link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Senin, 28 Desember 2009

Teknologi 4G LTE


Summary:
Teknologi 4G memiliki kecepatan transmisi data maksimum satu gigabit (1Gb)per detik dengan MIMO antenna.
salam,
Dwika

---------------------------------------
Teknologi LTE Untungkan Cloud Computing
by: Susetyo Dwi Prihadi - Okezone

TOKYO - Layanan 4G diprediksi akan muncul tahun depan, jika sukses pengguna ponsel cukup melakukan pekerjaan kantor dari perangkat genggamnya. Kecepatan transmisi tinggi itu dimungkinkan dengan sistem telekomunikasi baru yang dikenal juga dengan Long Term Evolution (LTE). Teknologi itu memperluas jangkauan frekuensi untuk transmisi data sampai 10 kali lebih luas daripada yang digunakan pada ponsel saat ini.

Dengan 4G, jaringan mampu mengeliminasi tersendatnya transmisi data. Selain itu, sistem LTE juga berguna dalam bidang lain, seperti untuk transmisi film definisi tinggi.

Menurut Shunichi Kita, konsultan senior di Nomura Research Institute, cloud computing akan yang mendapat manfaat terbesar dari sistem baru itu. Di cloud computing, perangkat lunak dan data disimpan di server yang terhubung ke internet. Pengguna dimanjakan, karena tinggal mengunduhnya apa yang mereka butuhkan saat itu.

"Cloud computing melalui telepon seluler akan meledak pada tahun depan,? kata Kita, seperti yang dilansir TMC Net, Senin (14/12/2009).

Pada pameran di Chiba, Jepang, salah satu perusahaan DoCoMo mendemonstrasikan sistem GPS dan kompas elektronik yang berjalan di handset. Cara kerjanya dengan mengirimkan data ke server, lalu menunjukkan pada pengguna akhir bagaimana cara mencapai tujuan atau memberitahu lokasi restoran terdekat.

Dalam paruh kedua tahun depan, DoCoMo akan memasarkan kartu telekomunikasi untuk mengaktifkan fungsi transmisi berkecepatan tinggi itu. Jika rencana itu menjadi kenyataan, pebisnis akan mampu melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan kantor, di mana pun penerimaan ponsel dapat diperoleh.

"Generasi ini mengandung bagian teknologi 4G yang digambarkan memiliki kecepatan transmisi data maksimum satu gigabit per detik," tandasnya. (tyo)

Tidak ada komentar: