by Dwika Sudrajat on Friday, September 24, 2010 at 10:42pm ·

MOTIVASI yang DAHSYAT ANDA akan TERJADI saat Anda mengetahui apa yang akan Anda HINDARI, apa yang Anda PEROLEH saat melakukan hal tersebut dan mensinergikan ke dua nya. Setiap orang akan TERMOTIVASI melakukan sesuatu ketika MENGHINDARI Kesengsaraan atau MENGEJAR kebahagiaan.
Salam,
Dwika

======================
Seri Bangkit Dari Dasar Jurang Kehidupan I : Transformasi Rasa Takut menjadi Power Full Motivation
by Dudi Mardiyansyah

Teman-Teman…..Banyak yang menanyakan tehnik terapi apa yang digunakan untukbangkit saat kita dalam kondisi terpuruk. Dalam beberapa artikel saya akan sharingSeri Bangkit Dari Dasar Jurang Kehidupan.

Seri I: Transformasi Rasa Takut menjadi PowerFul MotivationSaat Itu……………Mendengar penjelasan dokter, bahwa saya menderita Epilepsi. Melihat hasil pengecekan MRI kepala ” Terjadi pengecilan pada hypocampus sebelah kiri”Terasa dunia ini sempit, gelap disertai perasaan takut, sedih, pesimis semuabergabung jadi satu.
Pertanyaan yang selalu muncul…………….Apakah saya bisa sembuh atau makin terpuruk ?Apakah dengan kerusakan otak ini saya bisa berkarya atau malah menjadi beban orangterdekat?Bagaimana kalau terjadi serangan di depan umum ? Pasti Malu
Lalu….Saya harus bagaimana?Bagaimana tanggung jawab sebagai kepala keluarga, suami, Bapak dari 2 orang anakyang masih kecil ?Apakah saya akan menjadi beban mereka? Beban Keluarga?Sampai kapan hal ini terjadi ?Apakah seumur hidup? karena kerusakan organ penting….. OtakApakah kerusakan ini akan semakin parah Karena kejang berulang?
Semakin memikirkannya……..semakin TAKUT.

Keluar rumah…..TAKUT KEJANG.Perasaan dihantui….TAKUT jadi BEBAN, TAKUT SAKIT PERMANEN.TAKUT………….TAKUT………….
Ya….Setiap hari rasa TAKUT semakin Besar, Semakin Sering termasuk untukberkomunikasi pun Takut karena suka ga Nyambung.
Lalu…….Bagaimana cara mengatasi rasa TAKUT itu………………………..
Setelah mendengarkan Penjelasan dari seorang teman…….“ALLAH tidak akan Menguji HAMBA diluar batas kemampuan. Semakin besar ujian artinyasemakin besar potensi” ( Cerita tentang hal ini dapat dilihat di notesebelumnya….From Epilepsi to Transformasi ).
Setelah mengikuti seminar berbasis NLP…………
Mulailah ada secercah rasa ingin BANGKIT dengan KEKUATAN YANG TERSISA.Mulai mencari buku, artikel, dll yang bisa membuat BANGKIT.
” Seseorang akan TERMOTIVASI oleh 2 Hal yaitu MENGHINDARI KESENGSARAAN atau MENGEJARKENIKMATAN” sebuah kalimat yang saya baca dalam sebuah buku motivasi.

Berarti saya bisa BANGKIT dari Derita EPILEPSI bila menjadikan KETAKUTAN ini sebagaiPENDORONG dan HARAPAN sebagai penarik.
Pendorong dan penarik bila bekerja sinergi akan DAHSYAT.
Lalu apa yang saya lakukan……..
Dalam kondisi berdiri dan relak mulailah memvisualisasikan di belakang saya apa yangkita lihat dengar dan rasakan saat KETAKUTAN itu muncul.
Lihat, Dengar dan Rasakan di depan ada HARAPAN, Keni’matan saat bisa terbebas dariepilepsi ( Sembuh, Berkarya, Bermanfaat, ……. ).
Jadikan RASA TAKUT Sebagai Pendorong yang HEBAT untuk bergerak menuju Harapan denganNIAT menjadikan Rasa TAKUT menjadi PENDORONG.
Lihat, Dengar dan Rasakan Harapan itu semakin dekat dan saya mulai masuk ke apa yangsaya HARAPKAN…..Sembuh, Berkarya, Bermanfaat………….
ALHAMDULILLAH…. Setelah itu Setiap rasa TAKUT muncul saat itu juga MOTIVASIsemakin BESAR, BANGKIT bahkan lebih DAHSYAT dari sebelumnya.

TINJAUAN TEHNIK NLP1. Arah motivasi……..merupakan bagian dari Meta program.Setiap orang akan TERMOTIVASI melakukan sesuatu ketika MENGHINDARI ( AWAY )Kesengsaraan atau MENGEJAR ( TOWARD ).MOTIVASI yang DAHSYAT akan TERJADI saat kita mengetahui apa yang akan kita HINDARI,apa yang kita PEROLEH saat melakukan hal tersebut dan mensinergikan ke dua nya.
2. Visualisasi Goal ( Well Formed Out Come )Motivasi akan terbentu saat kita memvisualisasikan Goal telah tercapai ( SensoryBased Goal dengan melihat, mendengar dan merasakan saat Goal tercapai….Dalam halini sembuh dari EPILEPSI )
3. Metafora ( Melangkah dan Mendorong dari Ketakutan ke Harapan )Hal ini dilakukan untuk mengintergrasikan ke fikiran bawah sadar….Mentransformasirasa TAKUT jadi KEKUATAN
Teman-Teman….Kini saatnya untuk TRANSFORMASIKAN rasa TAKUT menjadi KEKUATAN MOTIVASI….
 ·  ·  · Share · Delete