link: Mananging Consultant

Cari Blog Ini

Memuat...

Selasa, 17 Juli 2012

Masih di sini

Saya masih di sini, saya masih menjual konsulatasi, saya sangat senang jika Anda kembali membeli service konsultasi dari saya, atau jika Anda punya kerabat atau teman untuk membeli konsultasi dari saya.
I Like You,
Dwika


Bagaimana Menjalin Hubungan dengan Pelanggan - Pelajaran dari Joe Girard di Skylearner

By: James Gwee 
Apakah Anda masih ingat nama sales yang menawarkan Anda TV yang kemudian Anda beli? Atau pendingin ruangan? Perabotan rumah tangga? Karpet? Kulkas? Komputer? Anda tidak mengingatnya?
Coba bayangkan demikian, jika Anda adalah seorang sales, lalu pelanggan Anda tidak mengingat Anda, atau tidak tahu cara menghubungi Anda, maka: 1). Jika mereka perlu membeli lebih dari Anda, bagaimana mereka akan menghubungi Anda? 2). Jika mereka perlu memberitahu teman-teman mereka tentang Anda, bagaimana mereka dapat menyampaikan informasi tentang Anda?
Ada sebuah penyesalan yang besar ketika mantan pelanggan Anda tidak dapat membeli dari Anda lagi, atau menyarankan teman-teman mereka untuk membeli dari Anda. Jelas Anda telah mengusahakan banyak upaya untuk membujuk mereka membeli dari Anda pada pertemuan pertama. Mereka juga cukup senang dan percaya untuk membeli dari Anda. Dan semua usaha itu hanyalah untuk mendapatkan satu penjualan, tidak ada kesempatan bagi pelanggan untuk membeli ulang. Sayang sekali!
Joe Girard adalah seorang sales mobil pada tahun 1960-1970 di Detroit, AS. Ia dicatat dapat menjual lebih banyak tipe mobil yang sama dengan harga yang sama kepada pelanggan dibanding sales lain. Pada puncak kariernya, jika Anda ingin membeli mobil dari Joe Girard, Anda harus membuat janji 2 minggu sebelumnya. Pada hari-H ketika Anda datang ke showroom, akan begitu banyak orang di sana, dan Anda harus mengambil nomor antrian untuk mendapat giliran. Kemudian ia dinobatkan sebagai “sales terhebat di dunia” oleh Guinness Book of World Records.
Sebelum dinobatkan, kesuksesan Joe Girard diaudit terlebih dahulu oleh orang-orang dari Guinnes Books. Mereka menemukan bahwa semua mobil yang diakui telah dijualnya sebenarnya terjual secara pribadi oleh Joe Girard. Sebagai tambahan, yang lebih mengagumkan adalah para pelanggan yang membeli mobil darinya 3 tahun yang lalu masih mengingat namanya. Tidak sebagian, melainkan semua dari mereka ingat namanya secara otomatis dan penuh kasih. Bagaimana hal ini bisa terjadi?
Joe Girard mempunyai sistem follow-up yang sangat sukses dalam dunia sales. Bahkan, sistem ini menjadi bidang studi di Harvard Business School.
Joe Girard mengirim kartu ucapan ke setiap pelanggannya tidak hanya pada Tahun Baru, Natal, dan ulangtahun mereka, namun setiap bulan! Pada bulan Januari, ia mengirim kartu ucapan Selamat Tahun Baru untuk mereka. Di dalam kartu itu, ia juga memberi sebuah stiker “I Like You (Aku suka kamu)”. Pada bulan Februari, ia mengirim mereka kartu Valentine, juga dengan sebuah stiker “I Like You”. Pada bulan Maret, ia bakal mengirim sebuah surat yang bertemakan hari raya lokal yang jatuh pada bulan itu kepada mereka, kembali dengan stiker “I Like You”. Ia melakukan ini setiap bulan. Kartu yang ia kirimkan bukanlah kartu biasa, melainkan kartu yang lucu dan menggemaskan, yang membuat para penerima ketawa. Ketika para pelanggannya mengadakan acara pertemuan keluarga atau teman, seringkali kartu ucapannya menjadi topik pembahasan dan orang lain mulai mengetahui tentang sales hebat bernama Joe Girard.
Dengan sistem kartu ini, Joe Girard mengingatkan para pelanggannya, “Hei, saya masih di sini, saya masih menjual mobil, saya sangat senang jika Anda kembali membeli mobil dari saya, atau jika Anda punya kerabat atau teman untuk membeli mobil dari saya.” Dengan sistem kartu ini, Joe Girard “memasuki” ruang tamu setiap pelanggannya, setiap bulan, tanpa secara fisik hadir di rumah mereka masing-masing. Dengan sistem kartu ini, Joe Girard menjadi bahan pembicaraan di antara pelanggannya dan teman-teman mereka berbulan-bulan lamanya, dan kapanpun. Iklan yang amat positif dan pemberitahuan yang efektif. Apa yang lebih hebat dari itu?
Informasi lebih lanjut tentang ......
Sumber: Majalah Bahana, Juni 2010

Tidak ada komentar: