ini. Bagi Anda yang belum tahu, LTE adalah generasi ke empat (4G) dari teknologi radio yang diciptakan untuk meningkatkan kapasitas dan kecepatan dari jaringan telepon mobile.

LTE kemungkinan besar akan menjadi jawaban bagi para operator telekomunikasi di masa datang mengingat teknologi baru ini mampu memberikan efisiensi yang lebih baik dari generasi sebelumnya (3G). Tentu dengan adanya efisiensi tersebut, operator telekomunikasi yang menggunakan teknologi tersebut dapat menghemat pengeluaran mereka dan (semoga) dapat memberikan layanan yang lebih murah lagi.

Diperkirakan di tahun 2013, traffic akan melonjak hingga 1683% sehingga LTE memang dirasa cocok untuk menangani lonjakan tersebut.

Menyadari hal tersebut, NSN terus berusaha untuk mengembangkan teknologi LTE. Salah satu bukti keseriusan mereka dalam mengembangkan teknologi tersebut tampak saat NSN berhasil menunjukkan demo panggilan menggunakan LTE.

Selain itu, NSN juga merupakan perusahaan pertama yang berhasil mengkomersilkan hardware dan software LTE di dunia. NSN juga telah dipercaya oleh 4 operator kelas dunia, yaitu NTT, Docomo, Zain Bahrain, dan Verizon untuk membangun infrastruktur LTE.

Tidak ada komentar: